Blog

Sumber Protein Vegan

January 22, 2020
/
Diet , Veganism
Sumber Protein Vegan image

Tubuh manusia dirancang untuk membutuhkan banyak sekali zat, vitamin dan mineral agar sistem dan saraf yang menggerakkan kehidupan kita dapat berfungsi dengan baik. Protein adalah salah satu zat yang tubuh perlukan dan selama ini kita tahu bahwa sumber protein terbesar untuk tubuh didapatkan melalui konsumsi daging hewani.

Mengapa kita butuh protein? Protein terdiri dari sejumlah asam amino yang berperan vital dalam pembentukan sel dan jaringan serta membantu sistem kekebalan tubuh. Sudah pasti dong tiap harinya kita wajib mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

Vegan Protein

Sumber : www.liveeatlearn.com

Ketika seseorang mengubah pola hidupnya menjadi vegan, pertanyaan “Dari mana sumber protein vegan berasal?” tentunya akan berseliweran. Tidak banyak yang menyangka bahwa makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan juga dapat memberi asupan protein untuk tubuh, terutama jika dikombinasikan. Dibandingkan dengan sepiring steak seberat 250 gr, sepiring hidangan vegan yang terdiri dari kombinasi antara kacang, biji-bijian, sayur dan buah tentu saja lebih mengenyangkan juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Asupan nutrisi harian (RNI) orang dewasa adalah 0.75g per kg berat badan dalam sehari. Jadi jika berat badanmu semisal 60kg kalikan 0.75, hasilnya adalah 45g. Berarti kamu membutuhkan asupan protein sebesar 45g sehari.

Vegan Protein

Sumber : www.livekindly.co

Ada dua jenis sumber protein vegan yaitu Complete dan Incomplete Protein. Complete protein sudah mengandung 9 asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Jadi harus didapatkan dari sumber pangan. Sementara Incomplete protein tidak sepenuhnya mengandung asam amino sehingga sebaiknya dikombinasikan agar dapat saling melengkapi.

Sumber Complete Protein (protein dalam gram : g) :

  1. Tahu, matang (8-10g /100gr)
  2. Tempe, matang (18g / 100gr)
  3. Nasi dan kacang-kacangan, matang (10-15g / 1 cup)
  4. Quinoa, matang (8g / 1 cup)
  5. Chia seeds (4g / 2 sdm)
  6. Gandum hitam / buckwheat, butiran (23g / 100gr)
  7. Spirulina (4g / 1 sdm)
  8. Kacang kedelai, mentah (36g / 100gr)
  9. Hemp seeds (11g / 30gr)

Sumber Incomplete Protein :

  1. Grains, matang (sekitar 5g / 100gr)
  2. Kacang dan biji-bijian (6-9g / 30gr)
  3. Kacang-kacang polong (7-9g / 100gr)
  4. Sayuran (ercis = 7g / 1 cup, bayam & brokoli = 3-4g / 1cup)
  5. Nutritional yeast (4g / 1 sdm)

Tentunya masih banyak lagi sumber protein vegan yang bisa dikonsumsi oleh vegans guna memperkuat daya tahan tubuh. Kita bisa membuat kombinasi menu seperti gado-gado, Buddha Bowl, cap cay vegan, sandwich tuna vegan, smoothie bowl, oatmeal dengan toping selai kacang dengan buah-buahan dan banyak menu vegan lainnya.

Plantful

Katering vegan Plantful juga menyiapkan menu full plant based yang tentunya mementingkan asupan protein dan vitamin harian kamu, lho! Klik Di sini untuk melakukan pemesanan pertamamu!

PLANTFUL

Sumber referensi : https://trisalexandranutrition.com/blog/plant-based-protein-sources