Blog

  • 3 Cara untuk Menjadi Vegan yang Lebih Baik di 2021

    December 31, 2020
    /
    Life Style , Veganism
    3 Cara untuk Menjadi Vegan yang Lebih Baik di 2021 image

    2020 akan segera berakhir. Bagi sebagian orang ini menjadi kelegaan mengingat banyak hal tidak menyenangkan di tahun pandemi ini. Walau 2021 pasti tidak 100% sempurna, namun tak ada salahnya untuk berharap yang terbaik.

    Sebagai seorang vegan, mengikuti gerakan veganuary dan berkontemplasi rasanya perlu masuk ke dalam daftar resolusi 2021. Bagaimana kita bisa menjadi vegan yang lebih baik ke depannya? Apa yang harus dicoba tahun depan? Haruskah keluar dari zona nyaman? Plantful telah membuat daftar 3 cara untuk menjadi vegan yang lebih baik di tahun 2021.

    Perbanyak Membaca
    Mungkin sebagian dari kamu sudah sering membaca buku, dan selamat! Tambah buku bacaan bertema veganisme dan lingkungan. Gali terus hal-hal yang masih minim kita ketahui. Dengan memahami lebih dalam permasalahan lingkungan, kita dapat berkontribusi lebih baik guna menghindari kerusakan lingkungan yang lebih parah.

    Saling Dukung
    Dalam hal-hal positive! Tahun 2020 begitu berat bagi semua orang, ini kesempatan kita untuk saling bahu membahu membangun yang telah runtuh. Dukung bisnis lokal, hibur mereka yang bersedih, bercerita kepada seseorang yang kamu percaya ketika sedang mengalami hari yang berat, puji orang tak dikenal, dan banyak tersenyum. Kita semua membutuhkan kekuatan!

    Mencoba Resep Baru
    Veganisme akan terus meningkat di kemudian hari. Berbagai resep vegan yang inovatif telah menanti untuk dicoba. Siapkan diri untuk dibuat terkejut dengan menu-menu baru Plantful di tahun 2021. Pesan katering vegan Plantful mu di sini, yuk!

    Semoga tahun 2021 membawa kebaikan dan akhirnya kita semua berhasil melewati pandemi. Tetap di rumah saja, jaga kesehatan, baik fisik maupun mental. Selamat tahun baru 2021!

    Sumber thumbnail : travis blessing from Pexels

    PLANTFUL


  • Veg News : Kraft Heinz Luncurkan Vegan Mayones

    December 30, 2020
    /
    Food , News , sustainable , Veganism
    Veg News : Kraft Heinz Luncurkan Vegan Mayones image

    Negara Inggris boleh berbangga akan produk-produk vegan yang diluncurkan di sana. Seperti Kraft Heinz, merk dagang raksasa yang baru saja mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan mayones dan krim salad versi vegan di wilayah Britania Raya.

    Kraft Heinz telah melihat bahwa inovasi di bidang pangan akan dikuasai oleh veganisme. Tantangan baru ini pun diterima oleh Kraft Heinz dengan terlebih dahulu melakukan riset mendalam sebelum akhirnya meluncurkan produk ramah vegan.

    “These consumers are looking for a broader range of food and for more excitement in categories. Our range of vegan mayonnaise and salad cream will be launched in Ireland in January 2021. A lot of research went into the development of that range because we had to maintain the same product taste and we are proud that we have managed to do that.” Jelas David Adams, kepala perusahaan Kraft Heinz Irlandia saat diwawancarai oleh Checkout.

    Berbarengan dengan inovasi vegan pada menunya, Kraft Heinz juga berkomitmen untuk mengganti seluruh kemasan menjadi ramah lingkungan, dapat didaur ulang, dipakai lagi, dan juga dikompos pada 2025.

    Sumber thumbnail : www. totallyveganbuzz.com

    PLANTFUL


  • Tokoh Vegan Bulan Desember : Nino Fernandez

    December 30, 2020
    /
    Entertainment , News , Veganism
    Tokoh Vegan Bulan Desember : Nino Fernandez image

    Menjadi vegan sepenuhnya bukanlah tantangan bagi aktor Nino Fernandez. Pada Februari lalu, Nino mengaku bahwa Ia telah lama meninggalkan pola makan lamanya dan beralih pada veganisme. Sebelumnya, Ia sempat menderita sakit di area dada dan perut hingga akhirnya memutuskan untuk berkonsultasi dengan Dokter atas penyakitnya. Dokter menyarankannya untuk berolahraga kardio. Dengan inisiatifnya sendiri, Nino menambahkan diet vegan dalam daftar cara menjaga kesehatannya.

