Blog

  • Bosan Olahraga di Rumah? Tengok 4 Youtuber Olahraga Ini Aja!

    September 30, 2020
    /
    Health , Life Style
    Bosan Olahraga di Rumah? Tengok 4 Youtuber Olahraga Ini Aja! image

    Situasi saat ini memerlukan kita untuk menahan diri keluar rumah. Tempat olahraga di beberapa wilayah ditutup, berolahraga di ruangan terbuka apalagi ramai-ramai sangat tidak disarankan. Lalu apa kita gak bisa berolahraga di rumah aja?

    Eitsss!! Tentu saja kita bisa tetap bugar walau olahraga di rumah, lho. Ada banyak pusat kebugaran yang kini membuka kelas daring sehingga kamu bisa ikutan kelas-kelasnya via video meeting. Ada juga aneka aplikasi olahraga yang dapat membantu kamu latihan sesuai dengan jadwal. Gak suka pakai aplikasi? Tenaaaang, ada banyak video olahraga di Youtube yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Banyak instruktur profesional yang siap mengajarkan dan tentunya memotivasi walau komunikasinya satu arah. Bingung pilih video olahraga yang mana? Niih Plantful bantuin dengan daftar 4 youtuber olahraga favorit Plantful!

    SKWAD Fitness
    Belum biasa olahraga tetapi ingin mulai dari yang gampang-gampang? Kanal SKWAD Fitness kayaknya cocok nih, karena di sini kamu akan nemuin banyak video-video yang khusus dipersembahkan untuk para pemula. Jadi olahraganya gak terlalu berat sampai kamu bisa menyesuaikan ke tahap selanjutnya.

    View this post on Instagram

    A post shared by SKWAD Fitness #OlahragaDiRumah (@skwadfitness) on

    Olahraganya juga gak ngebosenin, lho! Dari Aerobik sampai HIIT bisa kamu temukan di kanal SKWAD Fitness.

    Penyogastar Official
    Kepengin belajar yoga tetapi belum bisa ikutan kelas langsung? Tenang, ada kanal Penyogastar Official yang bakal ngajarin kamu aneka gerakan yoga dari level pemula.

    View this post on Instagram

    A post shared by Fajar Putra (@penyogastar) on

    Dalam video-video Penyogastar, kamu juga akan menemukan video yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya kamu kesulitan tidur, atau sakit pinggang, Penyogastar akan membantu dengan video yang telah diunggah.

    Salsalivefit

    View this post on Instagram

    A post shared by Salsalivefit (@salsalivefit) on


    Mau olahraga yang lebih seru dan aktif dari kepala sampai kaki? Langsung aja tengok video olahraganya Salsalivefit! Cardio, yoga, hiit, sampai olahraga jalan kaki 5000 langkah di rumah pun tersedia di kanal Salsalivefit. Gak perlu kuatir kalau alat olahraga mu nggak lengkap kok!

    Fit With Mel
    Kamu tahu gak kalau olahraga lari juga perlu persiapan yang matang? Apalagi kalau mau mengikuti marathon. Nah, biar gak bingung apa saja sih persiapan yang harus dilakukan sebelum mulai lari, kamu bisa berkunjung ke kanal Youtube Fit with Mel by Melanie Putrie, mantan Puteri Indonesia 2002.

    View this post on Instagram

    A post shared by Melanie Putria (@melanieputria) on

    Di sini kamu bisa temuin banyak tips dan trik olahraga lari yang dibumbui dengan motivasi dari Melanie agar kamu tetap semangat mencapai goals larimu.

    Gimana nih 4 youtuber olahraga favorit Plantful di atas? Sudah tergerak belum untuk tetap bugar di rumah? Ayoooo bergerak demi meningkatkan metabolisme tubuh agar sehat di tengah pandemi dan jangan lupa pesan plant based catering-nya Plantful, ya!

