Blog

4 Makanan Plant Based Untuk Menyehatkan Penglihatan Mata

March 31, 2021
/
Food , Health
4 Makanan Plant Based Untuk Menyehatkan Penglihatan Mata image

Kesehatan seluruh organ sangatlah mahal. Jika salah satunya terganggu, bisa dibayangkan kesulitan yang bisa kita alami nantinya. Menjaga kesehatan ironisnya bukanlah kegiatan yang mahal. Dengan berolahraga ringan tanpa perlu ke pusat kebugaran, atau makan hidangan sehat yang murah meriah, kita sudah melangkah lebih jauh dalam menjaga kesehatan diri.

Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Selain karena rentan terhadap gangguan klinis, mata yang sehat sangatlah berharga demi memudahkan kehidupan sehari-hari. Mau menjaga kesehatan mata? Makan saja 4 Makanan Plant Based untuk menyehatkan penglihatan mata ini!

Sayuran Berwarna Hijau Gelap
Selain kaya akan vitamin dan protein, sayuran berdaun hijau gelap seperti kale, sawi, bayam, kubis, brokoli juga sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan carotenoids lutein dan zeaxanthin dalam sayuran berdaun hijau dapat mereduksi resiko terkena penyakit mata kronis seperti katarak.

Chia Seeds

Chia seeds

Sumber : www.instagram.com/sculptedkitchen

Chia seeds mengandung asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan penglihatan dan memperbaiki fungsi retinal. Melalui omega-3, mata dapat terlindungi dari penyakit degenerasi makula dan menurunkan resiko glaukoma.

Sayuran dan Buah Berwarna Oranye

Wortel

Sumber : Photo by Pixabay from Pexels


Sayuran dan Buah dengan warna oranye mengandung karotenoid, seperti alfa-karoten, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Zat-zat ini kemudian diproses oleh tubuh agar menjadi vitamin A, yang seperti kita tahu sangat baik untuk kesehatan mata karena dapat melindungi permukaan dan menghentikan inflamasi pada mata. Selain itu, sayuran dan buah berwarna oranye juga tinggi kandungan vitamin C sebagai sumber antioksidan.

Kacang-kacangan
Terutama yang kaya akan zinc/seng seperti kacang arab, kacang mete, kacang almond, kacang merah (kidney beans). Zinc dapat membantu menyehatkan retina serta menjaga mata dari efek cahaya yang dapat merusak penglihatan. Peran zinc pada retina adalah membawa vitamin A dari liver ke retina untuk menghasilkan melanin, pigmen pelindung di mata.

Ternyata gak sulit kan menjaga kesehatan mata? Jangan lupa untuk mengurangi melihat layar setiap harinya dan rajin berolahraga agar mata tidak mudah lelah. Konsultasi dengan dokter jika membutuhkan suplemen mata tambahan.

Sumber studi :

 https://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-HealthProfessional/#:~:text=Includes%20a%20variety%20of%20protein,and%20almonds)%20also%20contain%20zinc.

https://www.aoa.org/healthy-eyes/caring-for-your-eyes/diet-and-nutrition?sso=y

Sumber thumbnail : Raphael Brasileiro from Pexels

PLANTFUL