Blog

5 Tren Diet di 2020, Vegan Masih Populer

January 7, 2020
/
Diet , Life Style , Veganism
5 Tren Diet di 2020, Vegan Masih Populer image

Memasuki tahun 2020 ternyata tak menyurutkan semangat untuk mengubah pola makan dari junk food menjadi whole food. Justru semakin banyak orang berikrar pada gerakan gaya hidup sehat dan tahun 2020 diperkirakan akan menjadi puncak tren ini. Tak hanya untuk menyehatkan diri sendiri, ada beberapa alasan ekstra mengapa orang-orang perlahan berpindah haluan dari nasi putih ke quinoa. Menjaga lingkungan, memulai hidup minim sampah, mencintai hewan, juga untuk spiritualisme adalah sekian dari banyak alasan-alasan tersebut.

"Langsingan" kini bukan lagi menjadi alasan utama untuk seseorang melakukan diet, melainkan sebagai bonus yang didapatkan setelah berkomitmen pada diet yang dipilih. Berminat untuk bergabung dalam gerakan gaya hidup sehat? Berikut adalah daftar 5 tren diet di 2020.

 

1. Vegan

Diet vegan masih merajai daftar tren diet di 2020. Kepopulerannya berdampak besar terhadap industri kuliner di dunia. Semakin banyak restoran-restoran yang menyuguhkan varian menu vegan dan tak hanya berhenti pada salad atau sup. Kita dikejutkan oleh substitusi bahan hewani yang dikemas sedemikian rupa hingga terasa tak ada perubahan pada makanan tersebut, padahal vegan chocolate chip cookies itu tidak mengandung telur dan susu sama sekali. Di Indonesia pun tren vegan mulai merangkak naik. Tidak terlalu sulit sebenarnya menjadi seorang vegan di Indonesia, karena banyak makanan khas Negeri ini yang bahan dasarnya adalah tumbuh-tumbuhan. Tempe merupakan dewa protein bagi para vegan dan tentu saja kita bisa berbangga karena di sini mendapatkan tempe bukanlah hal yang sulit.

5 Tren Diet di 2020, Vegan Masih Populer

Plantful's Vegan Package

Krisis iklim menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang beralih ke veganism. Tingkat konsumsi produk hewani yang tinggi otomatis harus dipenuhi oleh pasar. Lahan-lahan pun dibuka guna dijadikan peternakan, hingga lahan hijau semakin berkurang dan krisis iklim pun perlahan terjadi. Hal ini lah yang menjadi perhatian utama veganism dan menjadikannya pakem untuk menyelamatkan bumi. Menjadi vegan tidaklah mudah. Kamu terlebih dahulu harus melakukan riset dan uji coba sebelum benar-benar menjadi seorang vegan purnawaktu.

Coba berbagai paket katering vegan Plantful sebagai uji coba diet vegan Kamu! Klik di sini untuk melakukan pemesanan!

2. Flexitarian

5 Tren Diet di 2020, Vegan Masih Populer

Sumber : https://www.instagram.com/somiigbene/

Ada yang lebih fleksibel dari diet vegan pada daftar tren diet di 2020, yaitu Flexitarian. Diet yang satu ini mengutamakan plant based menu (makanan berbasis tumbuh-tumbuhan) dengan sesekali  mengonsumsi produk hewani. Porsi produk hewani yang dikonsumsi sangatlah minim dan diberi jangka waktu (semisal seminggu sekali) hingga kedepannya benar-benar bisa meniadakan daging merah sama sekali. Bagi kamu yang belum sanggup menjadi vegan, flexitarian adalah solusi yang tepat karena perubahan pola makan di dalamnya tidak drastis sehingga tubuh kamu bisa beradaptasi dengan baik.



3. Non Alkohol

5 Tren Diet di 2020, Vegan Masih Populer
Plantful's Juice

Minuman beralkohol nampaknya akan kurang digandrungi pada tahun 2020, karena minuman-minuman sehat seperti Kombucha dan jus sayuran akan menggantikannya. 2020's resolution is to get healthier sehingga konsumsi alkohol pun mulai dikurangi oleh para pegiat gaya hidup ini. Bahkan sudah banyak lho yang menjual minuman alkohol tanpa alkohol. Bagaimana rasanya, ya?

4. Mediterranean Diet

Salah satu diet yang tak lekang oleh waktu adalah diet Mediteranian. Diet yang telah dinyatakan oleh World Health Organization sebagai diet ter-sehat ini sangat dianjurkan untuk kamu-kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung.

Hampir mirip dengan Flexitarian, diet Mediteranian juga menyarankan kita untuk mengurangi konsumsi daging merah serta dairy products (susu hewani, keju, yogurt) dan lebih banyak mengonsumsi biji-bijian (gandum), sayur, buah, minyak zaitun sebagai sumber lemak baik dan daging putih (ikan & ayam).

5 Tren Diet di 2020, Vegan Masih Populer
Sumber : www.barefootblonde.com

Diet ini pertama kali ditemukan pada tahun 1960 dalam penelitian mengenai penyembuhan penyakit jantung. Negara-negara Mediteranian seperti Yunani dan Italia, terbukti memiliki tingkat penyakit jantung ter-rendah. Hal ini disebabkan oleh pola makan khas daerah pesisir yang didasari oleh lemak baik, protein nabati dan boga bahari. Tak hanya baik untuk jantung, diet Mediteranean juga terbukti ampuh untuk menjaga stabilitas berat badan. Berminat mencoba?

 

5. Sugar Free Diet

Tidak bisa dipungkiri bahwa gula artifisial memang membawa banyak petaka untuk kesehatan tubuh. Diabetes, gigi keropos, masalah gula darah dan ginjal. Mimpi buruk bagi para pecinta makanan manis. Di tahun 2020, diet bebas gula akan naik peringkat mengingat pada tahun kemarin, varian minuman super manis sangat diminati.

5 Tren Diet di 2020, Vegan Masih Populer
Sumber: www.foodfaithfitness.com

Diabetes, si pembunuh dalam senyap, adalah penyakit yang salah satunya diakibatkan oleh konsumsi gula berlebih. Tak hanya merusak fungsi organ, diabetes juga menyebabkan obesitas hingga penyakit-penyakit komplikasi berdatangan. Gula alami sebagai substitusi pemnanis buatan pun muncul di pasaran guna memuaskan sugar craving. Ada sirup maple, kurma, gula kelapa, manis alami buah dan masih banyak lagi.  Demi kesehatan jangka panjang, diet bebas gula memang sangat diperlukan di tengah maraknya aneka boba!

 

Itu dia 5 tren diet di 2020 yang bisa kamu jalani sebagai resolusi tahun baru. Sebelum menjalani salah satunya, jangan lupa untuk riset, bertanya pada para ahli dan dengarkan apa kata tubuhmu, ya! Stay healthy and fabulous!

 

Plantful