    Sumber thumbnail : Karolina Grabowska from Pexels

    PLANTFUL


  • 3 Diet Ekstrem ala Selebriti Ini Mendingan Jangan Ditiru!

    September 30, 2020
    /
    Diet , Entertainment
    3 Diet Ekstrem ala Selebriti Ini Mendingan Jangan Ditiru! image

    Pola makan sehat dan bergizi adalah yang paling baik untuk tubuh. Baik vegan, vegetarian, pascatarian, flexitarian maupun konsumsi daging hewani sekalipun, harus sehat dan penuh nutrisi. Menghindari makanan yang tidak berperan dalam memberi nutrisi harian tubuh sebaiknya dijadikan kebiasaan. Agar imun semakin kuat dan tubuh tak gampang terkena sakit.

    Alasan diet seseorang pasti berbeda-beda. Ada yang melakukan diet karena alasan kesehatan, ada juga yang demi menjaga lingkungan. Banyak juga yang melakukan diet untuk menjaga penampilan, seperti yang biasa dilakukan oleh para selebriti lokal maupun Hollywood.

    Saking harusnya menjaga penampilan demi profesi, ada lho selebriti yang sampai harus melakukan diet ekstrem yang sebenarnya sangat berbahaya. Apalagi kalau tidak didampingi oleh ahli gizi. Se-ekstrem apa sih diet-diet selebriti tersebut?

    BEYONCE - Master Cleanse

    View this post on Instagram

    A post shared by Beyoncé (@beyonce) on


    Pada tahun 2016, Beyonce terpaksa melakukan diet ekstrem bernama Master Cleanse demi perannya dalam film Dreamgirls. Diet master cleanse ini adalah diet cairan. Jadi, Beyonce hanya boleh meminum air lemon dengan secubit bubuk cayenne setiap hari. Beyonce boleh libur diet sekali dalam satu minggu, itu pun hanya boleh makan pizza dan minum wine, lho! Gak kebayang yah betapa menderitanya kalau ikut-ikutan diet master cleanse.

    Shailene Woodley & Christian Bale - 350 Kalori

    View this post on Instagram

    A post shared by shailene woodley (@shailenewoodley) on


    Demi perannya dalam film Adrift, Shailene hanya boleh mengonsumsi makanan sebanyak 350 kalori sehari selama dua minggu penuh. Tak hanya itu, Ia juga harus tetap berolahraga dan melatih dirinya untuk berlayar. Selama dua minggu itu, Shailene memakan salmon kaleng, beberapa buah brokoli kukus, dan dua buah telur kuning.

    View this post on Instagram

    A post shared by Christian Bale (@christianbale_) on

    Diet serupa juga diikuti oleh Christian Bale saat Ia harus berperan dalam film The Machinist. Ia diwajibkan untuk menurunkan berat badan hingga 27 kg dalam empat bulan. Makanannya setiap hari hanyalah sekaleng tuna dan sebuah apel. Ughhhh, jangan ditiru yah!

    Yesung Super Junior - Diet Biskuit

    View this post on Instagram

    A post shared by Yesung (@yesung1106) on


    Dalam bincang-bincang di acara Super Tv, Yesung mengungkapkan bahwa Ia pernah menjalani diet ekstrem dengan hanya memakan dua buah biskuit setiap hari. Ia memang mendapatkan tubuh idaman, namun tentu saja Yesung tahu bahwa diet ini sangat berbahaya dan kini Ia tak lagi menjalani diet itu.

    Ekstrem banget kan diet-diet ala selebriti di atas. Setiap kali kita hendak melakukan diet, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli gizi dan mendengarkan kata tubuh. Jangan sampai diet yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh justru membahayakan diri. Tidak ada yang instan, begitu pun dalam diet. Tetap makan yang sehat, bergizi dan mengandung banyak vitamin, lalu jangan lupa untuk berolahraga, ya!

