Blog

5 Manfaat Spektakuler Kimchi, Si Panganan Favorit Oppa dan Unnie

August 23, 2020
/
Diet , Food , Health
5 Manfaat Spektakuler Kimchi, Si Panganan Favorit Oppa dan Unnie image

Dengan akrabnya kita dengan budaya negeri Ginseng selama sepuluh tahun terakhir ini, tak ada lagi yang terasa asing di telinga ketika mendengar hal-hal berbau Korea. Mulai dari musik, pakaian, apalagi ragam kulinernya. Restoran khas Korea pun tidak sedikit kita temui. Jadi sangat memudahkan kita untuk tahu dan merasakan makanan khas walau belum berkunjung langsung ke Korea.

View this post on Instagram

A post shared by Hyosun -- Korean Bapsang (@koreanbapsang) on

Kimchi adalah panganan paling populer baik di Korea sendiri maupun di negara-negara lain, terutama Indonesia. Hidangan yang terbuat dari fermentasi sayur (kubis napa adalah yang paling umum namun ada ratusan resep lain) dengan kaldu dan bubuk cabai ini merupakan makanan pendamping yang wajib ada di setiap waktu makan orang Korea. Biasanya disajikan bersama nasi serta lauk-pauk. Atau sering kali dijadikan campuran pada hidangan tertentu seperti nasi goreng, sup, panekuk, dan lain sebagainya.

View this post on Instagram

A post shared by mycultureis (@mycultureis_official) on

Walau terlihat seperti lauk biasa, kimchi mengandung banyak manfaat spektakuler untuk kesehatan. Kandungan probiotik di dalam kimchi yang didapat dari proses fermentasi lah alasan mengapa kimchi istimewa. Belum percaya? Yuk baca daftar 5 manfaat spektakuler kimchi berikut ini!

Rendah Kalori, Rendah Gula
Kimchi tentu saja menjadi makanan pendamping terbaik bagi kamu yang sedang diet. Jika disesuaikan dengan standar, kimchi kubis mengandung 40 kalori pada setiap 100 gramnya. Juga mengandung 1.1 gram protein, 0.4 gram lemak, 0.3 gram gula. Walau begitu, kebanyakan kimchi mengandung garam yang tinggi, jadi harus cek-cek lagi, ya kandungan dalam kimchi yang kamu beli.

Memperindah Kulit dan Rambut


Kandungan selenium pada bawang putih yang merupakan salah satu bahan utama pembuatan kimchi sangat sehat untuk kulit dan rambut. Selenium merupakan bagian dari glutathione yang dapat menyusun kembali kandungan vitamin c. Mengonsumsi kimchi secara teratur juga dapat mencegah keriput pada wajah, lho!

Memperlambat Proses Penuaan
Setelah proses fermentasi selama dua minggu sejak dibuat, kimchi mengandung limpahan antioksidan yang berperan penting untuk menghambat oksidasi sel. Gak heran ya kalau orang Korea nampak awet muda.

Mencegah Kanker Perut
Studi yang dipublikasikan oleh Universitas Chungnam menyebutkan bahwa kubis dan lobak yang terdapat dalam kimchi mengandung biokimia seperti isosianat dan sulfida. Dua unsur ini sangat bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun pada liver, usus halus serta ginjal yang dapat menyebabkan kanker perut.

Meningkatkan Imun

View this post on Instagram

A post shared by SBS Food (@sbsfood) on


Menurut studi, 75% sistem imun tubuh terdapat dalam sistem pencernaan berkat makanan dan minuman yang kita konsumsi. Oleh karena itu, mengonsumsi kimchi yang kaya akan probiotik dapat meningkatkan imunitas. Kubis sudah terbukti memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Itu dia 5 manfaat spektakuler kimchi yang pasti langsung bikin kamu kepengin buru-buru melahapnya. Kebanyakan kimchi masih mengandung hewani (boga bahari), tetapi kamu bisa mencari produk kimchi yang 100% vegan, kok!

Thumbnail source : www.instagram.com/okonomikitchen

PLANTFUL