Blog

Organik vs Konvensional, Mana Lebih Baik?

February 29, 2020
/
Food , Life Style
Organik vs Konvensional, Mana Lebih Baik? image

Perbedaan bahan-bahan organik dengan bahan konvensional (non organic) terletak pada proses penanaman dan penanganannya. Pada tahap tersebut, terdapat indikasi bahwa sayuran/buah organik memang lebih sedikit mengandung pestisida dari pada bahan konvensional. Namun, tidak benar bahwa bahan organik jauh lebih bernutrisi. Karena pada kenyataannya baik produk organik maupun konvensional, keduanya memiliki kandungan nutrisi, vitamin, mineral dan serat yang tidak berbeda.

Market

Sumber : www.deviliciouslyraw.com

Pertanian organik sendiri dihadirkan guna meningkatkan kualitas tanah dan air karena penggunaan pestisida/bahan kimia yang diminimalisir. Sistem pertanian ini ramah lingkungan sehingga diharapkan dapat berkelanjutan (sustainable) di masa depan. Apalagi pertanian organik mengandalkan penggunaan pupuk kompos, jadi polusi dapat ditekan dari proses ini.

Sementara produk konvensional memang lebih “egois”. Sistem pertanian konvensional lebih mementingkan kuantitas sehingga untuk memenuhi permintaan yang begitu besar, mereka mempercepat proses dengan pestisida/pupuk kimiawi.

Walau dari segi “keamanan” dan keramahan lingkungan produk organik jauh lebih baik, bukan berarti kamu harus selalu membelinya. Apalagi dari segi harga, produk organik tidak selalu ramah di kantong. Kamu tetap bisa mendapatkan nutrisi yang sama dari buah/sayuran konvensional.

Alternatif yang bisa kamu pilih adalah membeli keduanya dengan seimbang agar tidak terlalu terbebani. Namun jangan lupa untuk mengikuti beberapa tips berikut ini :

Belilah varian sayur, buah, kacang-kacangan baik organik maupun konvensional agar nutrisimu tetap terlengkapi. Mungkin ada buah/sayur yang hanya tersedia organik atau hanya tersedia dalam bentuk konvensional. Pilih mana yang cocok dengan kebutuhanmu tanpa mengesampingkan asupan harian tubuh.


Beli sayur dan buah yang sedang musim agar kamu bisa mendapatkan produk yang segar. Bagus juga kalau kamu punya kalender khusus produk pertanian yang sedang musim, jadi setiap hendak berbelanja, kamu sudah tahu harus membeli apa.


Cuci bersih sayur serta buah-buahan yang sudah kamu beli! Karena dengan mencuci bersih sayuran dan buahmu, kamu dapat terhindar dari bakteri seperti E.Coli. Rendam sayuran/buah dalam air (bisa juga menggunakan sabun khusus sayuran) selama satu jam lalu keringkan dan simpan di tempat yang sejuk. Untuk buah, kamu bisa menggunakan garam kasar dan menggosokkannya pada kulit buah.

Organik maupun konvensional, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selalu coba setiap produk agar kamu tahu mana yang cocok dengan kebutuhanmu. Yang terpenting juga selalu perhatikan kesehatanmu, ya!

PLANTFUL

Sumber thumbnail : www.ubudorganicmarket.com