Blog

5 Alternatif Kue Kering Lebaran yang Lebih Sehat

April 30, 2021
/
Diet , Health
5 Alternatif Kue Kering Lebaran yang Lebih Sehat image

Sudah mendekati lebaran pasti deg-degan kalau berat badan melambung naik karena suguhan makanan yang tiada henti. Hidangan lebaran khas Indonesia yang biasanya mengandung banyak santan pasti bikin was-was. Apalagi kalau kue-kue kering memanggil-manggil nafsu makan kita, waaaah bisa sia-sia nih nurunin berat badan kalau gak bisa kontrol.

Makan sekali dua kali tentu gak masalah, namun kalau kamu ingin mengganti makanan berlemak dengan yang lebih sehat justru lebih baik, lho! Misalnya aja seperti 5 alternatif kue kering lebaran ini yang jauh lebih sehat tapi tetap enak. Kamu gak harus selalu makan kue nastar untuk merayakan lebaran.

Vegan Cookies

Louven


Apalagi varian cookies yang gluten free dan tanpa pemanis buatan. Selain aman untuk menjaga berat badan, vegan cookies juga jauh lebih sehat dari pada kue-kue kering berlemak. Di Plantful Mart, kamu bisa memilih vegan cookies dari Louven atau EggNot.

 

Baca juga : 6 Makanan Vegan di Plantful Mart


Roti Vegan dengan Selai Kacang
Mau ngemil yang gak terlalu banyak tapi mengenyangkan? Kamu bisa mengganti kue kering lebaran dengan roti vegan yang dioles selai kacang.

Vegan Bread

Selai kacangnya bisa berbahan dasar mete, almond atau kenari. Contohnya seperti roti-roti dan selai dari Naked Bun ini! Dengan makan ini, kamu dapat membantu pencernaan untuk bekerja lebih baik karena serat yang terdapat dalam roti serta selai kacang sangat tinggi.

Popcorn
Popcorn gak cuma jadi cemilan saat nonton bioskop. Kamu tahu gak kalau popcorn merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan serta sirkulasi darah. Popcorn juga rendah kalori namun mengandung serat tinggi, jadi bisa bikin kenyang tanpa merasa bersalah.

Buah

Buah

Sumber : Mark Stebnicki from Pexels


Ngebosenin yah selalu ada buah di manapun. Tapi memang gak bisa dipungkiri, buah merupakan cemilan natural yang kaya akan vitamin dan tentu saja rendah kalori. Kamu bisa berkreasi saat lebaran dengan membuat salad buah (tanpa keju dan mayones, ya!) atau sate buah.

Baca juga : VegaDan : Agar Sahur Cukup, Makan 4 Buah Paling Bergizi Ini, Yuk!

Kacang Panggang
Dari pada nyemil kue kering berlemak yang tinggi kalori, lebih baik menggantinya dengan mengonsumsi kacang-kacangan yang dipanggang. Ada aneka pilihan kacang yang bisa dipanggang seperti almond, mete, walnut, dan masih banyak lagi.

Baca juga : 5 Kacang Lokal Dengan Kandungan Gizi Tinggi

Selain karena lebih sehat, kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang juga merupakan sumber serat, protein, vitamin dan mineral, termasuk folat, vitamin E, kalium serta magnesium. Masih ragu makan kacang panggang?

Tuh kan, kamu bisa tetap menjaga makan saat lebaran. Pilih makan makanan yang sehat akan berefek baik untuk kesehatan. Jangan sampai kalap, ya!

Sumber thumbnail : Patrícia Paixao from Pexels

PLANTFUL