Blog

4 Pemanis Vegan Untuk Maniskan Takjilmu!

May 1, 2020
/
Food , Health , Veganism
4 Pemanis Vegan Untuk Maniskan Takjilmu! image

Terlalu banyak makan manis tentu tidak disarankan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Meminimalisir penggunaan pemanis buatan tentu sangatlah vital. Madu tentunya bukan pilihan pengganti gula pasir. Lantas, pemanis apa yang bisa digunakan vegan selain gula pasir biasa?

Jika kamu sedang mencari alternatif pemanis yang lebih sehat dan tentunya aman untuk vegan, berikut Plantful sudah rangkum 4 pemanis vegan yang bisa kamu konsumsi dengan aman dan tentunya dapat membuat takjilmu semakin nikmat!

Sirup Agave/Nektar


Pemanis yang rasanya lebih manis dari gula atau madu ini terbuat dari getah tanaman agave. Teksturnya tak sekental madu sehingga sangat cocok untuk dicampur dengan minuman favoritmu karena sirup agave lebih mudah mencair.

Sirup agave juga memiliki kandungan indeks glikemik yang jauh lebih rendah dari pada gula pasir biasa. Walau begitu, sirup agave tetap tinggi fruktosa sehingga disarankan untuk tidak menggunakannya berlebihan, ya! Yang berlebihan kan tidak sehat.

Sirup Maple


Satu lagi pemanis yang berasal dari getah, kali ini asalnya dari getah pohon maple. Sirup maple mirip dengan sirup agave namun warnanya lebih pekat dan rasanya tidak terlalu manis. Biasanya sirup kebanggaan negara Kanada ini digunakan sebagai pengganti gula biasa dalam campuran hidangan penutup/kue-kue.

Sirup maple mengandung banyak nutrisi lho! Bahkan ada studi yang mengatakan bahwa mengonsumsi sirup maple secara teratur bisa mencegah penyakit Alzheimer karena kemampuan sirup ini yang dapat menghentikan penggumpalan protein pada otak.

Sirup Kurma


Proses pembuatan sirup kurma mungkin yang paling natural di antara yang lainnya. Kamu hanya perlu merendam kurma dalam air lalu peras hingga sirup alaminya keluar. Karena prosesnya yang sederhana dan terbilang alami, sirup kurma jadi salah satu alternatif pemanis tersehat. Lho.

Teksturnya lebih kental dari dua sirup sebelumnya. Pas banget nih jadi pemanis dalam kolak favoritmu!

Gula Kelapa


Gula yang satu ini mungkin yang paling mudah ditemukan di supermarket, ya. Gula yang bulirannya berwarna cokelat ini terbuat dari kelapa sawit. Rasanya mirip dengan karamel dan tidak terlalu manis. Cocok banget untuk jadi pengganti gula pasir biasa.

Nah itu dia 4 pemanis vegan yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti pemanis buatan. Rasanya lebih enak dan tentunya berdampak baik untuk tubuh. Selamat menjalankan ibadah puasa, ya veganers!

PLANTFUL