Blog

Apa Sih Lacto - Ovo Vegetarian?

March 29, 2021
/
Diet , Food , Health , Life Style
Apa Sih Lacto - Ovo Vegetarian? image

Dua jenis diet berbasis nabati yang sering kita lihat hanya sebatas pada vegetarian dan vegan. Namun ternyata, di dalam payung vegetarian, terdapat beberapa jenis diet lain. Vegetarian sendiri adalah diet yang lebih banyak mengonsumsi makanan berbasis nabati namun belum benar-benar lepas dari produk hewani. Flexitarian misalnya, masih sesekali mengonsumsi daging hewani serta Pescatarian yang sesekali menambahkan ikan pada menu dietnya.

Lacto dan Ovo vegetarian adalah dua jenis diet yang sering membuat bingung. Apakah keduanya bisa dibilang sama dengan veganisme? Atau lebih mirip dengan flexitarian dan pescatarian? Di sini, Plantful akan menjabarkan apa itu Lacto - Ovo vegetarian agar kamu gak bingung lagi!

Baca juga : Vegan, Vegetarian, Flexitarian, Pescatarian. Apa Bedanya?

Untuk mempermudah transisi menjadi vegan, biasanya seseorang akan mulai dengan diet yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuhnya agar tidak terlalu sulit bertransisi. Beberapa memilih untuk menjadi lacto ovo vegetarian karena masih kesulitan terlepas dari dairy products atau telur namun sudah mampu untuk tidak mengonsumsi daging hewani sama sekali.

Lacto ovo vegetarian adalah diet berbasis nabati yang masih menambahkan dairy products (keju, susu, yogurt, mentega) dan telur dalam menu. Jika menu makan diseimbangkan dengan baik, lacto ovo menjadi salah satu diet sehat yang bisa kamu jalani jika belum mampu menjadi vegan. Beberapa orang memilih untuk menjadi lacto vegetarian (mengonsumsi dairy tanpa telur), beberapa lagi memilih ovo vegetarian (mengonsumsi telur tanpa dairy) atau memilih lacto ovo vegetarian.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Makan Telur!

Namun, lacto ovo vegetarian tak datang tanpa resiko. Mengonsumsi telur masih berisiko meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Dairy products komersial seperti yogurt pun seringkali mengandung pemanis buatan yang tidak sedikit. Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah saat menjalani diet lacto ovo vegetarian perlu dilakukan guna menyeimbangkan vitamin serta nutrisi yang baik bagi tubuh.

Baca juga : Kenikmatan Diet Tanpa Sayur dan Buah ala Diet Tya Ariestya. Apakah Sehat Bagi Tubuh?

Di Plantful, menu-menu yang tersedia semua berbasis nabati tanpa kandungan hewani sama sekali. Jadi cocok banget untuk kamu yang membutuhkan ekstra nutrisi dari tumbuh-tumbuhan dalam berbagai diet yang sedang dijalani. Yuk pesan katering plant based bersama Plantful.

Sumber thumbnail : Foodie Factor from Pexels

PLANTFUL