Blog

5 Cara Asyik Bikin Jalan Kaki Jadi Menyenangkan

September 29, 2020
/
Health , Life Style
5 Cara Asyik Bikin Jalan Kaki Jadi Menyenangkan image

Olahraga jalan kaki adalah olahraga paling hemat biaya dengan sejuta manfaat. Dengan berjalan kaki secara rutin, kamu bisa menurunkan berat badan, membangkitkan stamina, menguatkan otot dan tentunya membakar kalori yang tidak sedikit.


Sayangnya, berjalan kaki kerap kali jadi olahraga terakhir yang dipilih walaupun murah. Udara yang penuh polusi, cuaca yang terik, dan buruknya pedestrian menjadi satu dari berbagai alasan mengapa jalan kaki menjadi tidak menyenangkan.

Padahal menurut studi, 15.000 langkah sehari adalah angka yang tepat untuk menurunkan resiko terkena penyakit metabolisme. Walau begitu, 10.000 langkah per hari juga tidak apa-apa lho kalau kamu merasa 15.000 terlalu tinggi dan nampak melelahkan, hehe.

Naaaah, bagaimana sih caranya untuk bikin jalan kaki jadi olahraga yang menyenangkan?

Jadikan Kebiasaan
Ayooooo bangkit! Selama kamu masih sehat-sehat saja, usahakan untuk berjalan kaki di manapun, kapanpun! Naik tangga misalnya, dari pada menggunakan lift/eskalator. Berjalan kaki ke warung dari pada naik motor. Setelah turun dari kendaraan umum menuju kantor jangan pesan ojek daring, tetapi berjalan kaki. Perlahan jadikan jalan kaki kebiasaan baik, tak hanya untuk jalan-jalan di mall saja.

Pilih Tempat Jalan yang Nyaman
Kalau kamu mau fokus untuk berolahraga jalan kaki, pilihlah tempat yang membuatmu nyaman. Jauh dari keramaian, tidak banyak kendaran lalu lalang. Misalnya berjalan kaki keliling perumahan tempat tinggal, atau di taman, atau bisa juga di gedung olahraga seperti GBK.

Dengarkan Musik
Sama dengan jogging, mendengarkan musik juga membuat jalan kaki jadi lebih menyenangkan, lho. Asalkan dengerin musiknya di tempat yang seharunya, ya! Kalau mau menyebrang jalan sebaiknya jangan sambil dengerin lagu, bisa bahaya!

Pakai Aplikasi
Untuk menghitung langkah harianmu. Selain bisa buat motivasi, kamu jadi bisa mengukur kemampuan berjalanmu.


Pakai Alas Kaki yang Nyaman
Pilih sepatu khusus lari/olahraga lebih baik guna membuat nyaman kaki. Selain itu, alas kaki yang nyaman juga dapat menghindarkan kita dari luka dan memperbaiki struktur telapak kaki. Tetapi, kamu juga bisa kok olahraga jalan dengan bertelanjang kaki. Asalkan jangan jalan kaki tanpa alas di jalanan penuh beling yaaa, kalau itu hanya bisa dilakukan oleh kuda lumping dan ahli debus, hehe.

Itu dia 5 cara asyik bikin jalan kaki jadi menyenangkan. Yuk jadikan olahraga jalan kaki kebiasaan baik demi menjaga kesehatanmu!

PLANTFUL