    Nino

    Sumber : www.instagram.com/NinoJkt

    Lama menjalani pola makan vegan ternyata tak hanya berpengaruh pada kesehatannya yang kian membaik, suami dari aktris kawakan Hannah Al-Rasyid ini mengaku Ia mulai banyak belajar tentang hak asasi hewan. Nino menyadari bahwa keputusannya untuk beralih pada veganisme begitu tepat demi para hewan.

    Masakan vegan rumahan menjadi pilihan Nino Fernandez selama berada di Jakarta karena tak mudah menemukan restoran berharga miring yang menyajikan hidangan 100 % vegan. Walau begitu, Nino tak berhenti mengeksplorasi berbagai menu vegan. Ia tetap bersiteguh untuk menjalani pola makan vegan karena Ia merasa jauh lebih baik dari pada sebelumnya.

    Sumber thumbnail : www.instagram.com/ninojkt

    PLANTFUL


  • 5 Tren Vegan Tahun 2021

    December 29, 2020
    /
    Veganism
    5 Tren Vegan Tahun 2021 image

    Tahun 2021 tinggal menghitung hari, apapun hal buruk yang terjadi di tahun 2020 akan segera menjadi masa lalu yang patut dipelajari agar menjadi lebih baik lagi. Sama seperti veganisme, setiap tahun akarnya tak berubah namun terus berkembang menjadi semakin baik hingga dapat diterima oleh berbagai kalangan.

    Tahun 2020 menjadi tahun di mana veganisme tak lagi dapat dipandang sebelah mata. Gerakan veganisme telah menggebrak dunia, menyebabkan perubahan masal yang tak terkirakan. Harapan untuk memperluas gelombang veganisme di tahun 2021 kian menggebu-gebu. Bagaimana kelak? Apa saja yang akan terjadi?

    Plantful melihat berbagai kemungkinan dan kami merangkumnya dalam daftar 5 tren vegan tahun 2021 yang pasti memeriahkan popularitas veganisme di masa depan.

    Menu Vegan di Resto Cepat Saji
    Jaringan resto cepat saji di seluruh dunia mulai unjuk gigi dengan menu-menu ramah vegannya pada 2020. Mulai dari KFC hingga Pizza Hut, mereka mencoba menciptakan rasa baru berbasis nabati yang akhirnya dapat dinikmati para pelanggan vegan.

    Baca juga : Menu Vegan Pertama KFC di Cina

    2021 pun diprediksi akan menjadi tahun di mana seluruh resto cepat saji akhirnya memiliki paling tidak satu jenis menu vegan. McDonald misalnya, resto cepat saji asal Amerika ini sedang bekerja sama dengan Beyond Meat agar dapat meluncurkan menu vegannya tahun depan. Tak sabar menanti!

    Baca juga : Pizza Hut Luncurkan Menu Vegan

    Makanan Vegan Kemasan

    vegan

    Seperti Plantful yang mengeluarkan pilihan makanan vegan beku terbaru, produk kemasan seperti ini akan semakin diminati. Makanan vegan tak lagi hanya sekadar salad yang membosankan, atau rendang vegan yang rumit untuk dibuat sendiri. Tinggal pesan di sini, makanan vegan kemasan pun akan sampai di rumah dan dapat dikonsumsi dengan mudah.

    Baca juga : NEW! Frozen Food Siap Masak by Plantful

    Vegan Seafood
    Beberapa tahun belakangan ini, substitusi produk hewani yang paling banyak diminati adalah daging. Boga bahari jarang dipopulerkan karena tekstur hewan laut memang agak sulit untuk ditiru. Namun di tahun 2021, kemungkinan besar vegan seafood akan bersinar. Produsen bahan-bahan vegan mulai berinovasi membuat tiruan potongan daging ikan seperti salmon dan tuna yang sama sekali tak mengandung produk hewani atau terbuat dari buah-buahan.

    Baca juga : 5 Bahan Pengganti Seafood untuk Vegan

    Vegan Skincare

    SKincare vegan
    Sumber : www.instagram.com/herbivorebotanicals

    Menjadi vegan tak hanya memperdulikan apa yang kita makan, namun juga apa yang kita kenakan di wajah dan tubuh. Apakah produk yang kita pakai ramah lingkungan? Apakah merk-merk ini berbahan dasar organik serta tidak melakukan percobaan pada hewan?

    Baca juga : 7 Rekomendasi Merk Skincare Vegan Terbaik ala Plantful

    Dengan banyaknya selebriti yang meluncurkan produk skincare vegan dan munculnya skin care lokal vegan, tahun 2021 diprediksi akan menjadi saat yang tepat untuk peralihan. Orang-orang akan lebih sadar betapa pentingnya skincare cruelty free dan organik.

