Blog

  • Hungaria Menutup Seluruh Peternakan Cerpelai dan Rubah

    November 30, 2020
    /
    Life Style , News
    Hungaria Menutup Seluruh Peternakan Cerpelai dan Rubah image

    Kabar baik datang dari Hungaria yang baru saja mengumumkan bahwa tak akan ada lagi peternakan rubah dan cerpelai di negara mereka. Berangkat dari kasus ditemukannya virus covid-19 pada cerpelai di negara-negara yang menernakkan seperti Belanda, Amerika Serikat, Denmark, Italia, Spanyol, Swedia, dan Yunani.

    Sebelumnya, Perancis juga telah mengumumkan hal yang sama dan akan segera menutup seluruh peternakan bulu ditutup paling lambat hingga tahun 2025. Diikuti oleh Belanda yang berjanji akan menutup peternakan sebelum tahun 2021, juga Denmark sebagai negara penghasil bulu cerpelai terbesar di dunia.

    Hungaria kini tak menyisakan satu pun peternakan rubah maupun cerpelai. Hal ini masih tetap disambut dengan baik oleh organisasi-organisasi pecinta binatang. Mereka menyebut keputusan ini merupakan langkah awal untuk hidup tanpa produk berbahan dasar hewani.

    PLANTFUL


  • IKEA Jepang Raih Penghargaan Karena Menu Plant Based Terbaru

    November 30, 2020
    /
    Food , News , sustainable
    IKEA Jepang Raih Penghargaan Karena Menu Plant Based Terbaru image

    Pada September 2020, perusahaan mebel IKEA Jepang dianugerahi penghargaan “Compassionate Business Award” dari organisasi PETA setelah menambahkan aneka menu vegan di restonya.

    IKEA

    Sumber : www.peta.org

    Walau telah meluncurkan banyak menu vegan di berbagai cabang IKEA di seluruh dunia, IKEA Jepang lah yang ternyata berhasil memikat banyak orang. Kare, kare katsu, kol gulung, lasagna, kebab, hot dog, kue mousse cokelat. Semua menu ini berbasis nabati, padahal aslinya semua makanan tadi pasti mengandung daging dan produk dairy.

    Katsu

    Ikea Jepang

    Komitmen inilah yang kemudian membuat PETA serta Tokyo Vegan untuk memberi IKEA Jepang penghargaan dengan harapan untuk selalu terdepan dalam memerangi krisis iklim.

    Perusahaan mebel asal Swedia ini memang sedang menjalankan misinya untuk merampungkan lebih dari 50% menu berbasis nabati sampai tahun 2025 dan menyebarkannya di seluruh cabang IKEA.

    Kol Gulung

    Ikea Jepang

    “IKEA wants to make healthy and sustainable choices the most desirable option, by for example demonstrating that plant-based food can be really delicious. Research confirms the importance of making sustainable products affordable and desirable, and IKEA can really make a positive difference here. The more sustainable choice shouldn’t be a luxury for the few. It should be part of people’s everyday life.” Ujar Lena Pripp-Kovac, Kepala Chief Sustainability Officer di IKEA internasional.

    IKEA siap untuk membuat berbagai rencana berkelanjutan guna mengurangi emisi gas yang berujung pada kerusakan alam. Semoga komitmen ini terus dijalani, ya!

    Sumber thumbnail : www.Ikea.com

    PLANTFUL


  • Veg News : Israel Segera Larang Perdagangan Kulit Hewan Untuk Pertama Kalinya

    November 30, 2020
    /
    Fashion , News
    Veg News : Israel Segera Larang Perdagangan Kulit Hewan Untuk Pertama Kalinya image

    Israel baru saja mengumumkan regulasi baru melalui Menteri Perlindungan Lingkungannya, Gila Gamliel terkait penjualan, pembelian, dan pembuatan produk kulit serta bulu hewan. Israel akan segera melarang transaksi yang berhubungan dengan kekejaman pada hewan, dalam hal ini merujuk pada industri perdagangan bulu hewan.

    Gamliel menyatakan dengan tegas bahwa memakai bulu dan kulit hewan untuk mode adalah kekejaman yang tidak dapat ditoleransi.

    Industri perdagangan bulu telah membunuh ratusan juta hewan di seluruh dunia. Mereka telah melakukan kekejaman serta menyebabkan penderitaan yang tak terlukiskan.” Ujar Gamliel lantang.

