Blog

Kenalan Yuk dengan Kandungan Mentega Vegan!

October 27, 2020
/
Food , Veganism
Kenalan Yuk dengan Kandungan Mentega Vegan! image

Butter atau mentega pada umumnya terbuat dari susu/krim sapi yang diproses untuk dipisahkan antara lemak solid dan cairan (buttermilk). Mentega sering disebut sebagai salah satu bahan masakan yang penting untuk digunakan. Mentega dapat digunakan untuk menggoreng, memanggang, menumis, juga sebagai lemak utama dalam kue yang menentukan tekstur serta rasa.

Beberapa tahun lalu akan sulit menggantikan mentega dengan bahan substitusi lain yang tidak mengandung hewani sama sekali. Namun beruntunglah kini mentega vegan semakin marak diproduksi sehingga kita bisa bernapas lega.

Mentega vegan berbeda dengan margarin. Margarin memang tidak mengandung dairy dalam proses pembuatannya, tetapi tidak semua margarin vegan. Karena masih ada beberapa jenis margarin yang memang dicampur dengan unsur hewani (susu/krim) agar dapat menjadi pengganti mentega yang murah. Tekstur margarin juga tidak selembut mentega dan rasanya cenderung asin, tidak tawar.

View this post on Instagram

A post shared by Earth Balance (@earthbalance) on

Vegan butter/mentega vegan juga terbuat dari susu, hanya saja susu berbasis nabati. Fungsinya sama dengan mentega biasa. Bisa diaplikasikan dalam resep kue dan untuk memasak aneka hidangan, bahkan dioles di atas roti. Mentega vegan masih jarang ditemui di beberapa tempat, namun karena proses pembuatannya sangat mudah, banyak vegan yang akhirnya membuat mentega nabatinya sendiri.

Dalam laman avirtualvegan.com, Ia membuat mentega vegan dengan delapan jenis bahan, yaitu :

  • Tepung badam (almond)
  • Susu nabati
  • Nutritional yeast
  • Garam
  • Cuka Apel
  • Minyak kelapa halus
  • Minyak zaitun/alpukat/kanola
  • Kunyit (sebagai pewarna)

Delapan bahan ini masing-masing berperan penting dalam membentuk kepadatan, emulsifikasi, memberi warna dan memperkaya rasa. Hingga jadilah mentega vegan yang dapat digunakan dalam berbagai hidangan.

Mentega vegan juga mengandung lemak, jadi bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan atau alergi pada makanan tertentu, gunakan mentega vegan seperlunya saja, ya! Kamu juga bisa mencari resep mentega vegan lain yang sesuai dengan selera dan bahan-bahan yang lebih mudah ditemui.

PLANTFUL