Blog

Efektif Turunkan Berat Badan dengan 6 Menu Plant Based Ini!

June 29, 2020
/
Diet , Health , Life Style
Efektif Turunkan Berat Badan dengan 6 Menu Plant Based Ini! image

Menurunkan berat badan tak harus berlebihan apalagi menyiksa diri agar dapat turun dengan sangat drastis. Proses adalah kunci dalam menurunkan berat badan. Berat badan yang sangat berlebih tanpa mengatur konsumsi harian dengan makanan yang baik dan olahraga tentu saja dapat menyebabkan aneka penyakit komplikasi. Resiko diabetes, penyakit jantung dan stroke lebih tinggi pada penderita obesitas.

Harvard Healthy Food Plate

Sumber : www.health.harvard.edu

Dari berbagai diet turun berat badan yang beragam, diet vegan / plant based masih menjadi pilihan terbaik. Dengan ragam bahan makanan kaya serat, protein dan karbohidrat, diet plant based dipastikan sangat bermanfaat untuk tubuh. Apalagi diet plant based yang sehat biasanya sangat rendah lemak saturasi. Nah, berikut ini 6 menu plant based yang efektif turunkan berat badan. Variannya gak membosankan, lho!

Sayuran Berdaun Gelap

Kenapa harus sayuran berdaun gelap? Mengonsumsi sayuran lain tentu saja tidak mengapa, namun sayuran dengan warna daun yang gelap mengandung lebih banyak vitamin, mineral dan rendah kalori. Bahkan ada beberapa sayuran berdaun gelap yang juga mengandung protein hingga sangat baik untuk tambahan asupan tubuh. Kamu juga akan merasa kenyang lebih lama, lho!

leafy greens

Sumber : www.unlockfood.ca

Sayuran berdaun gelap antara lain adalah : Brokoli, lobak merah, kale, baby spinach, bit, microgreens, romaine lettuce, arugula, bok choy, sawi.

Minyak Sehat Rendah Lemak

Sebisa mungkin penggunaan minyak dalam masakan memang dikurangi, namun jika masih belum bisa melakukannya, gantilah minyak masakmu dengan minyak sehat rendah lemak.

Pohon Zaitun

Sumber : www.instagram.com/maedaya.olive

Minyak zaitun dan canola adalah salah satu minyak rendah lemak yang terjangkau dan mudah ditemukan.

Air mineral, teh dan kopi

Meminum air mineral sangat penting tak hanya dalam diet plant based tetapi juga untuk kehidupan sehari-hari. Untuk teh dan kopi, jangan menggunakan pemanis berlebih dan hindari juga mengonsumsi dairy products seperti susu, yogurt, keju dan mentega. Ganti dengan susu berbahan dasar tumbuhan.

Gandum Utuh

Wheat

Sumber : www.instagram.com/scorpionmind

Makanan yang mengandung gandum utuh juga jadi kunci dalam keberhasilan diet plant based. Gandum utuh dalam oatmeal, roti, pasta dan beras cokelat sangat disarankan untuk ditambah dalam menu sehari-hari. Selain sebagai sumber serat, gandum utuh juga merupakan sumber karbohidrat terbaik. Yang penting hindari olahan gandum ya, hanya konsumsi gandum utuh!

Protein Sehat

Kacang-kacangan

Sumber : www.instagram.com/vegainsfood

Jika kamu belum bisa menjalani diet vegan penuh waktu, maka sumber proteinmu bisa didapatkan dari ikan, poultry juga kacang-kacangan dan polong. Kurangi konsumsi daging merah juga daging proses, bahkan jika memungkinkan, hindari sama sekali daging merah.

Aneka Buah Musiman

Buah juga penting! Manis dalam buah memang terkesan meragukan mengingat gula adalah salah satu bahan yang sebaiknya diminimalisir, namun buah mengandung gula alami yang jauh lebih baik untuk tubuh dari pada pemanis buatan. Kamu tidak perlu membeli buah-buah import untuk mendapatkan nutrisi tambahan. Beli saja buah musiman yang tersedia di daerahmu! Selain dapat membantu petani lokal, buah musiman harganya jauh lebih murah, jadi bisa irit.

Selain mengonsumsi 6 menu plant based di atas dalam misi menurunkan berat badan, jangan lupa untuk berolahraga, ya! Olahraga tidak perlu mahal-mahal ke tempat gym, ada banyak pilihan olahraga murah yang bisa kamu lakukan di rumah selama pandemi covid-19. Stay safe teman-teman!

PLANTFUL