Blog

Yakin Konsumsi Kacang Kedelai itu Sehat?

March 2, 2020
/
Food , Health
Yakin Konsumsi Kacang Kedelai itu Sehat? image

Masyarakat Indonesia sangat mengenal kacang kedelai. Bahkan kacang kedelai atau Soybean sudah menjadi bagian dari kebutuhan rumah tangga. Kacang kedelai terdapat dalam kecap manis dan asin, tempe, tahu bahkan susu kedelai sangat populer di berbagai kalangan.

Mengonsumsi kacang kedelai dipercaya sangat baik untuk tubuh. Apalagi para leluhur di dataran Asia sudah menikmati aneka hidangan berbahan dasar kedelai sejak ribuan tahun lamanya. Tapi, apakah benar konsumsi kacang kedelai itu sehat?

Kacang kedelai sendiri mengandung phytoestrogens alami yang dikenal sebagai isoflavones yang secara kimiawi dan fungsi sangat mirip dengan estrogen. Kita tahu jika tubuh kelebihan estrogen dapat merugikan kesehatan dan memunculkan aneka penyakit seperti tiroid dan kanker payudara. Namun ternyata kandungan isoflavones dalam kedelai sangat lemah dan tidak jika dikonsumsi oleh tubuh tidak akan menimbulkan gejolak esterogenik berlebih apalagi menimbulkan penyakit.

Kacang kedelai sangat kaya akan nutrisi seperti vitamin B, serat, potasium, magnesium bahkan menjadi salah satu sumber protein tertinggi bagi vegan. Bahkan kacang kedelai sudah masuk ke dalam bahan makanan yang mengandung kesembilan asam amino esensial secara utuh.

Untuk mendapatkan nutrisi lengkap dari kacang kedelai, tentunya kamu harus mengonsumsi produk kacang kedelai versi “utuh”. Seperti susu kacang kedelai (tanpa pemanis buatan), edamame, tahu dan tempe.

Walau kacang kedelai sangat baik bagi tubuh terutama untuk para vegan, kamu tetap harus mengombinasikan aneka protein, karbohidrat dan lemak baik. Jangan hanya memperbanyak kacang kedelai saja, ya! Campur sepiring tempe dengan nasi cokelat/merah dan sayuran, misalnya. Minum susu kedelaimu bersama smoothie buah-buahan, jadi kamu akan mendapatkan vitamin dari berbagai sumber juga menghindari kebosanan dalam makan.

Jadi, jangan takut untuk menikmati olahan kacang kedelai dalam dietmu ya!

PLANTFUL

Sumber thumbnail : www.thespruceeats.com

Sumber : https://www.medicalnewstoday.com/articles/320472#types-and-uses)

https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/confused-about-eating-soy