Blog

Daun Kelor, Superfood Dengan Sejuta Manfaat

July 20, 2020
/
Food , Health
Daun Kelor, Superfood Dengan Sejuta Manfaat image

Bentuk daunnya unik, mudah ditemui di lingkungan tempat tinggal kita dan telah dinyatakan sebagai salah satu superfood karena manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh. Bukan, bukan kale, tetapi daun kelor atau moringa.

Daun kelor dapat ditemui di negara-negara tropis dan subtropis sehingga sangat mudah bagi kita yang tinggal di Indonesia untuk mengakses superfood satu-satu ini. Studi menyatakan bahwa daun kelor kandungan nutrisi tinggi sehingga sangat baik untuk digunakan dalam pembuatan obat farmasi. Belum lagi setiap bagian dari tumbuhan kelor yang memiliki aneka vitamin, mineral, dan menjadi salah satu sumber protein terbaik.

View this post on Instagram

A post shared by harnina ika (@harninaika) on

Tak hanya berhenti di situ saja, konsumsi daun kelor juga dapat menurunkan kadar gula darah (tidak dengan versi bubuk), sumber antioksidan serta anti inflamasi. Dalam studi yang dipublikasikan pada tahun 2016 lalu juga menyatakan bahwa meminum suplemen dengan kandungan biji daun kelor seberat 750 mg setiap hari selama delapan minggu dapat memperbaiki fungsi diastolik jantung.

Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan untuk mengonsumsi daun kelor karena dapat menyebabkan buang air kecil berlebihan, namun tetap berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Lalu bagaimana sih caranya menambahkan daun kelor segar dalam hidangan sehari-hari? Sulitkah?

View this post on Instagram

A post shared by Little Green Dot (@littlegreendot) on

Tentu saja tidak, kamu bisa membuat sayur bening dengan daun kelor yang mirip dengan sayur bayam. Atau menambahkannya dalam hidangan sop sayur. Dijadikan pecel sebagai pengganti kangkung juga bisa, lho!

Kalau kamu tidak terlalu suka mengonsumsinya secara utuh, tambahkan saja bubuk daun kelor pada air putih atau smoothie pagimu. Yang penting jangan melewatkan daun kelor dalam daftar superfoodmu, ya! Harganya pun jauh lebih terjangkau dari superfood lainya.

Sumber studi : 

http://journal.waocp.org/?sid=Entrez:PubMed&id=pmid:25374169&key=2014.15.20.8571

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/ptr.2023

https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/science-backed-health-benefits-moringa-powder/

PLANTFUL