Blog

Vietnam Resmi Tutup Pasar Satwa Liar Demi Perangi Covid-19

August 24, 2020
/
News
Vietnam Resmi Tutup Pasar Satwa Liar Demi Perangi Covid-19 image

Pada 23 Juli lalu, perdana menteri Vietnam, Nguyễn Xuân Phúc, resmi menandatangani perintah untuk menutup pasar perdagangan serta impor satwa liar sebagai pencegahan bertambahnya penyebaran virus covid-19 di Vietnam. 

Sebelumnya petisi untuk menutup pasar satwa liar telah dibicarakan oleh Humane Society International Vietnam sejak pertama kali wabah covid-19 sampai di Vietnam pada awal tahun 2020. Pihak Humane Society International Vietnam menyurati perdana menteri untuk dengan segera menutup pasar satwa liar dan menghentikan konsumsi daging hewan liar yang erat hubungannya dengan wabah covid-19. Studi menyebutkan bahwa covid-19 kemungkinan besar berasal dari suatu pasar basah di kota Wuhan, RRC yang kemudian menjangkit manusia.

Keputusan perdana menteri Nguyễn tentu disambut baik oleh para pegiat lingkungan. Berdasarkan studi, 75% penyakit menular adalah penyakit zoonosis. Pasar satwa liar/pasar basah memang kerap kali menjadi sumber dari virus-virus bawaan hewan yang dapat menularkannya pada manusia. Seperti Ebola, SARS, dan lainnya. 

Keputusan untuk menutup pasar satwa liar adalah langkah yang tepat. Oleh karena itu Vietnam menjadi salah satu negara dengan penanganan covid-19 terbaik walau kini sedang diterpa gelombang kedua.

PLANTFUL