Blog

Menghindari 'Bloating' Saat Diet Plant Based

September 26, 2020
/
Diet , Health
Menghindari 'Bloating' Saat Diet Plant Based image

Perut ‘bloating’ atau kembung dan bergas sering ditemui saat menjalani pola makan tertentu. Hal ini tentu saja normal jika kamu mengonsumsi makanan yang sehat. Berebeda dengan bloating yang didapat dari mengonsumsi gula serta lemak berlebih.

Dalam diet plant based, bloating juga tak terelakkan. Perut terkadang membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang kita konsumsi sehingga sedikit menggembung setelah makan. Walau normal, ada kalanya bloating bisa mengganggu. Terutama ketika bloating jadi menghasilkan gas berlebih dan membuat perut terasa tak nyaman.

Bagaimana cara mengindari bloating saat diet plant based?

View this post on Instagram

A post shared by Plant-Based / Vegan (@plantful.id) on

Kurangi Porsi Makan
Bukan tidak makan sama sekali, namun kurangi porsi makan dalam satu waktu. Misalnya porsi makan siang menjadi setengahnya saja dan siapkan makanan ringan sehat untuk di makan di jam-jam berikutnya. Hal ini dapat memberi waktu bagi sistem pencernaan untuk mencerna makananmu.

Mengunyah Lebih Lambat
Hayoooo siapa di sini yang makannya cepat bak tidak dikunyah? Mengunyah makanan yang lama ternyata sangat berperan penting dalam menghindari bloating dan buncit. Banyaknya gas dalam sistem gastrointestinal kita didapat saat kita menghirup udara (melalui mulut). Mengunyah makanan dengan baik dalam waktu yang lebih lama dapat menangkal udara tambahan yang tertelan. Hmmm, karena ini juga ya kalau makan sebaiknya gak sambil bicara.

Minum Air Putih!
Dari semua diet, minum air putih pastilah yang selalu disarankan. Mengapa sih harus minum air putih? Selain jadi sumber oksigen tambahan dan memang karena tubuh memerlukan air, minum air putih membantu pergerakan seluruh organ dalam terutama lambung. Makanan yang kita makan akan lebih mudah untuk bergerak ke sistem pencernaan dengan air.

Kurangi Minuman Kafein, Alkohol dan Soda
Ini sudah pasti banget, ya? Minuman-minuman kafein (kopi, teh, minuman berenergi), alkohol dan soda akan menambah gas pada perut sehingga membuat perut tidak nyaman. Perhatikan takaran minummu atau kalau memungkinkan, hindari sama sekali dan fokus dengan air putih/jus buah murni.

Ternyata mudah banget ya menghindari bloating! Kalau kamu sudah melakukan 4 cara menghindari bloating saat diet plant based di atas tetapi tetap kembung, jangan kecewa! Selama kamu merasa baik-baik saja dan tidak mengalami sakit, bloating sangat normal. Bisa saja hormon terutama perempuan yang akan menstruasi. Tetap semangat dan jaga kesehatan!

PLANTFUL