    Sumber thumbnail : The Lazy Artist Gallery from Pexels

    PLANTFUL


  • 5 Kunci Utama Hindari Food Waste

    September 29, 2020
    /
    Life Style , sustainable
    5 Kunci Utama Hindari Food Waste image

    Food waste atau pemborosan pangan adalah masalah serius yang sedang dihadapi oleh seluruh manusia di bumi. Banyak faktor yang mendukung food waste, mulai dari produksi rumah tangga yang berlebih, hingga sifat konsumtif yang meracuni masyarakat dari berbagai kalangan.

    View this post on Instagram

    A post shared by James Wythe (@healthylivingjames) on

    Indonesia sendiri masuk ke dalam daftar negara dengan food waste tertinggi yaitu sebanyak 300kg per tahun. Paling banyak berasal dari swalayan dan sampah rumah tangga. Padahal di Indonesia masih banyak anak-anak yang kekurangan gizi. Keadaan ini tentunya sangat memprihatinkan.

    Menghindari food waste bukanlah perkara mudah. Regulasi ketat seharusnya dikerahkan oleh pemerintah sehingga menjadi pancang yang kuat untuk mengurangi permasalahan. Namun kita belum menemui tanda-tanda keseriusan baik dalam pencegahan maupun pengurangan. Oleh karena itu, langkah kecil dari tiap individu sesungguhnya dapat perlahan membantu masalah food waste. Berikut ini 5 kunci utama untuk menghindari food waste.

    Meal Plan
    Menyiapkan makanan untuk beberapa hari kedepan sangat efektif untuk mengurangi masak-masak berlebihan.

    View this post on Instagram

    A post shared by Steph | Meal Plan Addict (@mealplanaddict) on

    Siapkan dua sampai tiga menu yang bisa kamu simpan selama beberapa hari dan mudah untuk dipanaskan. Sekarang sudah banyak lho resep-resep meal prep yang tidak membosankan dan hemat kantong!

    Belanja Bahan yang Memang Akan Digunakan
    Dan dalam jumlah besar! Tetapi kamu harus benar-benar memastikan bahwa bahan-bahan yang kamu beli digunakan. Membeli bahan tertentu dalam jumlah besar (seperti beras, oat, bumbu) akan jauh lebih murah dan tidak membuatmu harus bolak-balik jika kehabisan. Dengan ini juga bisa menghindari kamu dari membeli bahan-bahan yang terlalu cepat basi.

    Simpan Makanan Di Freezer
    Untuk bahan-bahan atau makanan yang tidak langsung kamu makan sebaiknya disimpan dalam freezer. Membuang makanan basi seringkali kita lakukan karena cara menyimpan yang tidak benar. Buah adalah salah satu bahan yang sering kita buang karena basi. Bersihkan buah yang kamu beli, kupas kulitnya jika perlu, potong kecil-kecil dan simpan dalam wadah di freezer. Selain awet, kamu juga bisa membuat smoothie dari buah beku.

    Gunakan Semua Bagian!

    View this post on Instagram

    A post shared by


  • 5 Cara Asyik Bikin Jalan Kaki Jadi Menyenangkan

    September 29, 2020
    /
    Health , Life Style
    5 Cara Asyik Bikin Jalan Kaki Jadi Menyenangkan image

    Olahraga jalan kaki adalah olahraga paling hemat biaya dengan sejuta manfaat. Dengan berjalan kaki secara rutin, kamu bisa menurunkan berat badan, membangkitkan stamina, menguatkan otot dan tentunya membakar kalori yang tidak sedikit.


    Sayangnya, berjalan kaki kerap kali jadi olahraga terakhir yang dipilih walaupun murah. Udara yang penuh polusi, cuaca yang terik, dan buruknya pedestrian menjadi satu dari berbagai alasan mengapa jalan kaki menjadi tidak menyenangkan.

    Padahal menurut studi, 15.000 langkah sehari adalah angka yang tepat untuk menurunkan resiko terkena penyakit metabolisme. Walau begitu, 10.000 langkah per hari juga tidak apa-apa lho kalau kamu merasa 15.000 terlalu tinggi dan nampak melelahkan, hehe.

