Blog

3 Cara Jadi Vegan Sehat

March 31, 2021
/
Diet , Food , Health , Veganism
3 Cara Jadi Vegan Sehat image

Menjadi vegan berarti memusatkan nyaris seluruh aspek kehidupan pada tumbuh-tumbuhan terutama yang kita konsumsi. Tumbuh-tumbuhan erat hubungannya dengan kesehatan. Sayuran, buah, kacang, dan gandum. Bahan pangan yang tumbuh di atas tanah ini menjadi sumber energi, vitamin, serta mineral bagi seluruh makhluk hidup, dan dalam kasus ini bagi seorang vegan.

Makanan berbasis nabati pada umumnya terbukti lebih sehat dibandingkan panganan yang mengandung hewani seperti daging. Namun ternyata tidak semua makanan vegan bisa dibilang sehat. Dengan kemajuan teknologi, kini vegan bisa menikmati berbagai makanan yang tampak bukan vegan tetapi ternyata berbasis nabati. Seperti udang dari protein nabati, patty burger yang terbuat dari kacang hitam, telur dari bubuk kacang hijau, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, ragam makanan vegan pun banyak pula yang melalui aneka proses (processed food) dan tak lagi 100% murni. Belum lagi bahan makanan vegan yang pengolahannya tidak sehat, seperti digoreng dengan minyak. Vegan junk food pun kian populer karena digadang-gadang untuk memudahkan mereka yang hendak bertransisi ke veganisme.

Makanan cepat saji baik vegan maupun tidak, tetap saja bukan makanan yang semestinya dikonsumsi setiap hari. Walau makanan vegan tentu lebih sehat, cepat saji tetaplah cepat saji, sekalipun berbasis nabati. Bahan-bahan hingga cara memasaknya telah melalui banyak proses yang dapat mengurangi nutrisi. Daging palsu vegan juga kerap kali mengandung sodium dan lemak saturasi yang tinggi.

Beyond Meat

Sumber : www.beyondmeat.com

Contohnya saja Beyond Burger dari Beyond Meat. Per-sajinya, beyond burger mengandung 350 mg sodium atau 15%. Untuk asupan harian, tentu saja kadar yodiumnya masih terbilang rendah, namun jika Anda mengonsumsi beyond burger tiga hingga empat kali sehari, tentu akan melebihi asupan sodium harian yang disarankan.

Tak hanya daging palsu, beberapa minyak pun walau berbasis nabati tidak selalu sehat untuk digunakan sehari-hari. Misalnya minyak kelapa yang sering dijadikan pengganti minyak mentega dan minyak kelapa sawit.

Minyak Kelapa mengandung lemak saturasi tinggi yang dapat menaikkan level kolesterol LDL atau Low-Density Lipoprotein. Di saat yang bersamaan, lemak saturasi pada minyak kelapa murni juga dapat meningkatkan kolesterol HDL atau High-Density Lipoprotein yang sebenarnya menyehatkan. Walau begitu konsumsi minyak kelapa murni tidak disarankan setiap hari.

Jadi apakah menjadi vegan sehat atau tidak? Tergantung dari apa saja yang kita konsumsi. Lakukan 3 cara jadi vegan sehat di bawah ini, agar kamu memiliki pilihan!

Makan Bervariasi

whole food

Sumber : www.positivechoice.org


Daging palsu vegan atau vegan junk food memang lezat, tapi lebih baik lagi kalau kamu mengonsumsi makanan yang bervariasi agar asupan kalori tidak kelebihan namun tetap kenyang. Misalnya dalam sepiring makan siang, perbanyak sayuran, protein dari kacang, dan karbohidrat penuh serat. Sesekali menambahkan daging vegan tidak masalah, yang penting perhatikan asupan nutrisi agar tidak terjadi defisit vitamin dan lainnya.

Hindari Minyak yang Berlemak
Pakai minyak kelapa sesekali untuk rasa makanan yang lebih lezat, tapi jika memungkinkan sebaiknya ganti minyak dengan jenis yang sehat. Seperti minyak kacang, extra virgin olive oil, dan avocado oil. Minyak-minyak ini lebih banyak mengandung lemak tak jenuh dan penuh dengan vitamin. Tidak mau pakai minyak? Kamu bisa pakai air biasa untuk menumis.

Konsumsi Suplemen dan Makan yang Cukup
Mengonsumsi makanan berbasis nabati terkadang tidak cukup untuk memenuhi beberapa vitamin/nutrisi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Misalnya B12. Minumlah suplemen vegan secara rutin dan pastikan konsultasi terlebih dahulu ke dokter/ahli nutrisi untuk mengetahui apa yang dibutuhkan tubuh.

Atur juga makanmu agar tidak kurang maupun berlebihan, ya. Makan yang cukup sangat penting untuk vegan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Di Plantful, kami memastikan untuk selalu membuat menu-menu yang sehat dan terjaga kebersihannya. Pada kemasan, Plantful juga menampilkan kalori pada setiap menu. Tunggu apalagi, pesan katering plant based mu di Plantful!

Sumber studi : 

https://zenhabits.net/plantstrong/

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/coconut-oil/#:~:text=The%20authors%20concluded%20that%20because,be%20limited%20in%20the%20diet.

https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/is-coconut-oil-good-for-you

Sumber thumbnail : Daria Shevtsova from Pexels


PLANTFUL