Blog

3 Makanan Plant Based Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

February 28, 2021
/
Diet , Food , Health , Life Style
3 Makanan Plant Based Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak image

Sudah setahun pandemi Covid-19 menyerang seluruh dunia, memaksa kita semua untuk lebih sering beraktivitas di rumah saja. Alhasil, berolahraga pun di rumah, bahkan bekerja juga di rumah. Aktivitas yang tidak terkendali waktunya membuat kita kewalahan mengatur jadwal terutama jam tidur.

Tidur terlambat atau terlalu banyak akan membuat tubuh sakit dan produktivitas terganggu. Kita jadi sulit berkonsentrasi dan mudah lupa. Jika tidak diperbaiki, kualitas tidur yang buruk akan memperparah kesehatan dalam jangka panjang. Gak mau kan hal itu terjadi? Apalagi bagi kamu yang sudah tak lagi muda. Menurut Sleep Foundation, hormon melatonin yang diperoleh dengan menyerap asam amino triptofan dari makanan bisa memperbaiki kualitas tidur kita. Protein dan karbohidrat mengandung triptofan yang tinggi, kamu gak perlu makan produk hewani untuk mendapat triptofan dari protein. Konsumsi saja 3 makanan plant based ini secara teratur untuk bantu tidur lebih nyenyak.

Selai Kacang

Selai Kacang

Photo by Karolina Grabowska from Pexels


Oleskan selai kacang pada roti vegan favoritmu. Dua makanan ini mengandung protein dan karbohidrat yang dapat membantu tubuh mendapatkan melatonin. Konsumsi disarankan saat pagi hari, ya!

Pisang

Pisang

Photo by Couleur from Pexels


Buah satu ini kaya akan magnesium dan potasium yang dapat membuat otot-otot tubuh lebih rileks sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak.

Humus

Humus

Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels


Humus mengandung triptofan alami sehingga jika kamu mengonsumsi humus, hormon melatonin akan lebih mudah didapatkan tanpa harus melalui proses panjang dalam tubuh.

Selain 3 makanan plant based di atas, meminum teh herbal tanpa kafein juga bisa membantu memperbaiki kualitas tidurmu. Jangan lupa untuk berolahraga paling sedikit selama lima belas menit setiap harinya agar tubuh juga mendapatkan serotonin yang dapat membuat pikiran lebih positif.

PLANTFUL