    Kini seseorang yang hendak membeli kulit/bulu hewan harus mendapatkan izin yang disesuaikan dengan regulasi ketat. Yang bisa mendapat izin untuk membeli kulit serta bulu hewan hanyalah mereka yang hendak menggunakannya untuk keperluan sains, edukasi/peragaan tertentu, dan untuk keperluan ibadah/tradisi.

    Dengan ini, Israel akan menjadi negara pertama yang melakukan pelarangan terhadap jual beli kulit dan bulu hewan. Ini menjadi gebrakan besar setelah California yang menjadi satu-satunya kota dengan aturan yang sama.

    Regulasi Israel mendapat pujian dari seluruh organisasi lingkungan & hak asasi hewani. Jika negara-negara lain yang telah membatasi jumlah penjualan dapat mengikuti jejak Israel dengan melarang sama sekali, banyak hewan-hewan liar dan terancam punah yang dapat diselamatkan.

    PLANTFUL


  • 7 Postingan Makan Diet Plant Based Ala Selebriti Dunia

    November 30, 2020
    /
    Diet , Entertainment , Food
    7 Postingan Makan Diet Plant Based Ala Selebriti Dunia image

    Meningkatnya popularitas diet plant based di kalangan selebriti dunia sangatlah menarik untuk dilihat. Berbagai menu masakan kerap kali dibagikan oleh para seleb melalui media sosial pribadi agar dapat menginspirasi penggemar untuk membuat hidangan tersebut.

    Sederet seleb mengunggah menu-menu plant based favorit mereka dan tentu saja semuanya nampak lezat. Beyonce yang nyaris tak pernah membagikan foto makanan pun akhirnya ikut menunjukkan makanan plant based yang Ia sukai. Kim Kardashian yang beberapa waktu lalu membeberkan pada publik bahwa Ia dan keluarganya menjalani diet plant based juga tak mau kalah dengan membagikan foto makanannya.

    Mau lihat bagaimana makanan berbasis nabati ala selebriti dunia? Intip saja 7 postingan makan diet plant based ala selebriti dunia di bawah ini!

    Kim Kardashian
    Aktris reality show dan pebisnis kosmetik Kim Kardashian tak hanya sibuk membagikan foto-foto epiknya ke Instagram. Ia juga beberapa kali terlihat mengunggah hidangan-hidangan plant based yang Ia masak untuk keluarganya.

    Kim Kardashian

    Kim mengatakan bahwa dirinya dan keluarga sedang berusaha untuk lebih rutin dalam menjalankan diet plant based. Dapur keluarga Kardashian-West yang dipenuhi bahan-bahan ramah vegetarian membuat Kim sekeluarga betah mengonsumsi makanan berbasis nabati.

    Lizzo
    Penyanyi hip-hop yang merangkap sebagai aktivis asal Michigan ini terlihat bahagia membagikan video masakan plant based ke akun tiktoknya.

    @lizzo

    My first 100% plant based holiday meal is typing...

    ♬ original sound - lizzo

    Saat hari raya Thanksgiving kemarin, Lizzo memperlihatkan seluruh menu hari rayanya yang berbasis nabati semua. Sudah multitalenta, eh bisa masak hidangan plant based juga. Keren banget sih, Lizzo!

    Baca juga : Kini Vegan, Lizzo Bagikan Video What I Eat in a Day di TikTok

    Gwyneth Paltrow

    Gwyneth Paltrow


    Dulu Gwyneth adalah seorang vegan penuh waktu. Namun kemudian, Ia memutuskan untuk berhenti walau tetap sering mengonsumsi makanan full plant based. Pemilik perusahaan kebugaran Goop ini gemar menikmati sepiring salad dengan isian warna-warni. Katanya sering mengonsumsi sayuran dan buah organik adalah kunci awet mudah Gwyneth, lho!

    Jared Leto

    Jared Leto


    Siapa sangka pemeran Joker dalam Suicide Squad ini ternyata seorang vegan. Walau jarang membagikan postingan tentang makanan vegannya, Jared ternyata penggemar vegan junk food. Lihat nih, pizza vegan yang Jared makan terlihat lezat banget!

