Blog

Corona Masuk Indonesia! Perbanyak Konsumsi 4 Makanan Pencegah Sakit Ini!

March 2, 2020
/
Food , Health
Corona Masuk Indonesia! Perbanyak Konsumsi 4 Makanan Pencegah Sakit Ini! image

Pada tanggal 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa ada dua WNI yang dinyatakan positif mengidap Covid-19 atau virus corona. Covid-19 pertama kali menggegerkan dunia pada Januari lalu ketika ditemukan di kota Wuhan-RRT dan sampai artikel ini diunggah telah menginfeksi ribuan masyarakat di kurang lebih 65 negara.

Sejauh ini diketahui bahwa Covid-19 ditularkan melalui droplets, artinya jika ada seseorang yang terinfeksi dan bersin/batuk dan melakukan kontak dari jarak dekat dengan orang lain, maka orang tersebut dapat tertular virusnya.

WHO sudah memberi penyuluhan untuk mencegah penularan Covid-19. Cara pencegahan yang paling gencar disebarkan adalah mencuci tangan dengan sabun dan antiseptik, juga memakai masker bagi mereka yang sedang sakit. Menjaga kesehatan juga jadi salah satunya. Kita harus berolahraga, konsumsi makanan yang sehat dan beristirahat dengan cukup. Apalagi saat ini di Indonesia sedang musim hujan, penyakit flu sekalipun akan mampir ke tubuh kalau kita tak menjaga kesehatan.

Walau rasanya nikmat untuk mengonsumsi mie rebus di kala hujan, lebih baik ganti konsumsimu dengan 4 makanan pencegah sakit ini. Mencegah kan lebih baik sebelum hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

JAHE

Turmeric lemon ginger

Sumber : www.emilieeats.com (Turmeric, lemon, ginger tea)


Jahe mengandung nutrisi dan antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penurunan metabolisme tubuh. Kamu bisa membuat minuman hangat dengan jahe atau mencampur parutannya dalam sup hangat. Jahe juga sangat cocok dipasangkan dengan madu lho. Dari segi rasa dan nutrisi, duet keduanya akan semakin menguatkan metabolisme tubuh.

KALDU
Bukan kaldu instan yah, tetapi kaldu yang dibuat dari bahan-bahan dasar segar. Ada kaldu sapi dan ayam, tetapi kalau kamu vegan, kamu juga bisa kok menyesap kaldu sayuran.

Veggie Broth

Sumber : www.minimalistbaker.com (Vegan broth)

Selain nutrisi yang didapat dari campuran bahan utama, kaldu juga ampuh untuk menghangatkan badan. Kalau sudah mulai meriang-meriang, segera buat kaldu sayuranmu ya!

LEMON
Lemon mengandung vitamin c yang tinggi hingga dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, lemon juga ampuh lho untuk mengurangi rasa nyeri dalam tubuh. Beri perasan jeruk lemon pada segelas air hangat dan minumlah setiap pagi dan malam. Pssst, lemon juga bisa nurunin berat badan, lho!

TEH HIJAU
Banyak-banyak konsumsi teh hijau deh untuk mencegah sakit terutama flu! Kenapa? Karena teh hijau mengandung antioksidan serta L theanine untuk mencegah juga mengobati kamu yang sudah terlanjur terkena flu.

Green tea

Sumber : www.cottercrunch.com (Coconut matcha green tea oatmeal)  

Minum teh hijaunya yang hangat dan tanpa gula artifisial yah agar lebih ampuh. Jangan minum green tea latte, yang ada semakin sakit, hehe.

Nah itu dia 4 makanan pencegah sakit yang sebaiknya kamu konsumsi sekarang untuk berjaga-jaga. Kamu bisa memesan menu vegan yang sehat dari Plantful untuk memudahkan kamu dalam menjaga kesehatan karena Plantful mengerti kebutuhan tubuhmu! Hindari mengonsumsi makanan manis apalagi yang gulanya artifisial, goreng-gorengan, makanan mentah, makanan berlemak tinggi dan alkohol.

Kemenkes RI
Sumber : Kemenkes RI

Jangan lupa untuk terus up-to-date mengenai kasus Covid-19 dari sumber terpercaya, jaga kebersihan dan yang paling penting, Jangan panik! Segera lapor ke rumah sakit terdekat atau hubungi hotline Kemenkes RI jika kamu menemukan ciri-ciri sakit Covid-19 pada dirimu atau orang terdekatmu! Jaga kesehatan yah teman-teman!

PLANTFUL