Blog

5 Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

February 24, 2021
/
Food , Health , Veganism
5 Makanan yang Kaya Akan Antioksidan image

Sebenarnya bagaimana sih rupanya antioksidan? Apa yang membuat kandungan antioksidan istimewa hingga selalu menjadi bagian penting dari usaha menyehatkan tubuh? Antioksidan adalah sifat dari berbagai senyawa (agen) yang bekerja untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas sangatlah berbahaya bagi kesehatan karena cara kerjanya dapat merusak susunan sel DNA. Apalagi zat beracun ini bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada asap rokok, polusi, pestisida, dan lainnya. Untuk itulah kita memerlukan asupan antioksidan setiap harinya.

Agen antioksidan sebenarnya tidak hanya satu. Ada adalah flavonoid, polifenol, beta karoten, likopen, zat besi. Namun agen antioksidan yang paling umum dan vital adalah vitamin C serta vitamin E. Utamanya ditemukan dalam makanan seperti sayur dan buah-buahan

Vitamin C atau ascorbic acid (AsA) adalah senyawa organik alami yang bersifat larut dalam air. Vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, karena itulah penting sekali untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian melalui makanan (buah dan sayur) atau suplemen. Sementara vitamin E adalah senyawa organik alami/nutrisi yang larut dalam lemak dan memiliki berbagai jenis bentuk namun hanya alpha-tocopherol lah yang bermanfaat bagi tubuh.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E setiap harinya dalam porsi cukup, kamu sudah bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Kabar baiknya, bahan makanan yang paling tinggi kandungan antioksidannya berbasis nabati, lho! Berikut ini 5 makanan yang kaya akan antioksidan.


Buah Mangga

Mangga

Photo by MESSALA CIULLA from Pexels


Si manis yang kaya akan air buah ini paling mudah ditemui di Indonesia, terutama saat sedang musimnya. Selain rendah kalori, mangga ternyata kaya akan serat, dan mengandung vitamin A serta vitamin C yang tinggi. Jika kamu mau mengonsumsi makanan yang paling banyak mengandung antioksidan, mangga adalah jawabannya.

Dark Chocolate
Bukan milk chocolate atau white chocolate, namun dark chocolate. Bentuk coklat yang paling alami dan kaya akan antioksidan. Memakan dark chocolate yang kaya akan nutrisi dapat membantu tubuh mencegah kolesterol jahat.

Ubi Jalar
Beta karoten yang memberi warna cerah pada ubi dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan C guna menjaga kesehatan mata dan metabolisme tubuh. Inilah yang membuat ubi jalar semakin istimewa, dengan aneka kandungan vitamin di dalamnya, bisa dibilang ubi sangat kaya akan antioksidan. Coba mulai ganti nasimu dengan ubi jalar, yuk!

Petai

Petai

Sumber : www.instagram.com/rollinggrace


Walau tak banyak yang menyukai karena bau, petai ternyata kaya akan antioksidan. Selain mengandung vitamin C dan E sekaligus, petai juga mengandung polifenol, flavonoid, dan tanin, agen-agen lain yang membentuk antioksidan.

Kopi Hitam

Kopi

//sirclocdn.com/plantfuljkt/files/pexels-marta-dzedyshko-2775859.jpg


Kopi adalah salah satu sumber antioksidan yang populer dan paling banyak digemari. Kopi mengandung hydrocinnamic acids dan polyphenols yang merupakan agen terkuat antioksidan. Walau begitu, terlalu banyak meminum kopi akan berakibat buruk bagi kesehatan, jadi minumlah secukupnya dan hindari jika lambung tidak kuat.

Masih banyak daftar makanan yang kaya akan antioksidan. Di Plantful, kami selalu berusaha untuk memasukkan bahan-bahan yang kaya akan vitamin pada setiap menu agar dapat membantu kamu memenuhi nutrisi harian tubuh. Sudah siap berpetualang dengan menu-menu Plantful? Klik di sini untuk memesan katering plant based-mu, ya!

Sumber thumbnail : Mark Stebnicki from Pexels

PLANTFUL