Blog

4 Resep Minuman Sehat Ini Perlu Dicoba Saat #DiRumahAja

March 24, 2020
/
Food , Health
4 Resep Minuman Sehat Ini Perlu Dicoba Saat #DiRumahAja image

Sejauh ini gerakan #DiRumahAja guna mencegah lonjakan penyebaran CoVid-19 masih sangat lantang digalakkan. Apalagi pasien positif CoVid-19 di Indonesia semakin bertambah dan angka kematian tak kunjung berhenti. Bagi masyarakat yang memiliki keuntungan berdiam di rumah saja, sebaiknya benar-benar dilakukan sebagai bentuk partisipasi kita dalam menekan penyebaran virus.

Walau membosankan, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selama #DiRumahAja. Plantful sudah pernah merangkum 3 kegiatan yang perlu kamu lakukan selama social distancing. Kini, Plantful akan membagikan 4 resep minuman sehat untuk dicoba-coba saat #DiRumahAja! Lumayan nih untuk menambah-nambah aktivitas agar di rumah aja gak lagi menjemukan!


Coconut-Papaya Smoothie

Coconut Papaya

Minuman yang satu ini bahannya gampang banget ditemukan, jadi gak perlu usaha ekstra untuk membuatnya! Air kelapa sangat baik untuk tubuh karena mengandung antioksidan yang tinggi. Manfaat buah pepaya pun tak kalah dari air kelapa karena kandungan vitamin C dan A yang kaya di dalamnya.

Sumber resep (https://www.bulletbrands.com.au/)


Bahan :
1 cangkir daging buah pepaya matang
½ sdm jahe segar kupas
4 lembar daun mint
¼ cangkir kelapa parut kering atau secangkir daging kelapa segar
1 cangkir air kelapa
½ cangkir air mineral
1 cangkir es batu

Campurkan semua bahan ke dalam blender, sajikan dalam gelas lalu nikmati di siang hari yang terik! Vitaminnya bermanfaat untuk tubuh, rasa segarnya meledak di tenggorokan.

Air Lemon Jahe

Ingin sesuatu yang hangat saat hujan membasahi rumahmu? Coba deh bikin resep air lemon jahe dari The Minimalist Vegan ini. Selain nikmat diminum saat turun hujan, air lemon jahe juga ampuh meningkatkan imun, lho! Apalagi untuk kamu yang sedang terkena flu, hidung dan tenggorokan langsung lega setelah menyesap segelas air lemon jahe.

Sumber resep (https://theminimalistvegan.com/)

Air Lemon Jahe


Bahan :
5 lembar daun sage, robek jadi dua
1 buah lemon, peras airnya
2 tangkai daun thyme segar
3 cm jahe, iris-iris
500 ml air panas
2 tsp sirup maple/gula/madu

Rebus semua bahan kecuali pemanis dengan api kecil hingga mendidih.
Saring air rebusan lalu tambahkan pemanis.
Tambahkan seiris lemon dan daun thyme sebagai pemanis.

Kalau tidak ada daun sage dan thyme, kamu bisa melewatkannya atau menggantinya dengan kayu manis batang. Karena lemon impor pun juga sedang langka, ganti saja dengan lemon lokal atau jeruk nipis!

Carrot Ginger Turmeric Smoothie

#DiRumahAja jangan sampai lupa minum air agar tidak dehidrasi, ya. Selain air putih, coba deh stok carrot ginger smoothie ini untuk diminum setiap pagi. Smoothie yang satu ini mengandung anti-inflammatory yang dapat mencegah peradangan dan tentunya memberi hidrasi untuk seluruh tubuh.

Sumber resep (minimalistbaker.com)


Bahan Jus wortel :
2 cangkir potongan wortel
1 ½ cangkir air mineral

Blender wortel dan air terlebih dahulu hingga halus lalu saring (dengan kain bersih atau saringan biasa) agar tidak ada bulir.

Carrot Smoothie

Bahan smoothie :
1 buah pisang matang yang sudah beku dan dipotong
1 cangkir potongan buah nanas beku
½ sdm jahe segar kupas
¼ sdt kunyit bubuk
½ cangkir jus wortel yang telah dibuat
1 sdm air lemon / jeruk nipis
1 cangkir susu almond / susu apapun yang tersedia

Blender semua bahan dan tambahkan jus wortel/susu jika smoothie kurang cair.

Turmeric Ginger Shot (Kunyit + Jahe)

Turmeric Shot

Minuman satu ini mungkin rasanya gak asing karena memang mirip-mirip dengan jamu tradisional yang biasa dikonsumsi orang Indonesia. Rasanya akan sedikit pekat karena kunyit, tetapi abaikan saja karena kombinasi kunyit dan jahe bagus banget buat tubuh kita. Lada hitam dalam resep ini berfungsi untuk mengaktifkan zat-zat bermanfaat dalam kunyit, jadi kalau bisa jangan diskip yaa!

Sumber resep (https://nutritionistmeetschef.com/)


Bahan :
200 gram jahe segar kupas, parut
40 gram kunyit segar kupas, parut
1 liter air mineral
½ sdt lada hitam
3 sdt madu/sirup maple
2 buah lemon, peras atau 3 buah jeruk nipis

Panaskan air di panci dengan api sedang, tambahkan parutan jahe dan kunyit serta lada hitam lalu diamkan selama 20-30 menit.
Matikan api dan dinginkan air campuran dalam panci selama 30 menit atau sampai suam-suam kuku baru tambahkan air lemon/jeruk nipis serta pemanis, aduk merata.
Tuang air dalam botol bersih dan simpan dalam kulkas hingga 2-3 minggu.
Nikmati dengan gelas kecil agar tidak mengagetkan perut, ya!

Gak sabar kan untuk mencoba 4 resep minuman sehat di atas? Yuk pergunakan waktu #DiRumahAja untuk menyehatkan badan dan pikiran agar bersama kita bisa memerangi virus CoVid-19!

PLANTFUL