Blog

Konsumsi 4 Makanan Vegan Ini Agar Kulit Makin Glowing

October 31, 2020
/
Food , Health , Veganism
Konsumsi 4 Makanan Vegan Ini Agar Kulit Makin Glowing image

Bukan rahasia lagi kalau mengonsumsi makanan plant based secara teratur akan mengantarkan pada kulit yang lebih sehat. Studi dari Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan bahwa diet berbasis nabati dapat mencegah penuaan. Jurnal yang dipublikasikan pada Mei 2020 ini juga melaporkan, diet yang mengeliminasi semua bahan makanan mengandung hewani dan lebih khusus mengonsumsi gandum, kacang, sayur, dan buah-buahan, dapat berpotensi untuk mengurangi proses inflamatori.

Plant based diet mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dari pada daging-dagingan. Studi lain juga melaporkan jika kamu mengonsumsi sayuran buah yang kaya akan karotenoid selama enam minggu, vitamin dan mineral di dalamnya akan melawan radikal bebas hingga menghasilkan kulit glowing.

Tidak sulit untuk menemukan makanan yang tepat karena hampir semua makanan berbasis nabati sangat baik untuk tubuh, organ, dan kulit. 4 makanan vegan ini adalah beberapa di antaranya yang dapat membuat kulitmu semakin glowing.

Kacang dan Biji-bijian
Vitamin E sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan untungnya, vitamin E hanya dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan. Sumber vitamin E paling banyak didapat pada margarin, minyak bunga matahari, biji bunga matahari, kacang almond, hazelnut, jagung dan kacang kedelai. Setiap hari kamu bisa mengonsumsi sesendok biji bunga matahari, segenggam kacang almond/hazelnut dengan minyak bunga matahari.

Ubi Jalar
Kandungan vitamin A dan C yang tinggi dalam ubi jalar menjadikan ubi jalar sumber antioksidan yang dapat melindungi dari penuaan pada kulit. Ubi juga sumber serat terbaik dan mengandung nol lemak sehingga baik untuk dikonsumsi harian sebagai pengganti nasi.

Buah Sitrus
Aneka jeruk dan lemon kaya akan flavonoid yang dapat memperbaiki sel-sel rusak pada kulit akibat radikal bebas. Selain itu kita juga tahu bahwa buah sitrus mengandung vitamin c yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh. Bagi penderita maag, konsultasikan dulu pada dokter sebelum memasukkan buah-buah sitrus dalam menu diet harian, ya!

Rumput Laut
Boga laut seperti ikan memang menjadi sumber omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit, namun bagi vegan, mengonsumsi rumput laut adalah alternatif yang bahkan jauh besar kandungan asam lemaknya.

Masih banyak lagi makanan berbasis tumbuhan yang dapat membuat kulitmu sehat serta glowing. 4 Makanan vegan di atas dapat menjadi starter-mu untuk meng-eksplor bahan-bahan lainnya! Jangan lupa perbanyak minum air putih juga, ya!

Sumber thumbnail :  Polina Tankilevitch from Pexels

PLANTFUL