Blog

Bersama 400000 Pendaftar, Veganuary Meraih Rekor Terbaru!

February 6, 2020
/
Veganism
Bersama 400000 Pendaftar, Veganuary Meraih Rekor Terbaru! image

Bulan Januari sudah terlewati dengan berbagai warna. Walau banyak sekali keresahan yang terjadi di awal tahun 2020 ini, semangat gerakan veganuary ternyata tidak surut dan bahkan membuahkan hasil yang mengejutkan. Dilansir dalam Vegworld Magazine, Veganuary 2020 berhasil menembus angka lebih dari 400.000 peserta.

veganuary

Sumber : www.instagram.com/weareveganuary

Gerakan yang diprakarsai oleh penganut veganisme di Britania Raya ini awalnya hanya menargetkan sebanyak 50.000 orang meskipun pada tahun 2019, pendaftarnya telah mencapai hingga 250.000 peserta. Menurut tim Veganuary UK, 400.000 peserta di tahun 2020 ini berasal dari berbagai negara kecuali Korea Utara, Vatikan dan Eswatini.

 

Para selebriti seperti Joaquin Phoenix, Brian May, Billie Eilish pun ikut meriuhkan kampanye veganuary.

 

Partisipan veganuary 2020 tak berhenti pada individu saja karena di tahun ini banyak perusahaan-perusahaan besar yang berpartisipasi dengan meluncurkan produk-produk 100% vegan. Salah satunya adalah gerai Pizza Hut di Britania Raya dengan menu pizza vegan “Pepperphoni” yang penjualannya meningkat dua kali lipat pada masa kampanye veganuary bulan ini.

 

Hal serupa juga dilakukan oleh KFC yang meluncurkan burger vegan untuk veganuary dan berhasil menjual sebanyak lebih dari satu juta burger dalam waktu satu bulan.

 

Dampak dari veganuary tahun 2020 begitu besar kepada setiap lapisan masyarakat. Juru bicara veganuary UK, Toni Vernelli menyampaikan : “With the link between animal farming and the climate crisis making headlines nearly every day, we expected Veganuary 2020 to be the biggest yet, but it exceeded all our expectations. We applaud everyone who took part and encourage them to continue eating vegan food as often as possible.”

 

Banyak dari partisipan veganuary yang menyatakan bahwa mereka akan meneruskan gerakan veganisme walaupun veganuary telah berakhir guna mereduksi kerusakan lingkungan akibat peternakan yang tidak sustainable

 

PLANTFUL