Blog

5 Bahan Pengganti Seafood untuk Vegan

October 19, 2020
/
Food , Veganism
5 Bahan Pengganti Seafood untuk Vegan image
Siapa bilang vegan gak bisa makan seafood lagi? Oke, memang gak bisa sih secara harfiah. Tetapi kamu sekarang bisa ‘seakan-akan’ makan seafood yang bahan dasarnya berbasis nabati, lho! Sama seperti pengganti daging, bahan pengganti seafood ini sangat disarankan untuk kalian yang baru menjadi vegan guna memudahkan transisi.

Rasanya memang tidak sama persis, tetapi jauh lebih enak, sehat dan teksturnya pun jika dimasak dengan benar bisa mirip banget! Penasaran apa aja 5 bahan pengganti seafood untuk vegan? Yuk cek daftarnya di bawah ini!

Kacang Arab/Chickpeas
View this post on Instagram

A post shared by Sammy Nicks | Plant Based (@sammynicks) on


Jika sudah direndam semalaman dan direbus, chickpeas bisa ditumbuk sesuai selera dan menghasilkan tekstur yang sangat mirip dengan suwiran ikan kaleng seperti tuna/daging kepiting. Dengan chickpeas kamu bisa bikin aneka resep berbasis seafood seperti tuna sandwich, sushi, atau onigiri. Gak sangka, kan?
Jamur King Oyster
View this post on Instagram

A post shared by Mise en Plants (@mise.en.plants) on


Pernah lihat jamur besar ini? Batangnya yang besar dan gemuk ini bisa diolah menjadi seperti kerang/simping (Scallop), lho!
View this post on Instagram

A post shared by David Sim (@davidsim) on

Teksturnya pun mirip dengan rasa dan aroma yang tentunya jauh lebih nikmat dari kerang aslinya. Kamu bisa bikin clam chowder, scallop steak, teriyaki, calamari dan lainnya. Siapa bilang vegan gak bisa makan enak?
Rumput Laut dan Anggur Laut
Vegan Caviar
Sumber : www.instagram.com/bisdak.vegan

Ragu menjadi vegan karena gak bisa makan caviar lagi? Tenaaang, kini vegan juga bisa lho menikmati caviar tanpa merasa bersalah. Caviar vegan tidak terbuat dari telur ikan namun terbuat dari kelp atau anggur laut. Teksturnya sedikit lebih renyah namun aroma dan rasanya mirip. Harga vegan caviar pun jauh lebih terjangkau. Ayooo, no excuses!

Wortel
Wortel
Sumber : www.instagram.com/mniumniu

Wortel yang dimarinasi dengan bumbu akan menghasilkan lembaran salmon palsu yang siap dikonsumsi oleh para vegan. Tampilannya sangat mirip dengan smoked salmon. Tapi jangan lupa untuk melumurkan bumbu marinasi, ya agar teksturnya lebih lembut dan mudah dikunyah layaknya irisan tipis daging salmon.

Yam
Yam
Sumber : www.instagram.com/forkinplants

Yam adalah akar umbi sejenis ubi namun tidak satu jenis dengan kentang. Yam kini menjadi bahan utama dalam pembuatan udang vegan. Tepung yam memberikan tekstur kenyal khas udang juga mengandung vitamin, mineral serta serat yang tinggi, lho!

Makanan vegan tidak membosankan, kan? Dari daging, dairy products hingga seafood, semua punya substitusi untuk vegan. Kita semua bisa makan sehat tanpa merusak lingkungan apalagi menyakiti makhluk hidup.

Sumber thumbnail : Photo by Fuzzy Rescue from Pexels

PLANTFUL