    Naaaah, bagaimana sih caranya untuk bikin jalan kaki jadi olahraga yang menyenangkan?

    Jadikan Kebiasaan
    Ayooooo bangkit! Selama kamu masih sehat-sehat saja, usahakan untuk berjalan kaki di manapun, kapanpun! Naik tangga misalnya, dari pada menggunakan lift/eskalator. Berjalan kaki ke warung dari pada naik motor. Setelah turun dari kendaraan umum menuju kantor jangan pesan ojek daring, tetapi berjalan kaki. Perlahan jadikan jalan kaki kebiasaan baik, tak hanya untuk jalan-jalan di mall saja.

    Pilih Tempat Jalan yang Nyaman
    Kalau kamu mau fokus untuk berolahraga jalan kaki, pilihlah tempat yang membuatmu nyaman. Jauh dari keramaian, tidak banyak kendaran lalu lalang. Misalnya berjalan kaki keliling perumahan tempat tinggal, atau di taman, atau bisa juga di gedung olahraga seperti GBK.

    Dengarkan Musik
    Sama dengan jogging, mendengarkan musik juga membuat jalan kaki jadi lebih menyenangkan, lho. Asalkan dengerin musiknya di tempat yang seharunya, ya! Kalau mau menyebrang jalan sebaiknya jangan sambil dengerin lagu, bisa bahaya!

    Pakai Aplikasi
    Untuk menghitung langkah harianmu. Selain bisa buat motivasi, kamu jadi bisa mengukur kemampuan berjalanmu.


    Pakai Alas Kaki yang Nyaman
    Pilih sepatu khusus lari/olahraga lebih baik guna membuat nyaman kaki. Selain itu, alas kaki yang nyaman juga dapat menghindarkan kita dari luka dan memperbaiki struktur telapak kaki. Tetapi, kamu juga bisa kok olahraga jalan dengan bertelanjang kaki. Asalkan jangan jalan kaki tanpa alas di jalanan penuh beling yaaa, kalau itu hanya bisa dilakukan oleh kuda lumping dan ahli debus, hehe.

    Itu dia 5 cara asyik bikin jalan kaki jadi menyenangkan. Yuk jadikan olahraga jalan kaki kebiasaan baik demi menjaga kesehatanmu!

    PLANTFUL


  • Tokoh Vegan Bulan September : Sophia Latjuba

    September 28, 2020
    /
    Entertainment , Veganism
    Tokoh Vegan Bulan September : Sophia Latjuba image

    Kamu tidak akan menyangka kalau aktris Tanah Air kelahiran Jerman ini usianya sudah mencapai 50 tahun. Kiprahnya di dunia entertainment tidak boleh dianggap remeh. Belum lagi komitmennya yang begitu besar dalam veganisme dan olahraga yoga, kita semua dibuat iri olehnya! Ini dia tokoh vegan bulan September pilihan Plantful, Sophia Latjuba!

    View this post on Instagram

    A post shared by Sophia Latjuba (@sophia_latjuba88) on

    Bertahun-tahun Sophia Latjuba telah menjalani pola hidup vegan. Tentu saja tidak hanya dalam pola makan saja. Ia juga menerapkan veganisme dalam berbagai aspek hidupnya. Menurut wawancara dengan Sophia pada 2018 lalu bersama DetikFood, Sophia menyatakan bahwa pilihannya menjadi vegan adalah demi hak asasi hewan.

    View this post on Instagram

    A post shared by Sophia Latjuba (@sophia_latjuba88) on

    Alasan kesehatan bukan menjadi faktor utama karena menurutnya respon tubuh orang pada diet-diet tertentu pastilah berbeda. Sophia menegaskan bahwa hidup manusia di bumi haruslah selaras dengan makhluk lainnya. Dengan tidak mengonsumsi produk hewani, keselarasan hidup bersama dapat tercapai.

