Blog

Mengenali Produk Vegan dan Cruelty Free

February 19, 2020
/
Life Style , Veganism
Mengenali Produk Vegan dan Cruelty Free image

Meningkatnya kesadaran orang-orang terhadap non animal testing products alhasil membuat permintaan produk kecantikan dan perawatan yang cruelty free meningkat pesat. Merk-merk berlabel cruelty free dan vegan pun bermunculan guna memenuhi permintaan dan membawa pesan pada masyarakat bahwa kecantikan tak perlu menyakiti makhluk hidup lainnya.

Labels

Sumber : www.vforveganism.com

Tapi bagaimana caranya kita mengetahui apakah suatu produk sudah bersertifikasi vegan/cruelty free? Adakah perbedaan dalam nama-nama label tersebut?

Kali ini Plantful akan membahas tentang cara mengenali produk vegan dan cruelty free sehingga kamu-kamu yang sudah mulai concern dengan isu animal testing bisa lebih cermat ketika membeli suatu produk kecantikan.

Pertama kita ketahui lebih dulu apa sih perbedaan antara vegan dan cruelty free?

Vegan
Produk kecantikan/perawatan yang tercantum label vegan artinya tidak menggunakan bahan-bahan yang berasal dari hewan. Misalnya susu sapi/kambing, madu, ekstrak hewani dan lainnya. Bahan yang digunakan biasanya alami dan 100% berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Cruelty Free
Jika kamu membaca label cruelty free pada suatu produk, artinya produk ini tidak melakukan percobaan pada hewan. Walau ada merk yang mengatakan mereka tak menyakiti hewan dalam proses percobaan di laboratorium (namun tetap menggunakan hewan percobaan), ini tetap tidak bisa dilabeli cruelty free karena proses percobaan pada hewan telah terbukti menyakitkan bahkan dapat berujung pada kematian yang mengerikan. Selain tidak mencoba produk akhir pada hewan, merk dengan tanda cruelty free juga memastikan bahwa bahan-bahan yang didapatkan dari suplier tidak dicoba pada hewan.

Walau kedua label di atas terkesan saling berkesinambungan, tidak selalu suatu produk misalnya berlabel vegan berarti cruelty free lho. Begitupun sebaliknya. Karena pada beberapa produk dengan label cruelty free juga masih ada yang mengandung bahan hewani. Biar gak bingung, begini cara melihat label vegan/cruelty free pada produk kesayanganmu!

Logo vegan yang resmi diperoleh dari Vegan Action, The Vegan Society dan The Vegetarian Society.

Vegan Labels

Sumber : www.ethicalelephant.com

Sedangkan untuk lisensi logo resmi cruelty free/non animal testing diperoleh dari PETA, The Leaping Bunny (Cruelty Free International) dan Choose Cruelty Free untuk area Australia.

Cruelty Free

Sumber : www.crueltyfreekitty.com

Jangan lupa untuk cek n ricek database merk-merk yang sudah memegang lisensi cruelty free ya, karena ada juga beberapa merk yang tidak menambahkan logo pada packagingnya karena alasan biaya tambahan (yang tentunya tidak murah). Kamu bisa melihat daftar produk bersertifikasi cruelty free di laman PETA.ORG atau CrueltyFreeKitty.com.

Sudah tahu kan perbedaannya? Yuk tumbuhkan kesadaran pada hak asasi hewan dan mulai perlahan mencermati produk kecantikan/perawatan yang kamu gunakan. Ingat, cantik kan tidak perlu menyakiti makhluk hidup lainnya.

PLANTFUL

Sumber thumbnail : www.peta.org