    Evanna Lynch
    Masih ingat karakter Luna Lovegood dalam serial film Harry Potter? Karakter kesayangan banyak potterhead ini diperankan oleh Evanna Lynch, seorang aktris asal Inggris yang juga telah lama berkecimpung dalam aktivisme di bidang lingkungan.

    Evanna Lynch

    Karena sudah fasih dalam masakan berbasis nabati, Evanna jago banget bikin kue dan dessert vegan.

    Beyonce
    Saat menjalani 22 days nutrition selama 44 hari sebelum kembali ke panggung di Coachella, Beyonce yang jarang membagikan info tentang kehidupan pribadinya terlihat mengunggah foto makanan plant basednya ke Instagram.

    Beyonce

    Dalam postingan tersebut, Ibu tiga anak ini juga memacu orang-orang untuk ikut serta dalam diet plant based. Hidangan plant based ala Beyonce yang cantik ini dimasak oleh koki pribadinya.

    Baca juga : Diet Ampuh Beyonce Bersama 22 Days Nutrition

    Alicia Silverstone

    Alicia Silverstone


    Aktris kawakan Alicia Silverstone dikenal juga sebagai aktivis veganisme yang kerap kali mengendorse organisasi PETA. Ia sudah menjadi vegan sejak tahun 1998, lho!

    Wuih, enak-enak banget yah hidangan plant based yang dibagikan oleh 7 selebriti dunia ini! Kalau kamu, seperti apa menu diet plant based mu?

    Thumbnail : Photo by Engin Akyurt from Pexels

    PLANTFUL


  • Diet Ampuh Beyonce Bersama 22 Days Nutrition

    November 29, 2020
    /
    Diet , Entertainment , News
    Diet Ampuh Beyonce Bersama 22 Days Nutrition image

    Penampilan Beyonce pada konser musik tahunan Coachella di Amerika serikat tahun 2018 lalu menjadi salah satu penampilan paling ikonik. Bagaimana tidak, Beyonce membawakan nuansa khasnya bertajuk Homecoming yang dimaksudkan sebagai kembalinya Ia ke atas panggung setelah cuti lama paska melahirkan. Beyonce memboyong serta seluruh penari latar, dan kru panggungnya untuk memeriahkan suasana. Momen ini pun juga diangkat ke dalam film dokumenter berjudul sama agar para penggemar dapat melihat perjuangannya kembali beraksi.

    Salah satu masalah terbesarnya adalah mengembalikan berat badan Beyonce ke angka yang baginya ideal. Setelah melahirkan anak kembarnya, Beyonce hanya memusatkan perhatian kepada anak-anaknya. Jadi ketika Ia ingin kembali menyanyi dan mendapati bahwa beratnya naik hingga menyentuh angka 75kg, Ia pun mendedikasikan dirinya pada diet 22 days nutrition.

    Beyonce

    Sumber : www.instagram.com/Beyonce

    Beyonce beserta pelatihnya Marco Borges membuat jadwal olahraga dan menyiapkan menu makanan setiap hari selama 44 hari (dua kali 22 hari). Makanan-makanan yang harus dikonsumsi oleh Beyonce hanya boleh berbasis nabati. Program yang dikerahkan oleh Marco dan Beyonce ini mendorong para member akses untuk menjaga tubuh sesehat mungkin melalui nutrisi yang dikonsumsi.

    22 days nutrition

    Marco sendiri menyatakan bahwa diet plant based utamanya adalah mengeliminasi makanan-makanan yang terlalu banyak diproses. Dengan menjalani diet plant based, kita akan mendapatkan energi yang jauh lebih banyak dari pada diet lainnya serta memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh. Dalam dokumentasinya, Beyonce berhasil menurunkan berat badan hingga ke angka yang bahkan tak Ia sangka-sangka.

    Walau Beyonce bukan vegan, Ia betul-betul merekomendasikan diet plant based untuk siapapun, tak hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

    22 days nutrition ini berbentuk langganan. Ada dua jenis langganan, selama 3 bulan atau selama 12 bulan. Keduanya dibayar seminggu sekali selama kurun waktu yang telah dipilih. Langganannya sudah termasuk dibelanjakan bahan makanan, resep-resep, personalisasi kebutuhan, dan tidak membutuhkan komitmen.

