Blog

Miliki Sejuta Manfaat, Air Kelapa Muda Tak Hanya Menyegarkan

March 23, 2021
/
Food , Health , Veganism
Miliki Sejuta Manfaat, Air Kelapa Muda Tak Hanya Menyegarkan image

Cuaca yang sedang tak menentu membuat tubuh kita kebingungan dan dapat berakibat pada penurunan kekuatan imun, bahkan sampai dehidrasi. Tubuh yang menurun pertahanannya tentu berbahaya, terutama di tengah pandemi covid-19 saat ini. Asupan yang baik, cukup serta bergizi sangat diperlukan demi memperkuat pertahanan. Selain rutin konsumsi sayur, buah, dan protein, apa yang kita minum juga patut diperhatikan, lho.

Saat cuaca sedang kurang baik seperti sekarang ini, sebaiknya hindari minuman-minuman manis atau berkafein seperti sirup botolan, teh, dan kopi. Minumlah air putih guna terhindar dari dehidrasi, atau minum air yang alami seperti air kelapa muda.

Mengapa air kelapa muda?

Air kelapa ada pada buah kelapa muda yang masih hijau kulitnya. Selain rasanya yang menyegarkan untuk melepas dahaga, air kelapa muda memiliki kandungan vitamin yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Air kelapa tidak mengandung kolesterol maupun lemak. Bahkan di dalam air kelapa terdapat 5 jenis elektrolit yaitu : Natrium, kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Elektrolit pada tubuh dibutuhkan untuk menjaga volume darah, mencegah dehidrasi, dan mencegah tekanan pada otot.

Air kelapa memiliki kandungan kalium (potassium) yang lebih besar dari satu buah pisang. Dalam satu cangkir air kelapa terdapat hingga 600 mg kalium. Kalium sangat penting perannya untuk mengatur fungsi sel otot pada jantung. Karena itulah para atlet disarankan untuk meminum air kelapa sebelum dan sesudah berolahraga. Selain itu, air kelapa juga terbukti ampuh untuk mengatasi dehidrasi karena kandungan elektrolitnya.

Air kelapa sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang mengidap diabetes karena dibandingkan jus buah alami, air kelapa memiliki kandungan gula yang sangat rendah.

Tidak berhenti sampai disitu saja, air kelapa juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diare yang kerap kali disebabkan oleh bakteri shigella. Studi menyebutkan, senyawa tanin yang terdapat dalam air kelapa dapat menghambat perkembangan bakteri shigella.

Jika kamu mau menambahkan air kelapa pada manu harian, jangan lupa untuk memperkirakan asupan sodium harianmu, ya. Karena pada setiap 100 gram air kelapa terdapat 105 mg sodium. Bisa dibilang levelnya cukup tinggi untuk segelas minuman. Pastikan untuk meminum air kelapa secukupnya, saja!

Sumber studi : 

https://www.huffinesinstitute.org/Resources/Articles/ArticleID/413/NATURES-GATORADE-Effectiveness-of-Coconut-Water-on-Electrolyte-and-Carbohydrate-Replacement#:~:text=Natural%20coconut%20water%20contains%20five,banana%20or%2015%20sport%20drinks.

https://ijpsr.com/bft-article/health-benefits-of-tender-coconut-water-tcw/?view=fulltext

https://wexnermedical.osu.edu/blog/is-coconut-water-healthy

Sumber thumbnail : Thunyarat Klaiklang from Pexels

PLANTFUL