    Katering Vegan

    veganuary

    Pandemi tak bisa dianggap enteng. Segala cara ditempuh demi menjaga imunitas agar terhindar dari penyakit Covid-19. Berolahraga, menghindari kerumunan, mengistirahatkan pikiran dan tubuh, serta menjaga asupan gizi. Katering vegan seperti Plantful hadir guna memenuhi kebutuhan gizimu. Aneka menu Plantful yang sehat, rendah kalori, dan tentunya lezat dipastikan dapat membantumu menjaga kesehatan tubuh, terutama di waktu-waktu yang sulit seperti sekarang. Pesan sekarang untuk mengikuti gerakan Veganuary bersama Plantful. Ada diskon khusus untuk pemesanan kateringmu!

    Baca juga : Ikut Gerakan Veganuary Bersama PLANTFUL!

    Tahun 2021 akan menjadi tahun yang dinanti-nanti. Tetap jaga kesehatan dan selamat berlibur!

    PLANTFUL


  • Adidas Segera Luncurkan Sepatu Kulit dari Jamur

    December 29, 2020
    /
    Fashion , sustainable
    Adidas Segera Luncurkan Sepatu Kulit dari Jamur image

    Setelah berhasil memproduksi 15 pasang sepatu berbahan plastik daur ulang, Adidas kembali mengumumkan produk sepatu berbahan ramah lingkungan yang saat ini sedang dikerjakan. Adidas telah mengembangkan cara untuk membuat kulit sintetik yang terbuat dari mycelium. Mycelium sendiri adalah jaringan akar pada jamur yang dapat tumbuh dengan cepat dan bisa dijadikan perekat alami tanpa harus menggunakan lem.

    Adidas

    Bahan yang pada dasarnya vegan ini akan digunakan oleh Adidas untuk membuat sneakers dan produk lain jika telah berhasil dikembangkan. Sejak bulan oktober, Adidas bekerja sama dengan perusahaan bioteknologi Bolt Threads guna mendapat pasokan mycelium yang memang disediakan oleh perusahaan tersebut. Sebelumnya pada 2018, Adidas meluncurkan pakaian olahraga berbahan cotton dan jagung juga sepatu berbahan dasar sampah plastik dari laut dengan nama Parley Collection.

    Merk dagang yang berdiri pada 1949 di Jerman ini terus berkomitmen untuk mengembangkan bahan-bahan ramah lingkungan. Dengan strategi berkelanjutannya,  Adidas memprediksi untuk dapat meluncurkan produk-produk fesyen ramah lingkungan pada 2025. 20 tahun sudah Adidas menjadi satu-satunya perusahaan mode yang berada pada peringkat pertama dalam menjalankan sustainability. Setiap tahunnya Adidas mengeluarkan daftar Green Company Performance Analysis yang menunjukkan pencapaian mereka dalam gerakan ramah lingkungan.

    Sumber thumbnail : Kaique Rocha from Pexels

    PLANTFUL


  • 5 Toko Vegan dan Organik di Bali

    December 28, 2020
    /
    Life Style , sustainable , Veganism
    5 Toko Vegan dan Organik di Bali image
    Bali menjadi destinasi liburan terbaik bagi para vegan baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Kekayaan alam Bali yang harmoni tak hanya menghasilkan produk lokal berkualitas, tapi juga menghadirkan ketenangan batin saat berada di sana. Dari pantai-pantai terindah hingga bentangan sawah di kaki gunung, Bali tak akan pernah kehabisan pemandangan.
    Meningkatnya turis vegan domestik dan mancanegara membuat Bali semakin mengedepankan produksi pangan lokalnya. Dulu wisata kuliner di Bali sangat identik dengan boga bahari dan daging (babi, ayam), namun kini aneka restoran dan kafe bertema vegan semakin berani bersaing.
    Vegan yang tinggal di Bali pun kini tak lagi khawatir karena supermarket yang khusus menjual bahan pangan berbasis nabati juga kian bermunculan. Di mana saja kamu bisa berbelanja kebutuhan vegan di Bali? Ini dia 5 toko vegan dan organik di Bali!

    Earth Market by Down to Earth Bali

    Earth Market
    Sumber : www.instagram.com/earthcafebali
    Lebih dari seratus produk vegan tersedia di Earth Market yang lokasinya bersamaan dengan Earth Cafe. Keduanya merupakan bagian dari Down to Earth Bali. Di Earth Market, kamu tidak hanya menemukan bahan makanan vegan, tapi juga bisa membeli produk kecantikan dan kesehatan yang semuanya berbasis nabati serta 100% lokal.
    Lokasi :
    Jl. Lesmana/Oberoi No. 99
    Seminyak - Bali

    Bali Buda
    Restoran Bali Buda telah berdiri selama 25 tahun dan hingga kini tetap berkomitmen untuk menyajikan hidangan yang bahan pangannya diambil dari produsen lokal.

