Blog

5 Susu Alternatif Pengganti Susu Sapi

January 19, 2020
/
Life Style , Veganism
5 Susu Alternatif Pengganti Susu Sapi image

Pada akhir tahun 2019 lalu, perusahaan susu sapi terbesar di Amerika Serikat dinyatakan bangkrut karena penjualan dan keuntungan yang turun drastis. Selama empat tahun terakhir, penjualan susu sapi di negeri Paman Sam itu memang mengalami kemerosotan parah. Hal ini disebabkan oleh melonjaknya peralihan konsumsi susu sapi ke susu vegan/non dairy products.

Sebaliknya, menurut CNN Business susu oat justru mengalami peningkatan penjualan bahkan hingga 636%. Membuktikan bahwa minat masyarakat dalam gaya hidup veganism kian hari kian populer, apalagi saat ini sedang berlangsung gerakan Veganuary.

Susu non dairy memang masih asing di Indonesia. Terlebih lagi karena konsumsi sapi sebagai tambahan gizi anak masih belum merata di setiap daerah. Jadi kampanye susu vegan rasanya masih jauh dari mungkin untuk disebarkan dalam sekejap. Susu non dairy paling populer adalah susu kacang kedelai/soy milk. Di Indonesia, susu ini biasa dikonsumsi sebagai minuman ringan atau pengganti susu bagi yang alergi susu sapi. Sering kali kita temui susu kacang kedelai di minimarket atau dijual oleh tukang susu keliling.

Ada banyak jenis susu non dairy dengan tekstur serta rasa yang berbeda-beda pula. Walau kebanyakan susu vegan berbahan dasar kacang-kacangan, ada juga lho susu yang terbuat dari beras, gandum utuh juga kelapa. Apa saja sih jenis susu non dairy yang menjadi pengganti susu sapi? Berikut ini Plantful jabarkan daftar 5 susu alternatif pengganti susu sapi!

Susu Almond
Selain susu kacang kedelai, susu almond juga menjadi pilihan populer bagi para vegan atau mereka yang mengidap lactose intolerant. Mudah ditemui juga mudah dibuat menjadi alasan mengapa susu almond sangat digemari.

Almond Milk

Sumber : www.minimalistbaker.com

Kandungan vitamin D yang terdapat pada segelas susu almond sangat tinggi sehingga cocok menjadi pengganti susu sapi. Walau begitu susu almond tidak memiliki cukup banyak kandungan protein serta serat.

Cocok untuk : Campuran smoothie, pengganti susu sapi pada resep kue, dituang dalam sereal favorit.

Susu Oat/Gandum
Kata siapa vegan tidak bisa menikmati segelas es kopi susu kekinian? Oat milk to the rescue! Tekstur susu oat begitu creamy dan memiliki rasa manis natural sehingga cocok sekali untuk menggantikan susu sapi dalam varian menu kopi.

Oat Milk

Sumber : instagram.com/wandering_wild_home

Bagi kamu yang membutuhkan tambahan serat, susu oat bisa menjadi pilihan utama dalam rancang rencana dietmu.

Cocok untuk : Campuran kopi/teh, tambahan dalam adonan pancake.

Flax Seeds Milk/Susu Biji Rami
Kamu yang pernah melihat rupa flax seeds pasti heran bagaimana mungkin flax seeds diolah menjadi susu. Nyatanya flax milk dinyatakan sebagai salah satu susu alternatif ter-sehat karena manfaat yang terdapat di dalamnya begitu banyak. Flax milk mengandung lemak omega-3 yang terbukti mencegah kanker, diabetes dan penyakit jantung.

Flax Milk

Sumber : instagram.com/good_karma_foods

Susu ini juga mengandung vitamin A, B12 dan D. Cocok untuk para vegan karena biasanya kesulitan mendapatkan asupan vitamin-vitamin tersebut. Selain itu, flax milk juga bebas dari kolestrol dan baik untuk kamu yang alergi kacang-kacangan! How is it not healthy?

Cocok untuk : Campuran kopi dan smoothie, sebagai tambahan dalam resep sup krim.

Rice Milk/Susu Beras

Rice Milk

Sumber : www.minimalistbaker.com

Bukaaan ini bukan air tajin! Susu beras memang tidak mengandung banyak vitamin apalagi protein, tapi bagi kamu yang mengidap alergi terhadap kacang, ini bisa menjadi alternatif. Karena rendah lemak, tekstur susu beras sangat cair dan tidak terlalu cocok untuk dicampur dengan kopi atau sebagai bahan dalam resep yang memerlukan tekstur kental.

Cocok untuk : Campuran smoothie.

Susu Mete
Rendam kacang mete mentah semalaman lalu blender dengan air dan kurma tanpa biji, then you got yourself a delicious cashew milk! Segelas susu mete bisa mencukupi 50% kebutuhan vitamin E harian kita. Kalau mau kulit sehat nan glowing, susu mete pilihan nomor satu! Tekstur susu mete yang kental bisa digunakan dalam berbagai resep vegan favoritmu.

Cashew Milk

Sumber : www.vanillaandbean.com

Cocok untuk : Campuran smoothie, sebagai tambahan dalam resep sup krim, pengganti susu sapi dalam adonan es krim, penambah krim dalam kare, campurkan pada sereal atau granola.

Itu dia 5 susu alternatif pengganti susu sapi bagi Vegan. Ternyata susu non dairy juga istimewa dan gak kalah manfaatnya dengan susu sapi. Yuk bereksperimen dengan susu non dairy dan temukan yang mana susu favoritmu!

PLANTFUL