Blog

Hindari Food Waste dengan Membuat Kaldu Sayuran!

October 30, 2020
/
Food , sustainable
Hindari Food Waste dengan Membuat Kaldu Sayuran! image

Food waste adalah masalah besar di bumi dan ini sudah menjadi rahasia umum. Makan adalah salah satu kebutuhan terpenting seluruh makhluk hidup, bahkan tanaman pun membutuhkan makanan. Dari sinilah akar permasalahan dimulai. Kita selalu merasa kurang hingga akhirnya menyiapkan segalanya secara berlebihan lalu terbuang sia-sia. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari food waste, salah satunya adalah memanfaatkan semaksimal mungkin apa yang kita punya saat ini.

Baca juga : 5 Kunci Utama Hindari Food Waste 

Jika sedang memasak dan punya sisa-sisa potongan sayur yang tak terpakai, jangan dibuang dulu! Kamu bisa membuat sesuatu yang lezat dari sisa-sisa yang awalnya tak nampak lezat. Seperti kaldu sayuran misalnya. Kaldu sayuran nantinya dapat diolah menjadi sup, atau ditambahkan dalam aneka makanan yang membutuhkan kaldu sebagai salah satu bahannya. Membuatnya sangat mudah, kok! Kamu hanya membutuhkan sisa. Yap, SISA!

Kumpulkan Sisa Sayuran Mentah

Sisa sayuran

Sumber : www.instagram.com/zerowastewithme


Membuat tumis brokoli dan batangnya tidak terpakai? Jangan dibuang dulu, ya! Cuci dengan bersih lalu potong-potong batang brokoli, simpan dalam wadah kedap udara/kantong ziplock dan bekukan. Di dalam wadah itu kamu bisa kumpulkan sisa-sisa lainnya. Seperti bawang bombay yang hanya terpakai separuh, batang kale, kulit-kulit bawang, kepala dan kulit wortel atau daun salam yang sudah mengering.

Tumis dengan Minyak Zaitun

Kaldu Sayur

Sumber : www.instagram.com/plantyou


Atau dengan minyak apapun yang kamu punya. Jangan gunakan terlalu banyak agar bahan-bahannya tidak terlalu berminyak. Tumis dalam panci berdasar dalam yang akan kamu gunakan untuk membuat kaldu. Biarkan sayuran berubah warna menjadi kecoklatan dan pada dasar panci terdapat ‘gosong’ yang sebenarnya adalah salah satu perasa untuk kaldu. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan lada untuk perasa.

Rebus dengan Air Selama Satu Jam
Tambahkan air sesuai kebutuhan dalam panci, tutup dan rebus dengan api sedang selama satu jam. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk dan buang buih-buih pada permukaan kaldu.

Kaldu

Sumber : www.instagram.com/maplealps


Setelah satu jam, saring sayuran dan masukkan ke dalam kompos Atau kamu bisa menambahkannya dalam sup sebagai isian.

Simpan kaldu dalam wadah kedap udara atau botol kaca yang telah disteril dengan air panas. Penyimpanan dalam freezer bisa bertahan hingga satu bulan, ya!

Mudah, kan? Kini kita bisa perlahan mengurangi permasalahan food waste dari dalam rumah. Yuk dipraktekkan!

Sumber thumbnail : www.minimalistbaker.com

PLANTFUL