    Sophia juga menyayangkan sifat konsumtif masyarakat di seluruh dunia yang semakin menjadi. Karena perilaku konsumtif pasti selalu berhubungan dengan kerusakan alam.

    View this post on Instagram

    A post shared by Sophia Latjuba (@sophia_latjuba88) on

    Menjadi vegan di Indonesia bukanlah hal yang sulit menurut Sophia. Ia bisa dengan santai melenggang masuk ke warteg dan memesan aneka sayur-mayur yang tersedia lalu keluar dengan perut kenyang tanpa harus mengonsumsi makanan berbasis hewani. Ia lebih gemar memasak sendiri makanannya, karena sudah pasti lebih sehat dan terjamin bahan-bahan yang digunakan. Sophia pun sesekali mengunggah video masaknya bersama sang anak, Eva Celia.

    View this post on Instagram

    A post shared by Sophia Latjuba (@sophia_latjuba88) on

    Selain aktif menyuarakan pola hidup veganisme bersama Eva Celia, Sophia kini juga berprofesi sebagai yogis (instruktur yoga) dan ikut mempromosikan manfaat olahraga yoga. Lewat video-video yoga yang diunggah pada akun Instagramnya, Sophia pun berhasil menarik perhatian netizen. Ia membuktikan bahwa usia bukan masalah untuk tetap bugar dan fleksibel.

    Sophia Latjuba memang paket lengkap, ya! Semoga semangatnya untuk hidup sehat dan bahagia juga menular ke kita semua!

    Sumber thumbnail : www.instagram.com/sophia_latjuba88

    PLANTFUL


  • Menghindari 'Bloating' Saat Diet Plant Based

    September 26, 2020
    /
    Diet , Health
    Menghindari 'Bloating' Saat Diet Plant Based image

    Perut ‘bloating’ atau kembung dan bergas sering ditemui saat menjalani pola makan tertentu. Hal ini tentu saja normal jika kamu mengonsumsi makanan yang sehat. Berebeda dengan bloating yang didapat dari mengonsumsi gula serta lemak berlebih.

    Dalam diet plant based, bloating juga tak terelakkan. Perut terkadang membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang kita konsumsi sehingga sedikit menggembung setelah makan. Walau normal, ada kalanya bloating bisa mengganggu. Terutama ketika bloating jadi menghasilkan gas berlebih dan membuat perut terasa tak nyaman.

    Bagaimana cara mengindari bloating saat diet plant based?

    View this post on Instagram

    A post shared by Plant-Based / Vegan (@plantful.id) on

    Kurangi Porsi Makan
    Bukan tidak makan sama sekali, namun kurangi porsi makan dalam satu waktu. Misalnya porsi makan siang menjadi setengahnya saja dan siapkan makanan ringan sehat untuk di makan di jam-jam berikutnya. Hal ini dapat memberi waktu bagi sistem pencernaan untuk mencerna makananmu.

    Mengunyah Lebih Lambat
    Hayoooo siapa di sini yang makannya cepat bak tidak dikunyah? Mengunyah makanan yang lama ternyata sangat berperan penting dalam menghindari bloating dan buncit. Banyaknya gas dalam sistem gastrointestinal kita didapat saat kita menghirup udara (melalui mulut). Mengunyah makanan dengan baik dalam waktu yang lebih lama dapat menangkal udara tambahan yang tertelan. Hmmm, karena ini juga ya kalau makan sebaiknya gak sambil bicara.

    Minum Air Putih!
    Dari semua diet, minum air putih pastilah yang selalu disarankan. Mengapa sih harus minum air putih? Selain jadi sumber oksigen tambahan dan memang karena tubuh memerlukan air, minum air putih membantu pergerakan seluruh organ dalam terutama lambung. Makanan yang kita makan akan lebih mudah untuk bergerak ke sistem pencernaan dengan air.

