Blog

Berkenalan dengan Yogurt Vegan

January 31, 2021
/
Diet , Food , Health , Veganism
Berkenalan dengan Yogurt Vegan image

Yogurt merupakan fermentasi bakteri dari susu yang tidak sulit kita temui di mana pun. Walau tak begitu jelas kapan dan bagaimana yogurt pertama kali ditemukan, sejarah memperkirakan bahwa panganan dengan rasa masam ini berasal dari Mesopotamia pada 5000 SM. Yogurt hampir selalu hadir di setiap catatan sejarah suatu daerah. India, Yunani,Turki, Perancis, hingga Timur Tengah menyanjung yogurt sebagai makanan istimewa.

 

Pada umumnya, yogurt terbuat dari susu hewani seperti sapi, kambing, kerbau, hingga unta. Fermentasi pada susu kemudian menghasilkan asam laktat, yang menciptakan tekstur khas serta memberikan rasa asam legit pada yogurt. Untungnya, sekarang vegan dan orang yang menderita alergi laktosa bisa menikmati yogurt juga karena sudah tersedia yogurt versi vegan.

 

Yogurt vegan terbuat dari susu kacang/kelapa. Dengan teknik yang serupa hanya saja bahan-bahannya sama sekali tidak mengandung hewani, yogurt vegan juga memiliki kandungan bakteri probiotik yang menyehatkan pencernaan. Agar proses fermentasi tercapai, susu diberikan yogurt starter culture yang merupakan bakteri. Culture ini adalah biang yogurt yang terbuat dari susu hewani. Dalam pembuatan yogurt vegan, starter culturenya terbuat dari susu kedelai atau susu kacang almond.

 

Jenis yogurt vegan yang paling banyak mengandung protein adalah yang terbuat dari susu kacang kedelai. Yogurt kelapa di sisi lain, tidak mengandung protein kecuali ditambahkan bahan nabati berprotein lainnya. Selain kandungan gizi dan vitamin, yang perlu diperhatikan ketika membeli yogurt vegan adalah kadar gula di dalamnya. Sering kali yogurt vegan lebih banyak mengandung gula sebagai tambahan rasa.

 

Yogurt vegan bisa kamu makan begitu saja atau ditambahkan ke dalam oatmeal, dessert, atau smoothie. Bingung membeli yogurt vegan di mana? Eittss, ada banyak lho yogurt vegan yang bisa kamu beli di toko-toko online/supermarket besar. Atau barangkali jika memiliki bahan-bahannya, kamu bisa membuat sendiri yogurt vegan kesukaanmu!

Sumber thumbnail : Vlad Chețan from Pexels

PLANTFUL