Blog

7 Negara Vegan Friendly yang WAJIB Dikunjungi!

February 5, 2020
/
Life Style , Veganism
7 Negara Vegan Friendly yang WAJIB Dikunjungi! image

Sebagai vegan, liburan ke luar negeri sering kali menjadi problematika karena minimnya informasi mengenai makanan vegan di negara-negara yang dikunjungi. Apakah negara tersebut vegan friendly? Apakah akses hidangan vegan mudah didapatkan? Apakah bahan masakannya 100% nabati? 

Karena sudah banyak negara yang berjanji untuk mengatasi permasalah krisis iklim, gerakan veganisme pun menjadi lebih mudah tersebar ke berbagai kontinen. Sehingga kesulitan mencari tempat makan vegan di berbagai negara tak lagi sulit.

Nah, untuk memudahkan rencana kamu saat bepergian nanti, PLANTFUL sudah merangkum daftar 7 negara vegan friendly untuk kamu-kamu para vegan yang sedang merencanakan liburan ke luar negeri! 

 

  1. Islandia

Islandia

Sumber : www.telegraph.co.uk

Daftar panjang hidangan dari negara land of ice and fire ini selalu menyisipkan produk hewani di dalamnya. Tak heran karena Islandia dikelilingi oleh lautan hingga konsumsi boga bahari bukanlah hal yang asing. Hidangan khas Islandia selalu terdiri dari ikan, dairy dan daging kambing. Namun dalam beberapa tahun belakangan ini, gerakan veganisme telah berhasil menginvasi dan menjadikan Islandia sebagai salah satu negara vegan friendly di dunia.

Iceland

Sumber : www.evans-crittens.com

Banyak sekali kafe dan restoran yang menyediakan menu vegan. Bahkan pada tahun 2018 lalu, salah satu supermarket di Islandia meluncurkan produk bahan makanan vegan (substitusi daging) dan kepopulerannya terus meningkat hingga sekarang.

 

  1. Indonesia

Negeri kita tercinta ini juga masuk ke dalam daftar negara vegan friendly lho! Bali dan Jakarta menjadi kota yang merepresentasikan kecepatan gerakan veganisme di Indonesia.

Ubud

Sumber: www.scmp.com

Mungkin kalau kamu belum ada rencana liburan ke luar negeri, bisa jalan-jalan ke Bali dan menikmati aneka restoran vegan di daerah Canggu dan Ubud. Pastikan kalau tempat makan yang kamu kunjungi benar-benar 100% vegan ya!

 

  1. India

India selalu menjadi destinasi bagi para vegan dan vegetarian untuk melakukan petualangan kuliner. Selain lezat, hidangan khas India lebih banyak mengandung tumbuhan dan kacang-kacangan. 

India

Sumber : www.intrepidtravel.com

Kunjungilah kota Mumbai yang akses ke restoran-restoran plant basednya lebih mudah. Jangan lupa untuk memastikan bahwa hidangan yang kamu pilih sama sekali tidak mengandung produk hewani ya, karena masih banyak menu khas India yang tak menggunakan daging namun masih menuangkan susu/yogurt non nabati.

 

  1. Jerman

Berlin

Sumber : www.visitberlin.de

Sebagai negara dengan kontribusi terbesar dalam pendanaan Green Climate Fund, Jerman tak main-main dalam kontribusinya untuk melawan krisis iklim. Dalam mencapai tujuannya untuk mengurangi efek gas rumah kaca hingga 40% di tahun 2020 ini, pemerintahan Jerman telah melakukan berbagai upaya termasuk kampanye mengurangi konsumsi daging hewani. Hal ini menjadikan Jerman sebagai salah satu negara paling ramah vegan di dunia.

 

Di Berlin kamu dapat menikmati aneka hidangan di restoran vegan yang melimpah ruah di berbagai sudut kota. Pasar dan supermarket pun menjual aneka produk vegan dan organik, jadi kamu gak perlu khawatir saat berlibur ke Jerman.

 

  1. Britania Raya

Mencari restoran dan kafe yang menghidangkan menu vegan tidaklah sulit di Britania Raya terutama di kota London. Veganisme bukanlah hal yang asing di negeri Ratu Elizabeth ini. Dengan didukung oleh hasil pertanian lokal, restoran-restoran vegan di Inggris pun berkembang pesat dan menjadi pilihan populer di kalangan turis.

 

  1. Korea Selatan

Mungkin kedengarannya aneh karena hidangan Korean BBQ (yang tentunya mengandung hewani) sedang populer, tetapi ternyata Korea Selatan juga merupakan salah satu negara vegan friendly, lho! Korea Selatan sudah terkenal sebagi negara dengan hidangan ter-sehat di dunia. Masyarakatnya gemar mengonsumsi sayuran dengan porsi yang lebih besar dari pada daging. Ini tentunya menjadi modal yang memudahkan gerakan veganisme masuk ke KorSel.

Korean Food

Sumber : www.okonomikitchen.com

Kini di Seoul, kamu bisa menemukan banyak sekali resto-resto yang menunya 100% plant based. Untuk kamu yang muslim dan tidak bisa sembarangan mengonsumsi daging, bisa juga lho mengunjungi resto-resto vegan di Seoul.

 

  1. Thailand

Hidangan tradisional Thailand sudah terdiri dari aneka macam sayuran karena ajaran Buddhism yang melekat, jadi tak sulit untuk menemukan hidangan vegan di sini. 

 

Selain itu, aneka buah dan sayuran juga dijual di manapun, sejauh mata memandang terutama di Bangkok. Ada banyak rekomendasi restoran vegan di Bangkok yang bisa kamu masukan ke dalam daftar kunjungan liburanmu!

 

7 negara vegan friendly yang wajib dikunjungi di atas masih sebagian dari banyak negara vegan friendly di dunia. Pesatnya gerakan veganisme di tahun 2020 semakin memudahkan kita untuk mengakses menu vegan di manapun. Liburan ke luar negeri jadi lebih mudah, deh!

 

PLANTFUL