Blog

5 Tipe Vegan. Kamu Nomor Berapa?

January 30, 2020
5 Tipe Vegan. Kamu Nomor Berapa? image

Seperti yang sudah kita ketahui, veganisme tidak memihak kepada eksplotasi serta kekejaman terhadap hewan dan lingkungan. Veganisme mengorganisir dengan rapi apa-apa saja yang dapat dikenakan maupun dikonsumsi sehingga meminimalisir hingga tidak sama sekali mengandung kekejaman/eksploitasi.

vegan

Sumber : www.naturespath.com

Veganisme sendiri bercabang menjadi 5 tipe vegan dengan minat isu/alasan yang berbeda-beda. Namun tetap saja inti dari masing-masing minat memiliki satu tujuan yaitu menyelamatkan bumi. Apa saja ya 5 tipe vegan yang dimaksud?

Plant-based

Alasan kamu menjadi vegan adalah demi kesehatan? Mungkin kamu tipe vegan plant-based, nih. Tipe vegan yang satu ini tidak memakan daging sama sekali dan hanya mengonsumsi produk nabati yang langsung dari sumbernya (farm to table) dan dimasak sealami mungkin tanpa adanya tambahan bahan yang mengandung lemak jenuh. Sering kali, mereka yang melabeli diri sebagai vegan namun masih sesekali menggunakan produk non sustainable akan dianggap vegan tipe plant-based.

High Carb Low Fat

Kata siapa vegan tak mungkin bisa mendapat asupan pangan yang seimbang? Dari sayur, kacang dan buah-buahan kamu bisa mendapat banyak asupan karbo harian yang tentu saja tidak akan bikin gemuk. Rendah lemak adalah kuncinya! Mereka yang menganut vegan HCLF ini memang lebih fokus dengan asupan karbonya dan sebisa mungkin tidak mengonsumsi lemak sama sekali. Sesekali tetap bisa makan lemak yang didapat dari alpukat atau kacang-kacangan, namun porsinya sangat minimalis.

HCLF ini sangat bagus bagi vegan yang hendak membentuk otot tubuh.

Enviromentally Concious / Sadar Lingkungan

Greta Thunberg adalah salah satu dari sekian banyak orang yang beralih menjadi vegan demi kelestarian lingkungan. Krisis iklim akibat deforestasi menjadi alasan utama mengapa pola hidup vegan adalah cara terbaik untuk mengurangi kerusakan yang telah terjadi.

Raw

Sesuai namanya, jenis vegan yang satu ini hanya mengonsumsi makanan vegan yang mentah dan tidak dimasak sama sekali. Menu diet ini biasanya terdiri dari buah, sayur, gandum, kacang-kacangan yang bisa dimakan mentah dan biji-bijian.

Ethical

vegan

Sumber : www.peta.org

Vegan jenis ini hampir mirip dengan enviromentally concious, hanya saja lebih detil dalam pemaknaan veganisme. Mereka tidak memakai pakaian, produk kecantikan dan rias yang non sustainable, juga tidak mengonsumsi makanan vegan yang tak dapat dilacak jejak air dan karbonnya. Bisa dibilang ethical vegan sama dengan gaya hidup minimalis ekstrim.

Itu dia 5 tipe vegan yang WAJIB kamu ketahui. Kini jadi lebih paham yah kalau dunia veganisme ternyata tidak sempit dan membosankan. Nah, kamu tipe vegan yang mana?

PLANTFUL