About Us

About Us



APA ITU PLANTFUL?

PLANTFUL terbentuk pada bulan Mei 2019 dengan keyakinan bahwa pola makan nabati (vegan) memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Pola makan nabati seringkali dianggap sebelah mata oleh banyak orang karena seorang vegan/vegetarian hanya mengkonsumsi salad dan tidak memiliki rasa yang lezat. Selain itu rutinitas yang padat dan pemahaman pentingnya makanan bernutrisi membuat orang mudah sakit dan berdampak pada penyakit kronik seperti obesitas, diabetes, darah tinggi, hingga penyakit mematikan seperti jantung, struk, dan kanker.

PLANTFUL sebagai penyedia jasa katering sehat berbasis nabati dapat membantu teman-teman untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat dengan bahan-bahan yang natural, bebas pestisida, dan tentunya lezat. PLANTFUL dapat menjadi program untuk menjaga asupan nutrisi, menurunkan dan menjaga berat badan berat badan. Chef dan ahli gizi kami menyusun berbagai menu sehat dan lezat tanpa adanya MSG dan produk hewani (Seperti daging, telur, susu, keju, dan turunan produk hewani).  

Selain makanan kami juga menyediakan minuman sehat yang berbasis nabati dan bagus untuk kesehatan, seperti Cold Pressed Juice yang berasal dari sari buah dan sayuran tanpa campuran air dan gula, dan Almond Mylk sebagai pengganti susu sapi.

 

KENAPA BERBASIS NABATI / VEGAN?

Menjalani pola makan Vegan dapat menurunkan berat badan dengan signifikan dan lebih konsisten dibandingkan pola makan yang masih menggunakan produk-produk hewani. Menjalani pola makan vegan pasti mengurangi jumlah makanan berkalori tinggi, produk-produk nabati memiliki serat tinggi yang rendah kalori dan membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan seperti sayuran berdaun hijau, biji-bijian utuh, buah-buahan, dan kacang-kacangan bisa sama mengenyangkan namun kalorinya lebih rendah dibandingkan produk-produk hewani seperti telur, keju, susu, dan daging

Selain menurunkan berat badan, pola makan Vegan dapat mencegah penyakit-penyakit kronis. Beberapa studi menunjukan bahwa mereka yang menjalani pola makan nabati / vegan, 50-78% memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes 2 di masa depan. Pola makan nabati membantu mengurangi kadar gula darah, membantu memperbaiki beberapa kerusakan yang disebabkan oleh asupan gula tinggi. Tubuh menjadi sensitif terhadap insulin, yang berarti mereka tidak memerlukan bantuan untuk meproduksi glukosa.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa sepertiga kanker dipengaruhi oleh gaya hidup dan aspek yang dikendalikan dari kita. Kita dapat meminimalkan resiko kanker dengan mengubah gaya hidup. Pola makan nabati dapat menjadi salah gaya hidup yang dipercayai dapat menguraki resiko kanker. Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran setiap hari memiliki peluang 15% untuk mengurangi resiko kematian akibat kanker. Sayur, biji-bijian, buah, kacang-kacangan memiliki nutrisi yang dapat melindungi sel. Mengkonsumsi daging atau lemak jenuh membuat tubuh lebih sulit menyerap nutrisi yang tepat.

 

SIAPA KAMI?


PLANTFUL dibentuk oleh Novita Natalia Kusumawardani yang telah merasakan menjalani pola makan berbasis nabati kurang lebih 1.5 tahun. Perempuan lulusan Universitas Indonesia ini mengaku mulai menjalani pola makan Vegan tiga bulan setelah melahirkan anak pertamanya. Awalnya ia hanya ingin menurunkan berat badan, namun setelah merasakan manfaatnya ia menjadi semangat menjalani pola makan berbasis nabati ini secara konsisten Selain mendapatkan berat badan yang diinginkan, produksi ASI untuk nutrisi anaknya juga tercukupi. Ia dapat memberikan ASI eksklusif dengan menjalani pola makan berbasis nabati. Selain itu manfaat yang dirasakan adalah kulit menjadi lebih sehat walaupun ia jarang menggunakan produk-produk kecantikan.

Berdasarkan pengalamannya, mencari makanan yang Vegan disekitar kantornya agak sulit. Pilihan terbatas, dan harga yang mahal menjadi awal mendirikan PLANTFUL. Oleh sebab itu ia membangun PLANTFUL dengan slogan “Affordable Vegan Catering”. Walaupun mengusung nilai affordable, ia tidak main-main untuk membuat bisnis ini. Ia mendirikan dapur sentral yang bersih, memasukan sayuran-sayuran yang segar dan bebas pestisida, dan memasukan juru masak dan tenaga bantu yang telah detraining dan mendapat sertifikat dari Jaminan Mutu Keamanan Pangan dan Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia.

 

R. Suryandaru yang merupakan Awardee LPDP dan lulusan Universitas Gadjah Mada dan University of Exeter, Inggris membantu Novita dalam sisi strategi bisnis untuk bagian produksi dan operasional. Aktivitas Daru yang menyukai olahraga ternyata masih memiliki tensi darah yang tinggi sekitar 150/100 diusianya yang masih belum 30 tahun. Hal ini membuatnya mencoba menjadi Flexitarian, dimana mengurangi konsumsi daging dan memperbanyak konsumsi sayuran. Setelah kurang lebih 1 tahun menjalani, saat ini tensi darahnya normal yaitu 120/80.