    Bali Buda
    Sumber : www.instagram.com/BaliBuda

    Bali Buda juga mendirikan supermarket kecil agar turis/masyarakat lokal dapat membeli sayuran segar, camilan vegan, dan beberapa bahan yang diproduksi sendiri oleh Bali Buda. Kamu bisa mengunjungi toko Bali Buda di Kerobokan, Ubud, Batubulan, Canggu, dan Ungasan. Selain itu, kamu juga bisa berbelanja secara online di website Bali Buda.
    Lokasi : Jalan Jembawan No.1, Ubud, Gianyar, Ubud,
    Kabupaten Gianyar, Bali 80571

    Alive Wholefoods Store

    Alive Wholefoods
    Sumber : www.instagram.com/alivewholefoodstore

    Bagi yang sering berkunjung ke daerah Canggu, pasti tahu kalau ada toko vegan dan organik populer bernama Alive Wholefoods Store.. Alive Wholefoods juga menginspirasi toko lain karena mereka menghindari penggunaan plastik sekali pakai dan menggantinya dengan pembungkus dari daun pisang.
    Sayur dan buah yang dijual oleh Alive Wholefoods didapatkan dari petani organik lokal. Jika tidak bisa mengunjungi tokonya, kamu bisa lho belanja di website Alive Wholefoods.
    Lokasi : Jl. Canggu Padang Linjong No.12a, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80351

    Jl. Dukuh Indah, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

    Zero Waste Bali Bulk

    Zero Waste Bulk Bali
    Sumber : www.instagram.com/zerowastebali

    Mau belanja in bulk di Bali? Langsung saja datang ke toko Zero Waste Bali Bulk di Kerobokan. Seperti bulk store pada umumnya, kamu bisa mendapatkan bahan-bahan makanan yang disesuaikan jumlahnya dengan keperluanmu. Semua yang dijual oleh Zero Waste Bali Bulk 100% organik, baik bahan makanan maupun produk harian lainnya.
    Lokasi : Jalan Raya Anyar No.30 Kerobokan Bali

    Scran

    Scran
    Sumber : www.instagram.com/ScranBali

    Satu lagi toko vegan dan organik di Kerobokan yang gak kalah lengkapnya yaitu Scran. Ada bahan makanan beku, keju lokal, daging lokal, dan aneka bumbu-bumbu masakan.
    Lokasi : Jl. Raya Banjar Anyar No. 8 Kerobokan Badung, Bali 80361

    Liburan ke Bali nanti sudah lebih siap dong karena sudah tahu apa aja 5 toko vegan dan organik di Bali yang bisa kamu kunjungi!
    Sumber thumbnail : Daria Shevtsova from Pexels
    PLANTFUL

  • Telur Vegan Asal Singapura Berhasil Menarik Perhatian. Mirip dengan Telur Asli!

    December 28, 2020
    /
    Diet , Food , sustainable , Veganism
    Telur Vegan Asal Singapura Berhasil Menarik Perhatian. Mirip dengan Telur Asli! image
    Dalam pola makan vegan, telur sering diganti dengan bahan lain yang tidak serupa rasa dan teksturnya. Seperti tahu atau tepung chickpea sebagai pengganti telur orak-arik, bubuk flaxseed atau saus apel sebagai pengganti telur dalam kue, dan susu kacang kedelai sebagai pengganti telur dalam mayones.

    Lalu bagaimana jika vegan bisa menikmati telur yang 100% berbasis nabati namun tak terasa apalagi terlihat seperti vegan? Perusahaan start-up asal Singapura, Float Foods, baru-baru ini merilis perkembangan produk terbaru mereka ‘OnlyEG’. Produk ini berupa telur yang terbuat dari legumes (kacang-kacangan). Uniknya, telur vegan oleh Float Foods persis menyerupai telur ayam. Komponennya terdiri dari putih serta kuning telur, dan keduanya terbuat dari kacang.

    Baca juga : Bikin Kue Vegan dengan 5 Bahan Pengganti Telur

    OnlyEG nantinya dapat dimasak sesuai selera. Ceplok telur, orak-arik, bahkan telur rebus. Menarik banget, kan?

    Float Foods bertekad untuk memberi sumbangsih kepada Singapura dalam mencapai target 30% produksi kebutuhan nutrisi negara pada 2030. Dengan memproduksi bahan makanan berbasis nabati, Float Foods tak hanya membantu mempercepat target, tapi juga membangun ekosistem pangan yang berkelanjutan di Singapura.

    Produk OnlyEG dari Float Foods ini akan mulai dipasarkan pada 2022. Tentunya para vegan di Singapura tak sabar menanti kabar ini! Akankah OnlyEG dipasarkan di Indonesia? Kita tunggu saja!

    Sumber thumbnail : www.floatfoods.com
    PLANTFUL