Blog

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Gerakan Veganuary

January 10, 2020
3 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Gerakan Veganuary image

Ada sejuta alasan mengapa kita harus mengurangi konsumsi daging hewani sekarang juga. Bencana yang disebabkan oleh krisis iklim beberapa waktu belakangan ini seharusnya membuat kita sadar betapa pentingnya mengambil langkah, baik langkah kecil maupun besar, untuk menyelamatkan bumi. Menjadi seorang vegan/vegetarian adalah langkah pertama yang sangat tepat sasaran. Mungkin memang berat untuk serta-merta mengubah pola makan yang bertolak belakang dengan kebiasaan kita selama ini, tetapi sebagai permulaan, gimana kalau kita tantang diri untuk mengikuti gerakan Veganuary? 

Veganuary

Sumber : www.twitter.com/Veganuary

Apa itu Veganuary? Veganuary adalah gerakan yang diprakarsai oleh sepasang suami istri asal Inggris, Matthew Glover dan Jane Land, untuk memulai tahun baru dengan berhenti mengenakan dan mengonsumsi segala sesuatu yang mengandung unsur hewani selama satu bulan penuh. Veganuary sendiri merupakan kombinasi dua kata dalam bahasa Inggris yaitu Vegan dan January. Dimulai sejak tahun 2014, Veganuary sudah berhasil mengumpulkan seperempat juta partisipan dari seluruh penjuru dunia dan membuat ratusan merk dagang, restoran serta supermarket mengeluarkan produk yang 100% vegan.

Joaquin Phoenix

Sumber : www.peta.org

Gerakan Veganuary juga populer di kalangan selebriti papan atas. Bahkan, para seleb pun terang-terangan mendukungnya. Ada Joaquin Phoenix, sang aktor pemenang piala Golden Globes dalam perannya sebagai Arthur Fleck di film Joker. Joaquin sudah menjadi seorang vegan sejak usia belia dan Ia juga dikenal sebagai aktivis hak asasi hewan. Selanjutnya ada Paul McCartney, vokalis band kenamaan The Beatles yang ternyata sudah menjadi seorang Vegan selama lebih dari 40 tahun. Serta Evanna Lynch, aktris pemeran Luna Lovegood dalam film Harry Potter yang sering mengkampanyekan Veganuary sebagai gerakan yang akan mengubah pandangan hidup seseorang.

Di tahun 2020 perkiraan peserta yang berikrar pada gerakan Veganuary akan meningkat pesat dari tahun sebelumnya. Kamu mau ikut memeriahkan Veganuary, tapi masih belum yakin akan gerakan ini? Plantful akan menjabarkan 3 alasan kenapa kamu harus ikut Gerakan Veganuary sekarang juga!


  1. Misi Penyelamatan Bumi

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa hubungannya menjadi vegan dengan menyelamatkan bumi? Ada banyak jalan untuk menyelamatkan bumi dari perubahan iklim dan kerusakan-kerusakan lainnya, namun menjadi vegan adalah salah satu cara termudah jika kita mau berkomitmen.

Veganuary

Sumber : www.livekindly.co

Peternakan hewan merupakan sumber emisi gas rumah kaca terbesar yang menyebabkan rusaknya lapisan ozon, sehingga terjadilah pemanasan global. Saking daruratnya keadaan bumi hari ini, pemanasan global pun telah berubah tingkat menjadi krisis iklim. Sebagai makhluk bumi sudah sepantasnya kita bersikeras menjaga tempat di mana kita berpijak. Menjadi vegan adalah suatu bentuk protes seorang individu pada keserakahan kelompok-kelompok yang menolak kenyataan bahwa bumi sedang menuju kehancurannya.

  1. Hak Asasi Hewan

Melindungi hewan dari kekejaman bisa datang dari segala bentuk serta upaya, menjadi vegan adalah cara terbaik untuknya. Peta telah mengestimasi bahwa menjadi seorang vegan berarti kamu (individu) telah menyelamatkan sampai 200 hewan (terutama hewan ternak untuk dikonsumsi) setiap tahunnya.

  1. Sehat dan Berenergi

Tidak bisa dipungkiri, mengurangi konsumsi daging dan produk hewani lainnya akan merubah cara kerja tubuh. Jika kita terlalu banyak mengonsumsi daging, berbagai macam penyakit akan hinggap dan tentu saja membuat kita menderita di kemudian hari. Memperbanyak plant based food dalam menu sehari-hari tidak saja akan mendetoks racun dalam tubuh, tetapi juga menambah lebih banyak energi karena berbagai varian sayur serta protein dari kacang/biji-bijian ada dalam piring kita. 

Veganuary

Sumber: www.instagram.com/Scorpionmind

Ada banyak makanan non hewani yang mengandung lebih banyak protein dari pada daging. Seperti kacang soya (terdapat pada tempe, tahu atau dibuat susu kacang), edamame, lentil, gandum (oatmeal) dan sayur-mayur. Jadi jangan khawatir kalau kamu takut kekurangan protein.

Itu dia 3 alasan kenapa kamu harus ikut gerakan Veganuary di tahun 2020 ini. Jangan lupa untuk dengarkan kebutuhan tubuhmu, lakukan riset dari berbagai sumber dan persiapkan diri sebaik mungkin! Jangan lupa untuk order paket vegan catering Plantful di siniBeing vegan is easy-peasy,

Plantful