    Sayangnya program ini hanya tersedia di Amerika. Tapi tenang aja, kamu juga bisa lho berlangganan program diet plant based versi ramah kantong bersama Plantful! Klik di sini yuk untuk pemesanan kateringnya!

    PLANTFUL


  • Betulkah Vegan Leather Ramah Lingkungan?

    November 28, 2020
    /
    sustainable , Fashion
    Betulkah Vegan Leather Ramah Lingkungan? image

    Beralih ke produk fesyen yang ramah lingkungan dan berkelanjutan menjadi idaman bagi kelompok-kelompok yang prihatin terhadap kerusakan bumi. Dua dekade lalu, tak semua lapisan masyarakat menyadari betapa besarnya andil industri fesyen pada kerusakan alam. Produk dengan kulit dan bulu hewan asli, penggunaan pewarna pakaian yang limbahnya mencemari perairan, percobaan laboratorium pada hewan, dan masih banyak kejahatan lain demi selembar pakaian.

    Kini, kemajuan teknologi yang dibarengi dengan kesadaran manusia akan lingkungan telah menciptakan aneka bahan dasar produk fesyen berkelanjutan. Tak lagi perlu menggunakan kulit buaya atau bulu cerpelai, bahan pengganti sudah tersedia dengan kualitas tinggi.

    Seperti vegan leather yang beberapa tahun belakangan ini digadang-gadang oleh para desainer mode sedunia. Stella McCartney salah satunya. Sejak 2013, Stella telah mempromosikan penggunaan vegan leather/faux leather pada desain pakaian serta aksesoris miliknya. Merk seperti Zara, TopShop pun perlahan mengikuti dengan mengesampingkan penggunaan kulit hewan sama sekali.

    Vegan leather biasanya terbuat dari dua jenis polimer plastik yaitu, polyurethane (PU) dan polyvinyl chloride (PVC). Kedua bahan ini memiliki tekstur seperti kulit asli yang berkerut-kerut. Dua jenis polimer plastik ini merupakan bahan sintetis yang membuatnya tidak dapat didaur ulang dan sering kali tidak ramah lingkungan karena dalam prosesnya menggunakan zat-zat kimia.

    Leather

    Sumber : www.stellamccartney.com 

    Dilansir dari ecolife.com, PVC termasuk ke dalam jenis plastik yang sulit didaur ulang. Penggunaannya yang berlebihan dan massal pun dapat membahayakan kesehatan serta mencemari lingkungan. Proses pembuatannya pun menimbulkan polusi karena terlepasnya zat-zat kimia serta limbah. Untuk mendaur ulang PVC tidak bisa dilebur total, kemungkinan hanya bisa diubah menjadi produk lain seperti kabel, pipa plastik, dan lainnya.

    Penggunaan PVC untuk bahan utama vegan leather awalnya agar harga produksi jadi lebih murah. Sayangnya tidak semua vegan leather ternyata ramah lingkungan.

    Karena ini, beberapa orang pun berkelit dengan memberi pernyataan bahwa kulit hewan jauh lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan karena tahan lama serta biodegradable. Padahal perlu diingat bahwa menternakkan hewan khusus untuk diambil kulit dan bulunya justru sangat membahayakan spesies hewan-hewan tersebut. Peternakan hewan untuk daging dan kulit juga menjadi penyebab utama deforestasi.


    Kabar baiknya, vegan leather bisa dibuat dengan bahan-bahan alami berbasis nabati / plant based.

    Beberapa vegan leather terbuat dari jamur, dedaunan, daun pisang, buah nanas, kertas daur ulang, serta gabus. Bahan-bahan alami ini dapat didaur ulang dan benar-benar biodegradable. Dengan teknologi pun vegan leather berbasis nabati bisa tahan lama dan mudah perawatannya.

    Sebagai konsumen, kita telah diberikan pilihan atas apa yang ada di pasar. Jika peduli dengan isu lingkungan, tidak membeli sama sekali produk fesyen yang tidak diperlukan sebaiknya selalu dipertimbangkan. Namun jika hendak membeli vegan leather, pastikan untuk memilih yang benar-benar ramah lingkungan dan berbasis nabati. Bijaklah dalam membeli dan jangan terpancing dengan greenwashing. Selalu mencari informasi agar tidak salah pilih.

