Blog

Veg News : Virus Covid-19 Hidup Dalam Daging Beku Hingga 3 Minggu

August 28, 2020
/
Health , News
Veg News : Virus Covid-19 Hidup Dalam Daging Beku Hingga 3 Minggu image

Studi baru oleh peneliti yang diunggah dalam website BioRxiv menemukan bahwa Covid-19 dapat hidup pada daging hewani sepanjang waktu dan suhu yang diperlukan dalam pengiriman (impor/ekspor). Peneliti melakukan percobaan dengan menaruh virus pada potongan daging lalu disimpan dalam tiga suhu yang berbeda (4°C, –20°C dan –80°C) selama tiga minggu. Ketiga suhu ini disesuaikan dengan suhu standar untuk pengiriman skala internasional. Hasilnya, setelah 21 hari virus SARS-CoV-2 masih tinggal di sampel.

Penemuan ini pun dapat menjadi penjelasan mengapa negara-negara dengan nol kasus seperti New Zealand, Vietnam, kembali diguncang oleh wabah Covid-19.

WHO pernah menjelaskan bahwa kemungkinan untuk seseorang tertular melalui makanan atau packaging sangat kecil. Namun dengan adanya penemuan baru, regulasi dalam penanganan makanan sebaiknya diulas kembali. Karena penularan melalui makanan sebetulnya disebabkan oleh beberapa hal. Seperti pegawai rumah potong hewan yang terinfeksi virus dan bertugas memotong daging/mengemas. Bisa juga dari mereka yang bertugas untuk mengantar (dalam impor/ekspor).

Ada beberapa contoh kasus klaster Covid-19 di tempat pemotongan hewan. Di Jerman misalnya, 1500 pegawai tempat penyembelihan hewan terbesar dinyatakan positif terserang Covid-19. RRC menghentikan impor salmon dari Eropa serta beberapa jenis makanan impor dari negara-negara terdampak Covid-19 pada Juni lalu setelah ditemukan virus pada daging salmon.

Walau begitu, studi ini masih belum ditelaah lebih lanjut sehingga berbagai pertanyaan belum terjawab. Misalnya apakah setelah dimasak dengan temperatur tinggi, virus akan menghilang? Apakah virus dapat menyebar ke atas permukaan benda-benda lainnya?

Menjaga kebersihan alat masak tentu harus dilakukan terutama bagi para pebisnis di bidang food and beverage. Kita juga perlu untuk selalu update mengenai studi-studi terbaru dan membacanya dari sumber/jurnal terpercaya! Makanan Plantful tentu saja kebersihannya terpercaya, jadi kamu gak usah khawatir untuk menikmati menu katering Plantful. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan, ya!

PLANTFUL