Blog

Dari Mana Sumber Kalsium Vegan?

July 15, 2020
/
Diet , Food , Veganism
Dari Mana Sumber Kalsium Vegan? image

Tak hanya sumber protein yang sering ditanyakan kepada mereka dengan pola hidup vegan, sumber kalsium juga menjadi pertanyaan yang acap kali dilontarkan. Manusia memerlukan aneka macam vitamin dan mineral harian yang kemudian diproses oleh tubuh untuk menguatkan imun, menghasilkan energi, dan tentu saja menjaga kesehatan seluruh organ. Kalsium adalah salah satunya. Mineral ini diperlukan guna menjaga kekuatan serta pertumbuhan tulang serta gigi.

Dalam satu hari, orang dewasa memerlukan asupan 1000 mg kalsium guna mencegah penyakit-penyakit tulang seperti osteoporosis terutama di masa tua.

Biasanya kalsium didapatkan dari produk susu hewani, namun ternyata terdapat banyak sumber kalsium yang dapat dikonsumsi oleh vegan.

Dari Mana Sumber Kalsium Vegan?

Sumber : www.onegreenplanet.org

Hidangan berbasis kedelai adalah salah satu sumber kalsium vegan yang sering kita temui. Tahu misalnya, mengandung 350 mg kalsium per 100 gram. Belum lagi kandungan serat, protein dan mineral yang juga diperlukan oleh tubuh. Menjadikan hidangan berbasis kacang kedelai semakin istimewa untuk para vegan.

View this post on Instagram

A post shared by Petra Holländer (@homovirido) on

Tak hanya itu, sumber kalsium vegan juga bisa didapatkan dari sayuran seperti kale, brokoli, kangkung, pakcoy dan kembang kol yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Kamu juga bisa menambahkan ekstra kacang-kacangan, biji chia, granola dan cereal agar asupan kalsium harian dapat terpenuhi.

Semua bahan makanan di atas tak hanya mengandung mineral kalsium saja. Jika dikombinasikan, seluruh vitamin dan mineral harian sudah terpenuhi. Siapa bilang menjadi vegan tak bisa sehat?

Untuk Informasi tambahan mengenai sumber kalsium vegan, klik di sini!

PLANTFUL