Blog

Jaga Berat Badan dengan 4 Menu Buka Puasa yang Rendah Kalori

April 16, 2021
/
Food , Health
Jaga Berat Badan dengan 4 Menu Buka Puasa yang Rendah Kalori image

Saat sedang berpuasa, menjaga berat badan dan kesehatan bisa menjadi tantangan bagi kita. Godaan untuk menikmati hidangan-hidangan seperti es campur, sop buah, gorengan, dan aneka kolak yang biasanya tidak dimakan saat bulan lain, nyaris sulit dihentikan. Terbayangkan jika makanan-makanan itu dikonsumsi secara berlebihan, berapa banyak kalori yang kita konsumsi dalam satu kali waktu makan saja? Sementara metabolisme tubuh melambat saat sedang puasa.

Karena itu, Plantful sudah menyiapkan daftar 4 menu buka puasa yang rendah kalori. Bisa dicatat dan diaplikasikan untuk waktu berbuka, nih!

Kurma dan Air Putih
Buah yang berasal dari Timur Tengah ini sangat melimpah kala bulan Ramadan. Buah kurma sangat disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Satu buah kurma seberat 8,3 gram memiliki kalori sebanyak 23 kalori.

Kurma

Sumber : www.instagram.com/fooddkay

Selain itu, dalam setiap 100 gram kurma kering juga memiliki kadar kalium yang tinggi, yaitu sebesar 100-800 mg. Kalium ini mampu menurunkan tekanan darah. Tak berhenti sampai di situ saja, kurma ternyata mengandung seng, fosfor, kalsium, besi, magnesium, flourin, dan juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Jangan lupa untuk mengonsumsi kurma dengan air putih sebagai menu buka puasa yang rendah kalori.

Bubur Kacang Ijo tanpa Santan
Berbuka dengan kurma masih kurang mengenyangkan? Coba deh makan semangkuk bubur kacang ijo tanpa santan. Setiap 100 gram bubur kacang ijo hanya memiliki kalori sebanyak 130 kalori, lho! Udah gitu, kacang hijau merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk vegan. Setiap 100 gram kacang hijau, mengandung 7,02 gram protein, 19,15 gram karbohidrat, dan 7,6 gram serat. Sehat banget, kan? Pastikan makan bubur kacang ijonya jangan pakai santan, ya!

Cincau
Makanan yang mirip dengan jeli ini ternyata kalorinya rendah, lho! Dalam setiap 300ml cincau, memiliki kalori sebesar 110 kal. Cincau terbuat dari daun cincau yang direndam dan diblender. Makanan yang satu ini sering kali diolah menjadi dessert/minuman menyegarkan. Selama kamu mengonsumsinya tanpa gula/sirup berlebihan, cincau bisa jadi menu buka puasa yang rendah kalori, nih!

Es Timun Suri

Timun Suri

Sumber : www.instagram.com/wisatakampungtani


Timun suri juga merupakan salah satu buah yang rendah kalori. Di setiap 100 gramnya hanya mengandung 16 kalori. Dagingnya yang berserat dan lembut bisa membuat perut cepat kenyang. Pastikan es timun surinya tidak mengandung banyak gula, ya!

Healthy Cendol

Healthy Cendol


Di Plantful, kami menyediakan healthy cendol yang sesuai dengan namanya, sehat serta rendah kalori! Di setiap 250ml healthy cendol, hanya mengandung 98 kalori. Menyegarkan dan mengenyangkan untuk menjadi menu buka puasa yang rendah kalori. Healthy Cendol ini bisa kamu dapatkan di Plantful Kemang!

Tentu saja tidak mengapa untuk sesekali mengonsumsi makanan lezat lainnya. Yang penting untuk terus jaga kesehatan, ya!

Sumber thumbnail : Ahmed Aqtai from Pexels

PLANTFUL