Blog

Mengenal Roti-Roti Vegan

October 21, 2020
/
Food , Veganism
Mengenal Roti-Roti Vegan image

Roti kerap kali digadang-gadang sebagai pengganti karbohidrat dalam nasi terutama pada waktu sarapan, ketika makan nasi masih terasa berat untuk sebagian orang. Roti juga mudah divariasikan dan menjadi pendamping sup krim paling lezat. Pada dasarnya roti biasa hanya terbuat dari tepung, ragi, air dan garam. Tidak ada bahan hewani sebagai pendukung adonan. Namun beberapa jenis roti memang menambahkan telur, susu, mentega dan madu dalam adonan sebagai penambah tekstur serta rasa.

Mengetahui apakah roti yang kita beli di toko/pedagang mengandung bahan berbasis hewani memang tidak mudah. Jika ada daftar bahan pada bungkusnya tentu saja akan memudahkan. Bagaimana kalau tidak?

Jika tidak yakin, ada jenis-jenis roti yang sejatinya vegan friendly secara alamiah sehingga kamu tidak perlu kesulitan memilahnya. Semakin sedikit cara memproses suatu roti, maka bisa dipastikan roti tersebut berbasis nabati.

Baguette
Baguette
Sumber : www.instagram.com/miller_baker

Roti yang berasal dari Perancis ini sangat populer di seluruh dunia. Bentuknya lonjong dengan kulit luar roti yang renyah dan kering, namun ketika dipotong, tekstur lembut roti menyeruak dari dalam. Kabar baiknya, baguette bisa dikonsumsi oleh vegan. Asalkan kamu memilih baguette biasa tanpa tambahan topping seperti yang sering kali dijual di toko roti.

Focaccia
Foccacia
Sumber : www.instagram.com/leos.veggieworld

Walau teksturnya sering kali dirasa mirip pizza, focaccia sebenarnya bukan roti jenis pizza. Focaccia merupakan roti pipih khas Italia yang biasanya dihias dengan topping berupa sayuran, bawang dan rempah. Karena lemak yang dipakai dalam pembuatannya adalah minyak zaitun, Focaccia adalah roti vegan friendly. Ada beberapa resep yang menggunakan bahan-bahan hewani seperti telur dan mentega, jadi jangan lupa untuk memastikan, ya!

Sourdough
Sourdough
Sumber : www.instagram.com/thegoodstuffmalta

Roti satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak yang telah mencoba membuat sourdough sendiri hingga tak harus membeli di toko roti.

Baca juga : 3 Manfaat Roti Sourdough

Rasanya yang asam dibentuk dari bakteri dalam ragi fermentasi atau yang biasa disebut ‘mother dough’. Sourdough sering menjadi roti andalan bagi para vegan karena mudah ditemukan dan pasti 100% vegan.

Ciabatta
Ciabatta
Sumber : www.instagram.com/adamschihab

Satu lagi roti khas Italia yang bisa dikonsumsi oleh para vegan, Ciabatta. Roti satu ini merupakan roti paling ‘normal’ karena hanya berbahan dasar tepung gandum, ragi, air dan garam. Walau lagi-lagi ada juga yang membuat Ciabatta dengan menambahkan telur/mentega pada adonannya, namun kamu akan lebih sering menemui Ciabatta dalam bentuk vegan.

Dengan berkembangnya zaman dan kemudahan untuk mencari informasi, mengonsumsi roti bagi vegan tak lagi jadi hal yang sulit. Apakah kamu memilih untuk membeli atau membuat roti, pastikan resep dan bahan-bahannya 100% vegan, ya!

Sumber thumbnail :Photo by Lisa Fotios from Pexels

PLANTFUL