Blog

Bikin Kue Vegan dengan 5 Bahan Pengganti Telur

March 9, 2020
/
Food , Veganism
Bikin Kue Vegan dengan 5 Bahan Pengganti Telur image

Telur adalah bahan paling krusial dalam pembuatan kue. Dengan telur, kue akan memberikan struktur khas, lemak yang membuat rasa kue lebih kaya, melembutkan dan membuat kue mengembang sempurna. Menjadi vegan berarti tidak mengonsumsi apapun yang berbahan dasar hewani termasuk telur, lantas apakah seorang vegan tak lagi bisa menikmati sepotong kue atau merayakan ulang tahunnya dengan seloyang kue?

Tentu saja itu tidak benar! Telur memang agak sulit untuk diganti dalam baking, tetapi bukannya tidak mungkin. Resep kue vegan pun kian hari kian banyak dan substitusi telur di dalamnya berfungsi sama seperti telur.

Untuk kamu para vegan yang senang membuat kue dan masih bingung apakah bisa baking tanpa telur, yuk bikin kue vegan dengan 5 bahan pengganti telur di bawah ini!

Flax Seeds
Kamu tak salah baca, kok! Flax seeds memang sudah sangat populer di kalangan vegan sebagai salah satu pengganti telur terbaik dan biasa disebut Flax-Egg. Cara mengubahnya menjadi pengganti telur adalah dengan mencampur 1 sendok makan flax seeds bubuk dan 2 setengah sendok makan air lalu diamkan selama lima menit.

Flax Egg

Sumber : www.asaucykitchen.com

Flax egg ini selain terjangkau juga memberikan kelembutan pada kue sama seperti telur. Tapi sayangnya, flax egg tidak ampuh di semua resep kue yang membutuhkan banyak telur. Flax egg hanya cocok pada resep pancake, roti, muffins, kue kering dan brownies.


Aquafaba
Aquafaba adalah air asin yang berasal dari rendaman chickpeas kalengan. Dengan aquafaba kamu bisa membuat resep-resep kue yang biasanya membutuhkan putih telur sebagai pengembang seperti macaroons, waffle, meringue dan sebagainya.

Aquafaba

Sumber : www.godairyfree.org

Ketika aquafaba diaduk dengan mixer, kamu akan mendapatkan tekstur whipped/peak seperti pada putih telur, lho!

Pisang
Pisang kematangan yang ditumbuk seringkali digunakan sebagai pengganti telur dalam resep pancake/kue dengan tekstur yang padat. Selain itu, pisang juga dapat menambahkan rasa manis natural sehingga kamu bisa mengurangi jumlah gula dalam resep. Satu buah pisang dapat menggantikan satu buah telur.

Applesauce
Bahan yang satu ini mungkin agak asing di telinga kita. Applesauce mirip-mirip dengan bubur apel yang biasa dikonsumi anak bayi karena terbuat dari buah apel yang telah dikupas, air dan gula lalu dipanaskan hingga konsistensinya mirip bubur.

Applesauce

Sumber : www.garlicandzest.com

Kalau kamu tidak dapat menemukannya di supermarket, kamu bisa membuat applesauce sendiri, kok!

Gunakan ¼ cup applesauce sebagai pengganti tiap satu buah telur dalam resep kue dan kamu akan mendapatkan kue yang super duper lembut dengan rasa fruity. Tapi tentu saja sesuaikan pemakaiannya dengan resep ya, karena bisa jadi resep kue yang hendak kamu buat rasanya tidak cocok dengan apel.


Minyak
Kamu bisa menggunakan minyak tak berbau seperti jenis canola, jagung, grapeseeds untuk menggantikan telur serta mentega dalam resep kue. Tambahkan 2 sendok makan air dan 2 sendok teh baking powder untuk setiap 1 sendok makan minyak dalam resep kue kering, muffin, soda bread sebagai pengganti telur.


Benar kan kalau mengganti telur dalam resep kue itu mungkin? Ayo mulai coba-coba berbagai resep kue vegan favoritmu dan jangan lupa untuk menggunakan salah satu dari 5 bahan pengganti telur di atas!

PLANTFUL

Sumber thumbnail : www.meghantelpner.com