Blog

Hemat Ala Vegan

February 13, 2020
/
Life Style , Veganism
Hemat Ala Vegan image

Siapa bilang veganisme selalu bikin kantong bolong?

Sering kali kita dengar kalau merubah pola hidup menjadi vegan pasti harus siap merogoh kocek lebih dalam saking mahalnya aneka substitusi produk hewani. Belum lagi vitamin yang harus dikonsumsi sebagai tambahan asupan tubuh. Kalau benar adanya, sulit juga yah menjadi vegan!

Ada beberapa produk bahan makanan vegan yang memang tidak murah, terutama di Indonesia yang pasarnya masih rendah peminat. Tapi bukan berarti menjadi vegan harus selalu menguras isi kantong. Sama seperti dalam kehidupan sehari-hari pada umumnya, menjadi vegan juga bisa berhemat, kok!

Gimana sih cara hemat ala vegan? Yuk ikutin tips-tips dari Plantful di bawah ini!

Meal Prep!
Meal prepping adalah perencanaan satu atau dua menu yang akan kamu masak dan siapakan sebagai makanan pokok selama beberapa hari ke depan. Selain menghemat waktu, meal prepping juga bikin kamu hemat dalam berbelanja bahan makanan karena sudah terencana sedemikian rupa.

Meal prep

Sumber : www.liveeatlearn.com

Yang kamu perlukan dalam meal prep adalah tempat makan kedap udara agar aman disimpan dalam kulkas. Pastikan meal prep-mu mengandung asupan vitamin dan gizi harian yang cukup, juga bukan menu yang cepat basi. Nggak perlu masak yang heboh, asal tahu, tempe dan sayuran ada di dalam menu, you’ll be fine!

Belanja Sesuai Kebutuhan!
Sebaiknya jika kamu berbelanja bahan makanan, belilah untuk persiapan satu minggu (meal prep) ke depan. Dengan menulis daftar belanjaan dan merencanakan menu satu minggu ke depan, kamu jadi bisa terhindar dari membeli sesuatu yang gak dibutuhkan.

Belanja

Sumber : www.retailnews.asia

Belanja sayur dan buah serta bumbu dapur bisa kamu lakukan di pasar tradisional terdekat. Selain lebih murah, pilihan buah musiman juga lebih bervariatif di pasar tradisional.

Kurangi Jajan!
Restoran vegan gak semuanya murah, lho! Akan lebih menguntungkan kantong kalau kamu buat smoothie-bowl sendiri di rumah. Undang teman-teman untuk potluck di rumah dari pada hang out di luar juga bisa jadi alternatif. Hemat, kenyang dan sama sehatnya, kok!

Tanam Sendiri, Yuk!
Menanam sayuran di rumah tak hanya bermanfaat untuk tanah dan udara, juga bermanfaat untuk kantongmu. Kamu yang sudah jago bercocok tanam bisa mulai menanam aneka sayuran yang nanti akan kamu panen untuk stok mingguan. Nah untuk kamu yang belum pernah belajar cara berkebun, ayooooo mulai cari-cari komunitas berkebun lokal yang bisa kamu ikuti kelasnya. Berkebun banyak manfaatnya lho, terutama untuk seorang vegan!

Pesan Plantful
Mau belanja dan masak gak ada waktu karena kesibukan? Tenang saja, Plantful hadir untuk kamu-kamu para vegan yang sedang mencari katering vegan murah tapi gak kaleng-kaleng. Di Plantful kamu bisa memesan menu paket makan siang/malam harian, 5 harian atau full selama 20 hari.

Plantful

Selain menu makanannya yang nggak ngebosenin, kamu juga bisa pilih sendiri karbo utamanya. Ada nasi merah, kentang, nasi kembang kol dan nasi shirataki. Gak hanya berhenti di situ aja, Plantful juga menyediakan paket weight loss, cleansing, pressed juice dan fit mom dengan harga yang ramah kantong.

Yuk pesan paket Plantful-mu di sini!

Itu dia 5 cara hemat ala Vegan yang gak akan rugi kamu ikuti! Terpatahkan ya mitos vegan itu mahal. Siapapun bisa jadi vegan, di manapun, kapanpun!

PLANTFUL