Blog

ONA, Restoran Vegan Pertama Peraih Michelin Star

February 28, 2021
/
Food , News , sustainable , Veganism
ONA, Restoran Vegan Pertama Peraih Michelin Star image

Pada Januari lalu, penghargaan Michelin Guide edisi Perancis mengumumkan peraih satu bintangnya jatuh kepada restoran vegan bernama ONA di Arès, Prancis barat daya. Seperti dilansir dari BBC News, ONA yang merupakan singkatan dari Origine Non-Animale (animal free-origin), dijalankan oleh Chef Claire Vallée. Bintang Michelin ini merupakan bintang pertama yang diraih oleh restoran vegan.

Sebelum menjadi seorang chef, Claire bekerja sebagai arkeolog dan mendapat gelar doktor di bidang arkeologi. Setelah menyelesaikan studinya, perempuan asal Prancis ini memutuskan untuk bekerja selama musim panas di sebuah restoran di Swiss hingga akhirnya berlatih sebagai pastry chef selama delapan tahun setelahnya. Pada perjalanannya ke Thailand selama satu tahun, Claire terlena akan keindahan hidangan vegetarian. Ia berkenalan dengan bumbu-bumbu berbasis nabati, tahu, rempah, hingga seitan.

Sekembalinya dari Thailand, Claire kembali bekerja di dapur dan merasa terpanggil hatinya untuk beralih menjadi seorang vegan. Pada 2016, Ia pun memutuskan untuk membangun ONA, restoran vegan dengan bahan-bahan organik, sistem kompos, serta seluruh restorannya menggunakan energi ramah lingkungan yang berkelanjutan.

Diterimanya bintang Michelin pertama bagi restoran vegan tentu membanggakan. Veganisme tak lagi dianggap sebelah mata bahkan bisa bersaing dengan restoran-restoran non vegan terutama di Prancis, raja gastronomi dunia. Ini membuktikan bahwa makanan berbasis nabati bisa diolah dengan menarik hingga menciptakan cita rasa yang luar biasa.

Michelin Guide bahkan menulis pada akun instagram resminya :

Michelin Star

“At ONA, nothing is lost, everything is transformed and dressed into beautiful dishes with a splendid array of fruit and vegetables. The green terrace –open in summer— has 140 varieties of edible plants that the chef uses in her cuisine. ONA’s experience is an invitation to an unexpected journey that expresses itself in all its complexity: it is more than a restaurant, it’s a way of life!”

ONA

Michelin Guide merupakan seri buku (guidance) yang diprakarsai oleh perusahaan ban ternama Michelin dari Prancis berisikan daftar restoran-restoran dengan bintang Michelin. Penghargaan berupa satu bintang pada suatu restoran merupakan sanjungan terbaik di dunia. Restoran bisa mendapatkan hingga tiga bintang dalam kurun waktu yang berbeda, namun satu saja sudah merupakan pujian yang luar biasa. Tahun ini, untuk pertama kalinya Michelin Guide memberikan bintang pada restoran vegan, tak sabar menanti restoran berbasis nabati lain masuk ke dalam jajaran Michelin Guide.

Sumber thumbnail : www.instagram.com/ona33740

PLANTFUL