    PLANTFUL


  • Bagaimana Diet Plant Based Mengobati PCOS Pada Perempuan

    November 24, 2020
    /
    Health , Life Style , Veganism
    Bagaimana Diet Plant Based Mengobati PCOS Pada Perempuan image

    Masalah kesehatan reproduksi bukanlah hal baru yang hangat diperbincangkan. Infertilitas adalah salah satu masalahnya yang dapat terjadi pada perempuan dan laki-laki, serta mempengaruhi satu dari enam pasangan. Ilmuwan pun terus menggali penyebab serta cara menyembuhkannya. Pada perempuan, penyebab infertilitas paling umum adalah PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

    PCOS merupakan gangguan produksi hormonal yang berlebih oleh ovarium dan kelenjar adrenal. Gejala PCOS paling umum adalah terganggunya siklus menstruasi (lebih dari 40 hari) sehingga anovulasi atau tidak terjadinya ovulasi setelah masa menstruasi. Ini disebabkan oleh ovarium yang memproduksi androgens (hormon pria) di atas normal namun rendahnya hormon esterogen.

    Perempuan dengan PCOS berisiko tinggi terkena obesitas, pertumbuhan bulu/rambut yang tak berlebihan (hirsutisme), kanker endometrium, dan diabetes tipe 2. Banyak perempuan yang telah didiagnosa PCOS memiliki berat badan berlebih bahkan hingga 80% terdampak obesitas dan mengalami kebuncitan/lemak berlebih pada bagian perut.

    Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa sensitivitas insulin yang dipengaruhi oleh pola makan, adalah penentu utama dari proses dan fungsi ovulasi serta kesuburan. Sumber dan jumlah protein dalam pola makan lah mempengaruhi sensitivitas insulin.

    Terlalu sering mengonsumsi protein hewani dalam diet terbukti meningkatkan resiko infertilitas. Konsumsi makanan berbasis hewani membuat kadar estrogen dan progesteron pada tubuh tidak seimbang. Mengonsumsi makanan berbasis nabati sebaliknya dapat menurunkan resiko infertilitas bahkan penyakit-penyakit lainnya.

    Pengobatan dengan dokter memang diperlukan. Meminum obat/menjalani terapi sebagai bagian dari kesembuhan. Namun mengubah gaya hidup saat mengidap PCOS jauh lebih penting sebagai langkah awal. Makan makanan berbasis nabati yang tinggi akan serat sangat diperlukan oleh perempuan pengidap PCOS. Karena makanan berserat seperti kacang-kacangan memili level insulin yang rendah hingga baik untuk kesehatan usus. Dari sini akan sangat mudah untuk menjaga berat badan.

    Baca Juga : 3 Mitos Vegan Ini Terpatahkan Oleh Fakta

    Protein nabati seperti pada tempe, tahu, kacang, polong, dan sayuran berwarna gelap juga disarankan. Makanan-makanan ini akan menjaga perut kenyang lebih lama serta kaya akan antioksidan yang dapat memerangi inflamasi.

    pcos

    Baca Juga : Sumber Protein Vegan

    Salah satu pelanggan kami, Tiara berbagi kisahnya melawan PCOS dengan rutin menjalani diet plant based. Tiara dan suaminya sudah lama berkeinginan untuk memiliki anak, namun Tiara dinyatakan mengidap PCOS. Kala itu dokter kandungannya (OBGYN), dr. Andon Hestiantoro, SpOG, memintanya untuk menjalani diet berbasis nabati dan berolahraga secara teratur sebagai salah satu terapi.

    Tiara pun memilih Plantful sebagai katering hariannya sejak Agustus lalu. Menu-menu Plantful yang variatif, tidak membosankan, dan sehat membuat Tiara terus melanjutkan program hamilnya dengan diet plant based. Kabar gembira pun datang, saat artikel ini ditulis, Tiara berhasil hamil dan kandungannya kini berusia 4 minggu.

    Tidak ada keraguan bahwa diet plant based memang menyehatkan jiwa dan raga. Dengan perencanaan menu yang tepat serta proses memasak yang baik, Plantful akan membantu Anda menjaga kesehatan.

    Pesan katering pertamamu di sini!

    Sumber : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3066040/

    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4591526/

    https://bcmj.org/articles/polycystic-ovary-syndrome

    https://www.peacefuldumpling.com/pcos-vegan-diet-fertility

    PLANTFUL