Blog

Diet Vegan Bisa Membantu Cegah Asma

March 31, 2020
/
Diet , Health
Diet Vegan Bisa Membantu Cegah Asma image

Kabar baik datang dari dunia ilmu pengetahuan yang baru-baru ini membuktikan bahwa plant based diet mampu mencegah asma. Para peneliti dari Physicians Committee for Responsible Medicine melakukan riset mengenai korelasi antara pola makan dengan penyakit asma dan menemukan bahwasannya mengonsumsi sayuran, buah dan makanan tinggi serat seperti kacang/gandum justru memberi manfaat bagi para penderita asma. Sedangkan yang mengonsumsi dairy products secara berkala justru dapat memperparah asma. Penelitian ini ditulis dan dipublikasikan di Nutrition Reviews.

Dalam studi kasusnya, peneliti membandingkan beberapa kelompok pasien asma yang melakukan diet-diet berbeda. Mereka lalu menemukan bahwa pasien asma yang menjalani diet plant based selama 8 minggu berkurang kebutuhan konsumsi obatnya dan presentase terjadi kekambuhan berkurang drastis.

Kemudian pasien yang melakukan percobaan diet plant based selama satu tahun mengalami peningkatan perbaikan organ terutama pada area paru-paru.

Penulis studi kasus ini menyarankan para pasien asma untuk mulai menjalani diet plant based karena dapat mengurangi peradangan sistemik yang dapat memperparah asma. Studi menunjukkan penganan berserat tinggi berpengaruh baik terhadap daya dan fungsi paru.

Virus CoVid-19 terbukti dapat menginfeksi paru-paru manusia hingga berakibat fatal. Dengan adanya penemuan baru di atas, melakukan diet plant based sangat disarankan pada saat-saat ini agar daya tahan paru semakin kuat.

Sumber studi:

https://www.biocompare.com/Life-Science-News/562516-Plant-Based-Diet-Helps-Prevent-Asthma/

https://medicaldialogues.in/psychiatry/news/plant-based-diet-linked-to-reduction-in-severity-in-asthma-64373

http://www.atlashealthcarecenter.com/index.php?p=452180


PLANTFUL