Blog

Turun Berat Badan ala Vegan dengan 6 Makanan Ini!

March 30, 2020
/
Diet , Food , Veganism
Turun Berat Badan ala Vegan dengan 6 Makanan Ini! image

Menjaga kesehatan melalui monitoring berat badan merupakan salah satu bentuk mencintai diri sendiri. Fokus untuk menurunkan berat badan misalnya, tak melulu berhubungan dengan penampilan yang kesannya sering kali menjadi standar kecantikan masyarakat. Padahal menurunkan berat badan tanpa menyakiti diri seharusnya menjadi bentuk cinta kasih terhadap jiwa dan raga.

Ada banyak macam diet yang tidak selalu seimbang. Cepat turun berat badan namun berakibat buruk bagi jantung. Penipuan obat dengan iming-iming turun berat badan instan tanpa olahraga dan makan sehat. Masih banyak lagi macam diet yang lebih tak masuk akal.

Vegan

Sumber : www.instagram.com/Shisodelicious

Lain dengan diet plant based vegan yang jika diikuti secara teratur, tak hanya akan menurunkan berat badan dengan pace yang tepat, efeknya pun sangat baik untuk kesehatan. Plant based vegan diet sangat baik untuk mencegah obesitas dan penyakit kronik yang disebabkan oleh ketidak seimbangan pangan.

WHO bahkan merekomendasikan agar kita memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, gandum buah, sayuran dan mengurangi makan-makanan berlemak demi kesehatan.

Lalu bagaimana diet vegan bisa menurunkan berat badan? Makanan apa yang dikonsumsi sehingga penurunan berat badan bisa ‘diangsur’ tanpa merusak kesehatan jiwa dan raga? Berikut ini Plantful sudah merangkum 6 makanan vegan untuk menurunkan berat badan.

Kacang-Kacangan
Selain menjadi sumber protein vegan, kacang-kacangan dengan kandungan karbohidrat kompleksnya jika dihidangkan bersama sayuran dan whole grains akan membuat kamu jadi lebih cepat kenyang. Kandungan vitamin dalam kacang-kacangan sangat baik untuk tubuh, lho, terutama bagi Ibu hamil dan menyusui.

Oat

Oatmeal

Sumber : www.instagram.com/Scorpionmind


Oatmeal sudah jadi makanan wajib bagi kamu yang sedang diet. Gak heran deh, karena oat memang rendah lemak juga rendah kalori. Oat yang masih utuh atau rolled oat dan instant oat sama-sama baik untuk kesehatan jantung, kok! Jadi jika kamu gak nemuin rolled oat dimana-mana, pakai saja instant oat yang ada. Tapi jangan lupa untuk mengecek apakah ada pemanis tambahan di dalamnya, ya!

Tahu

Tahu

Sumber : www.instagram.com/eatingthemplants


Selain kacang, tahu juga jadi sumber protein terbaik untuk vegan. Rendah lemak dan kalori menjadi alasan mengapa mengonsumsi tahu untuk menurunkan berat badan sangatlah disarankan. Udah gitu, tahu sangat enak untuk diolah dengan apapun.

Buah

Buah

Sumber : www.instagram.com/vegainsfood


Buah-buahan memang rasanya manis, tetapi manis yang dihasilkan prosesnya alami sehingga aman dikonsumsi untuk diet. Mengonsumsi buah secara teratur juga dapat menekan ngidam makan makanan manis, lho.

Rumput Laut
Sayur bawah laut satu ini digemari oleh orang Asia terutama Korea Selatan. Pasti kamu yang sering menonton drama Korea sudah hafal deh sesering apa orang Korea mengonsumsi rumput laut, baik yang kering maupun yang mentah.

RUmput laut

Sumber : www.instagram.com/Australian_seaweed_institute

Memang gak salah kok untuk menggemari sayuran laut satu ini. Rumput laut itu kaya serat, rendah kalori dan mengandung fucoxanthin yang dipercaya dapat mencegah diabetes. Hmm kalau makan rumput laut, udah bisa dibilang mirip artis Korea belum ya?

Sayuran

Sayur

Sumber : www.instagram.com/thelittleplantation


Makan sayur sudah jadi kewajiban untuk seorang vegan. Tapi sayuran yang dimaksud di sini adalah yang daunnya berwarna lebih gelap. Misalnya kale, bayam, brokoli, bok choy, swiss chard dan masih banyak lagi. Sayuran dengan daun berwarna lebih gelap memang lebih kaya akan vitamin serta mengandung protein lebih banyak dari pada sayuran biasa. Dengan mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut, dijamin perut kenyang lebih lama!

Turun berat badan ala Vegan ternyata penuh warna, ya? Kamu sudah siap belum berpetualang bersama veganisme? Kalau sudah, yuk order katering vegan murah meriah Plantful di sini!

PLANTFUL