Blog

Sumber Zat Besi Vegan

January 30, 2021
/
Food , Veganism
Sumber Zat Besi Vegan image

Tubuh sangat bergantung pada sumber-sumber vitamin dari luar yang tak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Zat besi adalah salah satunya. Tubuh membutuhkan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin (protein dalam sel darah merah yang membawa kandungan oksigen ke seluruh bagian tubuh), myoglobin (protein yang menyediakan oksigen bagi otot), serta hormon sehingga tubuh dapat bekerja dengan seimbang.

Perempuan remaja hingga dewasa membutuhkan kadar zat besi harian yang lebih banyak dari laki-laki. Ini disebabkan oleh periode menstruasi bulanan pada perempuan. Jika tidak mendapat asupan zat besi yang cukup, maka perempuan bisa mengalami kekurangan zat besi.

Baca juga : Sumber Omega-3 Vegan

Dalam pola makan vegan, kesulitan dalam mencari substitusi makanan hewani memang menjadi tantangan terutama untuk makanan yang mengandung zat-zat tertentu seperti omega-3, protein, dan lainnya. Untuk itulah sebagai seorang vegan, kita harus rajin mencari tahu makanan apa yang perlu kita konsumsi guna memenuhi asupan gizi harian. Sumber zat besi vegan tentu tidaklah sulit. Kita tidak perlu mengonsumsi hati sapi, daging ikan, dan makanan hewani lainnya. Berikut ini sumber zat besi vegan yang wajib kamu ketahui!

Kacang Merah / Kidney Beans
Tahu gak bahwa di setiap 100 gram kacang merah, terkandung 8,2 mg zat besi. Mengonsumsinya dalam sehari saja kamu sudah bisa memenuhi asupan zat besi harian. Kacang merah ini enak banget dimasak dalam sup seperti brenebon, tapi tanpa daging tentunya!

Tahu

Tahu

Sumber : Polina Tankilevitch from Pexels


Bahan pangan favorit para vegan ini memiliki banyak kandungan gizi yang bermacam-macam, ya? Protein ada, serat ada, vitamin ada, dan ternyata tahu juga mengandung zat besi yang tinggi. Di setiap 100 gram tahu, terkandung 5,4 mg zat besi. Ayoo yang sudah sering makan tahu, pasti bangga, kan!

Baca juga : Sumber Protein Vegan

Roti Sourdough

Sourdough

Sumber : Photo by Jytte Elfferich from Pexels


Roti sourdough tak hanya mengandung serat yang tinggi, tetapi juga zat besi. Di setiap 100 gram sourdough, terdapat 3,6 mg zat besi.

Biji Wijen
Siapa yang menyangka kalau biji-biji kecil yang menempel di kue onde-onde ini mengandung zat besi yang tinggi. Di setiap 100 gram biji wijen, terdapat 14,6 mg zat besi. Selain itu, biji wijen juga mengandung vitamin B6, fosfor, potassium, dan seng. Biji wijen paling sedap disajikan di atas salad atau hidangan favoritmu. Sebelumnya jangan lupa disangrai sebentar, ya!

Bayam

Bayam

Sumber :  Rodolfo Quirós from Pexels


Kale juga mengandung zat besi yang tinggi, tapi bayam yang lebih murah meriah juga gak kalah lho kandungan zat besinya. Bayam yang kaya akan vitamin ini mengandung 2,7 mg zat besi di setiap 100 gramnya. Makanan sehari-hari kita di Indonesia ternyata bergizi banget, ya!

Sahabat terbaik makanan dengan zat besi adalah makanan yang mengandung vitamin c. Ini karena vitamin c dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kurangi kafein ketika mengonsumsi makanan dengan zat besi karena tubuh dapat menolak penyerapan zat tersebut.

Sumber thumbnail : Polina Tankilevitch from Pexels

PLANTFUL