Blog

Mengenal Nutritional Yeast Si Pengganti Keju untuk Vegan

March 17, 2020
/
Food , Health
Mengenal Nutritional Yeast Si Pengganti Keju untuk Vegan image

Nutritional yeast mungkin tak asing di telinga kebanyakan orang terutama bagi para vegan. Serbuk berwarna kuning yang biasa disebut-sebut sebagai pengganti keju untuk vegan ini sebenarnya merupakan organisme yang tumbuh dalam molase (tetes tebu). Organisme lalu dipanen dan dikeringkan untuk mematikan ragi, menyisakan zat berupa serbuk yang menjadi sumber protein kompleks dan vitamin B.

Dalam proses tumbuhnya, nutritional yeast memang lahir dari genangan gula, namun tidak ada kandungan gula di dalamnya alias sugar-free! Tak hanya itu saja, nutritional yeast juga rendah lemak serta rendah sodium walau rasanya gurih seperti keju. Dan tentu saja walau rasanya gurih, Nutritional Yeast terbukti non MSG, lho! Jadi gak heran kalau sekarang banyak ibu yang juga mulai menambahkan nutritional yeast dalam makanan anak-anaknya.

Sering kali nutrtional yeast digadang-gadang sebagai pengganti vitamin B12 (yang seharusnya didapatkan dari konsumsi produk hewani) namun sebenarnya nutritional yeast murni tidak mengandung vitamin B12, lho. Ada produk nutritional yeast yang memang ditambahkan vitamin B12, maka dari itu kamu harus memeriksa kembali kemasannya. Walau begitu, tetap saja sebagai vegan kamu harus mendapatkan asupan B12 dari vitamin ya, karena kandungan B12 dari nutritional yeast tetap tidak sebanyak asupan harian yang disarankan.

Bagi kamu yang hendak meurunkan kolestrol, nutritional yeast sangat bagus untuk membantumu. Kamu bisa mengganti keju hewani favoritmu di setiap makanan dengan nutritional yeast. Bisa digunakan sebagai taburan dalam resep pasta, penambah rasa gurih dalam sup atau taburan salad. Untuk urusan rasa, tetap sama enaknya kok dengan keju!

Mumpung sedang digalakkan social distancing guna mencegah penyebaran CoVid-19, menyetok nutrtional yeast dan bahan-bahan makanan sehat lainnya. Jangan panic buying apalagi yang dibeli hanya mie instan berkardus-kardus. Stay at home bukan berarti makanan harianmu harus sembarangan, lho! Atau.kamu juga bisa memesan paket lunch/dinner Plantful untuk menemani stay at home kamu. Klik di sini yuk untuk melakukan pemesanan!

PLANTFUL

Sumber thumbnail : www.instagram.com/larecetteparfaite