Blog

Selamat Hari Bumi! Ini 3 Alasan Menjadi Vegan dapat Selamatkan Bumi

April 22, 2021
/
Life Style , sustainable , Veganism
Selamat Hari Bumi! Ini 3 Alasan Menjadi Vegan dapat Selamatkan Bumi image

Benarkah bumi sudah tak bisa diselamatkan lagi? Apakah tidak ada cara untuk memperbaiki kerusakan yang telah diukir oleh manusia di bumi? Setiap harinya, kita yang peduli akan keselamatan bumi terus menelisik cara untuk memerangi kerusakan. Pada tanggal 22 April di era tahun 1970, para enviromentalist menunjuk tanggal ini sebagai peringatan hari bumi sedunia. Dalam rangka mengingatkan kita semua bahwa planet tempat kita berpijak saat ini, sedang dalam keadaan gawat darurat.

Apa yang bisa kita lakukan untuk bumi? Ada berbagai cara tentunya. Terus menyuarakan perlawanan terhadap krisis iklim kepada para petinggi adalah yang utama. Sisanya, kita bisa mulai melakukan hal-hal kecil seperti memilah sampah, bercocok tanam di tanah, mengurangi jejak karbon, atau menjadi seorang vegan.

Dalam rangka merayakan hari bumi atau earth day kali ini, Plantful dengan senang hati akan menjabarkan 3 alasan menjadi vegan dapat selamatkan bumi. Tak hanya saat hari bumi, namun seterusnya!

Mencegah Deforestasi
Peternakan hewan selama ini telah menyebabkan 80% deforestasi di seluruh dunia, khususnya kerusakan hutan hujan Amazon di Brazil. Deforestasi ini kemudian mendorong rusaknya habitat makhluk hutan dan masyarakat adat. 55% erosi juga disebabkan oleh peternakan. Mengapa bisa peternakan sampai merusak hutan? Karena permintaan pada daging hewan, dan produk-produk susu begitu besar sehingga para produsen harus membuka lahan untuk beternak. Dengan menjadi vegan, kamu tak lagi ambil andil dalam kerusakan hutan.

Mereduksi Pemakaian Air Berlebih
Masih berhubungan dengan peternakan, untuk memproduksi setengah kilogram daging sapi, produsen membutuhkan pemakaian air hingga 1,799 galon atau setara dengan 6 bulan mandi menggunakan shower. Bayangkan berapa banyak air yang terpakai untuk membesarkan ribuan hewan ternak?

Mengurangi Efek Rumah Kaca
Jika seseorang mengganti pola makan dari daging-dagingan menjadi vegan, Ia telah mereduksi emisi karbondioksida hingga 1,5 ton per tahunnya. Peternakan hewan sembelih menyumbang 5% emisi karbondioksida, emisi gas metana sebanyak 44%, dan 44% emisi nitrous oksida. Menjadikan peternakan sebagai penyumbang 75-80% gas emisi global.

Hari bumi bukan berarti hanya memperdulikan planet ini pada tanggal 22 April saja, tetapi harus terus berusaha menjaganya setiap hari, setiap saat. Demi keberlangsungan hidup seluruh makhluk bumi.

Selamat hari bumi!

Sumber thumbnail : Markus Spiske from Pexels

PLANTFUL