Blog

5 Kunci Utama Hindari Food Waste

September 29, 2020
/
Life Style , sustainable
5 Kunci Utama Hindari Food Waste image

Food waste atau pemborosan pangan adalah masalah serius yang sedang dihadapi oleh seluruh manusia di bumi. Banyak faktor yang mendukung food waste, mulai dari produksi rumah tangga yang berlebih, hingga sifat konsumtif yang meracuni masyarakat dari berbagai kalangan.

View this post on Instagram

A post shared by James Wythe (@healthylivingjames) on

Indonesia sendiri masuk ke dalam daftar negara dengan food waste tertinggi yaitu sebanyak 300kg per tahun. Paling banyak berasal dari swalayan dan sampah rumah tangga. Padahal di Indonesia masih banyak anak-anak yang kekurangan gizi. Keadaan ini tentunya sangat memprihatinkan.

Menghindari food waste bukanlah perkara mudah. Regulasi ketat seharusnya dikerahkan oleh pemerintah sehingga menjadi pancang yang kuat untuk mengurangi permasalahan. Namun kita belum menemui tanda-tanda keseriusan baik dalam pencegahan maupun pengurangan. Oleh karena itu, langkah kecil dari tiap individu sesungguhnya dapat perlahan membantu masalah food waste. Berikut ini 5 kunci utama untuk menghindari food waste.

Meal Plan
Menyiapkan makanan untuk beberapa hari kedepan sangat efektif untuk mengurangi masak-masak berlebihan.

View this post on Instagram

A post shared by Steph | Meal Plan Addict (@mealplanaddict) on

Siapkan dua sampai tiga menu yang bisa kamu simpan selama beberapa hari dan mudah untuk dipanaskan. Sekarang sudah banyak lho resep-resep meal prep yang tidak membosankan dan hemat kantong!

Belanja Bahan yang Memang Akan Digunakan
Dan dalam jumlah besar! Tetapi kamu harus benar-benar memastikan bahwa bahan-bahan yang kamu beli digunakan. Membeli bahan tertentu dalam jumlah besar (seperti beras, oat, bumbu) akan jauh lebih murah dan tidak membuatmu harus bolak-balik jika kehabisan. Dengan ini juga bisa menghindari kamu dari membeli bahan-bahan yang terlalu cepat basi.

Simpan Makanan Di Freezer
Untuk bahan-bahan atau makanan yang tidak langsung kamu makan sebaiknya disimpan dalam freezer. Membuang makanan basi seringkali kita lakukan karena cara menyimpan yang tidak benar. Buah adalah salah satu bahan yang sering kita buang karena basi. Bersihkan buah yang kamu beli, kupas kulitnya jika perlu, potong kecil-kecil dan simpan dalam wadah di freezer. Selain awet, kamu juga bisa membuat smoothie dari buah beku.

Gunakan Semua Bagian!

View this post on Instagram

A post shared by