Blog

Carob, Alternatif Cokelat Vegan

November 23, 2020
/
Food , Veganism
Carob, Alternatif Cokelat Vegan image

Biarpun sudah tahu bahwa ada jenis cokelat yang dapat dengan aman dimakan oleh vegan, tapi kamu masih ragu untuk nyemil cokelat. Gak perlu kuatir, kamu bisa mencoba alternatif cokelat vegan yaitu Carob. Belum pernah dengar? Yuk kita bedah!

Carob dan cokelat bisa dibilang sangat mirip tapi juga berbeda. Cokelat terbuat dari biji kakao yang diambil dari pohon kakao, sementara carob atau biasa disebut Ceratonia siliqua, merupakan kacang-kacangan yang diambil dari pohon carob. Pohon carob merupakan tanaman yang hanya ada di area Mediterania seperti Eropa Selatan dan Afrika Utara. Jadi sudah dapat dipastikan bahwa carob itu vegan, ya!

Karakteristik rasa carob sedikit berbeda dari cokelat walau bentuk dan warnanya serupa. Carob terasa lebih manis secara natural tanpa pemanis tambahan, juga memiliki aroma khas kacang yang membuatnya semakin unik.

Carob Powder

Sumber : www.instagram.com/ninas.healthjournal

Baca juga : Jenis Cokelat Vegan yang Aman Dikonsumsi

Karena kadar gula dan lemak dalam carob lebih rendah dari pada cokelat, carob dinyatakan sebagai salah satu bahan makanan yang sehat, lho! Bahkan carob juga mengandung serat yang tinggi karena berupa kacang, memiliki antioksidan, tidak terdapat kandungan kafein ataupun gluten. Carob juga mengandung aneka macam vitamin Mulai dari vitamin A, B-2, B-3, sampai B-6.

Gak berhenti sampai di situ saja, kandungan mineral dalam carob seperti kalsium, potasium, magnesium, mangan, zat besi sampai selenium juga dapat memenuhi kebutuhan mineral harian tubuh. Sehat banget, kan?

Kamu bisa menikmati carob dalam bentuk bubuk, sirup, serpihan, ataupun ekstrak. Carob juga bisa menjadi pengganti cokelat dalam resep kue-mu. Tapi perlu diingat bahwa carob tidak dapat meleleh seperti cokelat. Kamu bisa juga lho memakan biji carob langsung tanpa diolah.

Sumber thumbnail : www.instagram.com/murraystevena2

PLANTFUL