Blog

6 Pengganti Daging untuk Vegan

February 29, 2020
/
Food , Veganism
6 Pengganti Daging untuk Vegan image

Jadi vegan otomatis gak lagi mengonsumsi daging hewani dong! Vegan pun gak sedih kalau harus berpisah dengan semua produk hewani karena bahan makanan yang plant based gak kalah nikmat!

“Terus gimana kalau vegan kangen makan daging?”

Pertama, kayaknya para vegan gak kangen deh makan daging. Kedua, kalau pun kangen, ada banyak lho pilihan pengganti daging hewani yang 100% berbahan dasar nabati dan rasanya bahkan lebih enak dari daging asli!

Gak percaya? Sok atuh dibaca daftar 6 pengganti daging untuk vegan berikut ini. Siapa tahu langsung berubah pikiran dan daftar jadi vegan.

Vegan Meat
Vegan meat adalah suatu produk berbahan dasar nabati yang menirukan daging hewani dari segi tekstur, rasa dan tampilan. Vegan meat ini biasanya terbuat dari bermacam-macam bahan seperti kacang kedelai, sayuran berprotein tinggi, tepung gandum dan lain sebagainya.

Vegan Meat

Sumber : www.sweetsimplevegan.com

Vegan meat ini sangat cocok untuk kamu yang sedang bertransisi menjadi vegan karena kemiripannya dengan daging hewani yang nyaris tak bercela. Jadi kamu bisa lebih mudah dalam menyesuaikan selera makan.

Polong-polongan
Kacang merah, kacang hitam, kedelai dan semua kacang yang masuk dalam kategori ‘polong-polongan’ adalah salah satu bahan pengganti daging untuk vegan yang teksturnya juga mirip dengan daging hewani.

Apakah jika mengonsumsi kacang polong lantas jauh lebih menyehatkan dari pada daging hewan? Tentu dong! Kacang-kacang polong mengandung karbohidrat kompleks yang proses pencernaan dalam tubuhnya lebih lambat dibandingkan jenis karbo lainnya. Kenyangmu akan lebih lama setelah mengonsumsi kacang polong karena kandungan serat super tingginya. Belum lagi vitamin dan mineral yang bisa jadi asupan tambahan untuk kebutuhan tubuhmu. Makan banyak-banyak pun akan tetap sehat dari pada banyak makan daging merah!

Tahu + Tempe
Gak usah ragu deh dengan raja dan ratu makanan vegan ini. Tahu dan tempe jadi dua bahan makanan favorit para vegan untuk menggantikan daging hewan. Rasa aslinya yang tawar memudahkan para vegan untuk berkreasi dengan resep tahu + tempe.

Tahu

Sumber : www.gimmesomeoven.com

Bisa dimarinasi, dipanggang, digoreng, bahkan direbus pun juga bisa! Beruntung kita sebagai orang Indonesia bisa menemukan tahu dan tempe dengan mudah. Harusnya Indonesia bisa ya jadi tuan rumah para vegan dan vegetarian.

Seitan
Yap, kamu gak salah baca! Seitan yang satu ini gak seram kok apalagi merasukimu. Karena seitan ini bisa dimakan dan jadi salah satu pengganti daging untuk vegan walau gak sepopuler tahu dan tempe.

Seitan

Sumber : www.thespruceeats.com

Seitan ini terbuat dari gluten gandum yang patinya sudah dibersihkan sehingga menyisakan protein padatnya saja. Kalau kamu penggemar daging ayam dan merasa berkeberatan menjadi vegan karena kecintaanmu padanya, bisa lho mencoba masakan berbahan dasar seitan yang teksturnya mirip sekali dengan daging ayam. Tapi sayangnya untuk kamu yang alergi gluten, konsumsi seitan sangat tidak disarankan, ya!

Protein lupin
Lupin merupakan bagian dari keluarga kacang polong yang sangat populer di Eropa dan kerap kali dijadikan sebagai pengganti daging. Biasanya lupin disajikan/dipakai tidak dalam bentuk utuhnya melainkan berupa bubuk yang kemudian dijadikan suatu hidangan seperti falafel. Agak sulit menemukan protein lupin di negara tropis karena lupin hanya tumbuh di negara-negara dengan iklim dingin seperti di Eropa.

Jamur

Jamur

Sumber : www.frommybowl.com


Pengganti daging untuk vegan yang paling populer adalah jamur. Selain mudah ditemukan di berbagai negara, jamur memiliki tekstur yang lebih baik dari pada daging hewani sungguhan. Dengan jamur kamu bisa membuat berbagai resep yang biasanya menjadikan daging hewan sebagai bahan utama seperti patty hamburger, steak, stew, juga sebagai campuran isian dumpling. Kamu bisa mencobanya dengan berbagai jenis jamur, kok! Yang penting jangan jamur beracun, ya.

Percaya kan kalau pengganti daging untuk vegan itu betul adanya? Rasanya benar-benar gak kalah enak deh dari aslinya! Kamu yang belum menjadi vegan pun bisa lho icip-icip bahan pengganti daging di atas, siapa tahu jatuh cinta~

PLANTFUL

Sumber thumbnail : www.iamexpat.nl