    Kurangi Minuman Kafein, Alkohol dan Soda
    Ini sudah pasti banget, ya? Minuman-minuman kafein (kopi, teh, minuman berenergi), alkohol dan soda akan menambah gas pada perut sehingga membuat perut tidak nyaman. Perhatikan takaran minummu atau kalau memungkinkan, hindari sama sekali dan fokus dengan air putih/jus buah murni.

    Ternyata mudah banget ya menghindari bloating! Kalau kamu sudah melakukan 4 cara menghindari bloating saat diet plant based di atas tetapi tetap kembung, jangan kecewa! Selama kamu merasa baik-baik saja dan tidak mengalami sakit, bloating sangat normal. Bisa saja hormon terutama perempuan yang akan menstruasi. Tetap semangat dan jaga kesehatan!

    PLANTFUL


  • Beras Merah vs Beras Cokelat : Pilih yang Mana?

    September 25, 2020
    /
    Food , Health
    Beras Merah vs Beras Cokelat : Pilih yang Mana? image

    Nasi sudah lama dianggap sebagai sumber karbohidrat sebagian besar orang Asia terutama di Indonesia. Aneka menu nasi tradisional yang bervariasi menunjukkan betapa besarnya peran nasi dalam budaya kita. Namun, apakah harus selalu beras putih yang menjadi bintang utama?

    Beras putih sendiri masih menjadi perdebatan karena dianggap tak lagi memberikan gizi dan vitamin. Proses pembuatan beras putih yang sering kali tidak sustainable menghilangkan sebagian besar vitamin sehingga saat dimakan, kita tak mendapat banyak gizi darinya. Walau beras putih memang terbukti lezat, ada lho alternatif beras lain yang lebih sehat dan tidak kalah enak. Salah satunya adalah beras merah dan beras cokelat.

    Bagi kamu yang sedang diet untuk menjaga berat badan, pasti tidak asing dengan beras merah atau beras cokelat. Keduanya digemari karena dianggap lebih mengenyangkan, berserat tinggi dan minim kandungan gula. Tapi, beras mana yang lebih sehat? Beras merah, atau beras cokelat?

    Beras Merah
    Bagaimana bisa beras merah berwarna merah keunguan? Ini karena beras merah mengandung senyawa antosianin yang biasa terdapat dalam buah blueberry dan sayuran berwarna ungu. Kandungan antosianin pada beras merah membuatnya menjadi lebih bernutrisi daripada beras lainnya. Peran antosianin dalam mengendalikan kadar kolestrol dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung, lho!

    View this post on Instagram

    A post shared by Erica Ferraroni (@ferraronierica) on

    Beras merah juga mengandung serat tertinggi di antara beras lainnya, yaitu 6,2 gram per 100 gram beras.

    Kamu bisa memilih mau beras merah yang masih memiliki kulit ari atau tidak. Mana saja yang sesuai dengan selera.

    Beras Cokelat
    Beras yang warnanya mirip nasi goreng ini hanya melalui sekali proses penggilingan untuk menghilangkan bagian terluar kulit ari beras saja, tetapi masih memiliki sisa kulit sehingga masih berwarna kecokelatan. Proses ini juga menjadikan beras cokelat lebih bernutrisi dari beras putih.

    Beras cokelat kaya akan magnesium, zinc dan zat besi dengan serat sebanyak 3,1 gram per 100 gram beras. Beras yang satu ini selalu dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Harga beras cokelat juga tidak semahal beras merah sehingga cocok sebagai alternatif murah pengganti beras putih.
     
    View this post on Instagram

    A post shared by RACHEL SCOULAR DIETITIAN (@healthyhappyhabits) on

    Kedua beras ini sama-sama sehat walau beras merah memang terbukti memiliki nutrisi dan serat yang lebih banyak dari beras cokelat. Dalam diet, yang penting adalah menyesuaikan porsi agar tidak kekurangan apalagi kelebihan. Kalau kamu, beras mana yang menjadi pilihanmu?

    PLANTFUL